Tempat wisata yang terdapat di Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan

Tempat wisata yang terdapat di Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan

Table of Contents

Tempat wisata yang terdapat di Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan – Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah selatan Provinsi Jambi. Provinsi Sumatera Selatan ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Palembang. Provinsi Sumatera Selatan memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Penukal Abab Lematang Ilir. Penukal Abab Lematang Ilir merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan. Ibu kota Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir berada di Talang Ubi.  Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Tempat wisata di Penukal Abab Lematang Ilir.

 

Tempat wisata yang terdapat di Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Tempat wisata yang terdapat di Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan.

 

Danau Kalimancalak

 

Bagi kalian para pengembara sejati, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Danau Kalimancalak ketika berpergian ke Penukal Abab Lematang Ilir. Danau ini terletak di tengah hutan dan masih sangat alami, menampilkan pemandangan alam yang luar biasa. Hembusan angin, pepohonan yang rimbun, air yang jernih dan menyegarkan menjadi daya tarik utama dari wisata Danau Kalimancalak.

Baca  Deretan rekomendasi wisata danau yang ada di Lampung

Lokasi: Desa Kalimancalak, Kelurahan Pasar Bhayangkara, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Pantai Jodoh

 

Setelah danau, sungai, dan telaga, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir ternyata memiliki destinasi pantai yang indah dan menawan. Pantai yang dikenal sebagai Pantai Jodoh ini memiliki sejarah menarik. Dinamakan demikian karena banyak orang yang awalnya single atau jomblo kemudian menemukan cinta sejati atau pasangan hidup mereka di Pantai Jodoh. Sebenarnya, Pantai Jodoh ini adalah bagian dari Sungai Batang Hari. Karena aliran sungainya yang kuat, masyarakat menyebutnya sebagai ‘pantai’ Jodoh.

Lokasi: Desa Tanjung Kurung, Kecamatan Abab, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Danau Batanghari Siku

 

Danau Batanghari Siku terletak di Desa Karta Dewa, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Danau ini memiliki luas sekitar 40 hektar dan menawarkan pemandangan alam yang luas, udara segar, dan air yang jernih. Saat mengunjungi Danau Batanghari Siku, pastikan Anda membawa peralatan pancing, karena banyak penduduk setempat yang menghabiskan akhir pekan mereka untuk memancing di sana.

Selain dapat menikmati panorama Danau Batanghari Siku yang menenangkan, Anda juga berkesempatan membawa pulang ikan air tawar sebagai bonus. Selain itu, tersedia fasilitas perahu untuk berkeliling menikmati perairan danau.

Lokasi: Desa Karta Dewa, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Telaga Calak

 

Telaga Calak adalah salah satu tujuan wisata yang sangat dinantikan oleh penduduk Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Keunggulan Telaga Calak terletak pada lokasinya yang berada di pusat Kota Talang Ubi. Kemudahan akses dan dapat dicapai dengan segala jenis kendaraan menjadikan Telaga Calak sebagai destinasi favorit penduduk Penukal Abab Lematang Ilir.

Baca  Tempat wisata yang ada di Dharmasraya, Sumatera Barat

Selain itu, di masa depan, Telaga Calak diharapkan akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung wisata, terutama permainan air. Air yang jernih dan pohon-pohon yang rimbun di sekitarnya akan meninggalkan kesan yang tak terlupakan hingga Anda enggan untuk pulang.

Lokasi: Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Sungai Lematang

 

Sungai Lematang merupakan destinasi liburan yang dapat Anda kunjungi saat berpergian ke Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, terutama bagi Anda yang menyukai wisata air. Sungai Lematang menjadi salah satu tujuan favorit penduduk Penukal Abab Lematang Ilir untuk menghabiskan akhir pekan. Aliran sungai yang tidak terlalu deras dengan kedalaman yang dangkal menjadikannya tempat yang menyenangkan untuk bermain air.

Selain itu, di beberapa lokasi Sungai Lematang, Anda dapat menikmati kegiatan seperti arung jeram dan river tubing yang akan memperlihatkan keindahan pemandangan sekitar Sungai Lematang.

Lokasi: Desa Curup, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Danau Tanjung Kurung

 

Setelah Danau Lematang Putus, mari kita kunjungi Danau Tanjung Kurung. Seperti halnya Danau Lematang Putus, tempat wisata alam ini masih belum banyak diketahui orang. Oleh karena itu, pemandangan alam di sana begitu asri dan alami, dengan panorama yang indah dan menakjubkan. Anda dapat menjadikan Danau Tanjung Kurung sebagai Tempat wisata saat akhir pekan bersama keluarga atau teman-teman.

Namun, sayangnya, kekurangan fasilitas menjadi kendala dalam mengunjungi Danau Tanjung Kurung. Misalnya, jalan menuju ke sana belum rata dan kebersihannya kurang terjaga. Oleh karena itu, keindahan Danau Tanjung Kurung jarang dilihat atau mendapatkan perhatian dari masyarakat dan pemerintah. Padahal, Danau Tanjung Kurung sangat mudah diakses dengan kendaraan bermotor atau mobil meskipun jalur yang dilalui cukup curam.

Baca  Rekomendasi Destinasi wisata yang ada di Nabire, Papua Tengah

Lokasi: Tanjung Kurung, Kecamatan Abab, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Demikianlah Tempat wisata yang terdapat di Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *