Tempat wisata yang terdapat di Tanah Datar, Sumatera Barat

Tempat wisata yang terdapat di Tanah Datar, Sumatera Barat

Table of Contents

Tempat wisata yang terdapat di Tanah Datar, Sumatera Barat – Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah Barat Provinsi Riau. Provinsi Sumatera Barat ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Padang. Provinsi Sumatera Barat memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Tanah Datar. Tanah Datar merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Ibu kota Kabupaten Tanah Datar berada di Batusangkar. Kabupaten Tanah Datar ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Tempat wisata di Tanah Datar.

 

Tempat wisata yang terdapat di Tanah Datar, Sumatera Barat

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Tanah Datar, Sumatera Barat. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Tempat wisata yang terdapat di Tanah Datar, Sumatera Barat.

 

Puncak Pato

 

Puncak Pato merupakan sebuah desa yang terletak di Nagari Batu Bulek, dan sering dianggap sebagai saksi bisu dari sejarah pertarungan kaum Paderi melawan penjajah. Di Puncak Pato, kaum Paderi yang dipimpin oleh Imam Bonjol memanfaatkan tempat tersebut sebagai benteng pertahanan dalam melawan musuh.

Karena memiliki nilai sejarah yang tinggi, Puncak Pato juga merupakan tempat wisata yang indah dengan deretan sawah yang memukau. Bagi Anda yang mencari destinasi dengan nilai-nilai luhur, tempat ini akan memenuhi keinginan Anda. Namun, karena lokasinya yang cukup tinggi, Anda perlu melakukan usaha ekstra untuk mencapai tujuan tersebut.

Baca  Destinasi wisata terpopuler di Bengkulu Selatan, Bengkulu

Sesampainya di Puncak Pato, Anda akan disambut oleh pemandangan sawah yang luas dan pepohonan yang menjulang tinggi. Keindahan alam ini akan membuat siapa pun merasa kagum dan enggan meninggalkan tempat istimewa ini dalam waktu singkat.

Alamat: Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.

 

Istana Pagaruyung

 

Apabila Anda berkunjung ke Tanah Datar, jangan lewatkan kesempatan untuk melihat keindahan Istana Pagaruyung. Tempat wisata yang terkenal ini memiliki pesona yang memukau dan nilai sejarah yang tinggi, karena dahulu digunakan sebagai tempat istirahat bagi keluarga kerajaan Pagaruyung.

Meskipun zaman telah berubah dan semakin modern, pemerintah Minangkabau telah menjadikan Istana Pagaruyung sebagai Tempat wisata dan cagar budaya yang selalu dilindungi, agar tidak terlupakan. Bangunan istana yang kokoh dengan material kayu menjadikannya surga bagi para penggemar sejarah kerajaan Indonesia. Banyak pengunjung yang menggunakan istana megah ini sebagai latar belakang untuk sesi pemotretan.

Alamat: Jalan Sutan Alam Bagagarsyah, Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.

 

Bukit Aua Sarumpun

 

Jika ditanya tentang tempat wisata paling populer di Tanah Datar, Bukit Aua Sarumpun akan menjadi jawaban yang umum. Bukit ini terkenal karena keindahannya yang memukau dengan hamparan rumput ilalang yang melimpah.

Rumput ilalang yang menjalar di seluruh bukit memiliki tinggi yang bervariasi, bahkan ada yang mencapai setinggi pinggang orang dewasa. Keindahan rumput yang memukau ini membuat Bukit Aua Sarumpun dianggap sebagai bukit yang sangat romantis.

Pengunjung yang datang ke bukit ini seringkali datang dengan tujuan untuk mengabadikan setiap pemandangan di sekitarnya. Pemandangan alam di Bukit Aua Sarumpun seperti lukisan yang tidak akan terlupakan begitu saja.

Baca  Tempat wisata terindah yang ada di Tulang Bawang, Lampung

Alamat: Iii Koto, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.

 

Air Terjun Lembah Anai

 

Siapa yang tidak kenal dengan Air Terjun Lembah Anai? Air terjun ini telah mendapatkan popularitas yang meluas dan sering dikunjungi oleh wisatawan setiap harinya, bahkan turis asing pun sering datang untuk melihat keindahan air terjun yang memukau ini.

Air Terjun Lembah Anai dijuluki sebagai maskot pariwisata di Minangkabau dengan alasan yang tidak bisa diabaikan. Keindahan hutan yang lebat disertai dengan air yang deras turun dari atas menciptakan suasana yang menenangkan di air terjun yang sangat populer ini.

Alamat: Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.

 

Danau Singkarak

 

Danau Singkarak juga tergolong sebagai tempat yang sangat populer di kabupaten ini. Keindahan yang memukau dari danau ini telah memikat banyak wisatawan, dan setiap tahun jumlah pengunjungnya terus bertambah.

Banyak yang menganggap keindahan Danau Singkarak setara dengan keindahan Danau Toba yang sangat terkenal di kalangan masyarakat Sumatera Utara. Air danau yang mempesona dengan warna hijau kebiruan tampak sangat menakjubkan ketika disinari sinar matahari.

Namun, waktu terbaik untuk mengunjungi danau indah ini adalah pada sore hari. Saat matahari terbenam, langit akan berubah menjadi warna jingga dan perlahan tenggelam, menciptakan suasana romantis yang mempesona di danau ini.

Alamat: Danau Singkarak, Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.

 

Benteng Van Der Capellen

 

Benteng Van Der Capellen di Tanah Datar adalah destinasi lain yang memiliki peran penting pada masa penjajahan. Benteng ini, yang merupakan peninggalan Belanda, dibangun pada tahun 1821 ketika mereka berperang melawan kaum Padri.

Baca  6 Objek wisata yang ada di Kepulauan Sula, Maluku Utara

Tujuan pembangunan Benteng Van Der Capellen adalah untuk membantu penduduk pribumi. Namun, setelah masa penjajahan berakhir, benteng yang kental dengan arsitektur Belanda ini ditinggalkan. Saat ini, banyak pengunjung yang datang ke benteng ini untuk melihat peninggalan sejarah dan mempelajari tentang perang melawan kaum Padri.

Alamat: Baringin, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.

 

Demikianlah Tempat wisata yang terdapat di Tanah Datar, Sumatera Barat. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *