Destinasi wisata di deiyai

Destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Deiyai, Papua Tengah

Table of Contents

Papua Tengah merupakan salah satu Provinsi yang terletak di Indonesia. Provinsi Papua Tengah merupakan salah satu provinsi hasil pemekaran dari Provinsi Papua. Provinsi Papua Tengah ini dimekarkan bersamaan dengan dua provinsi lainnya, yakni Provinsi Papua Pegunungan dan Papua Selatan pada tanggal 30 Juni 2022. Provinsi Papua Tengah terdiri dari beberapa wilayah yang memiliki pesona alam sangat indah dan keberagaman budaya yang sangat unik dan menarik, salah satunya adalah Deiyai. Deiyai merupakan salah satu Kabupaten yang terdapat di Provinsi Papua Tengah. Dulunya Kabupaten Deiyai ini adalah bagian dari wilayah Kabupaten Paniai. Kini sudah dimekarkan menjadi kabupaten sendiri. Kabupaten Deiyai diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Indonesia pada tanggal 29 Oktober 2008.

 

Destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Deiyai, Papua Tengah

 

Kabupaten Deiyai memiliki bentang alam yang sangat indah dan mempesona. Kamu tidak akan menyesal ketika liburan ke Deiyai. Berikut adalah Destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Deiyai, Papua Tengah.

 

Waghete

Waghete

Waghete berada di Waghete, Tenedagi, Distrik Tigi Barat, Kabupaten Deiyai, Papua. Waghete ini merupakan kota yang memiliki suasana sejuk karena terletak di dataran tinggi dengan ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut. Dari ketinggian ini kamu akan melihat pemandangan yang sangat indah, jika malam hari kamu akan melihat indahnya kerlap kerlip cahaya. Di sini kamu juga dapat melihat masyarakat menjaring ikan di Danau Tigi dengan perahu kayunya.

 

Momaikago

Momaikago

Momaikago merupakan salah satu wisata pantai yang berada di Kabupaten Deiyai, Papua. Saat kamu berkunjung ke sini kamu akan melihat pasir putih yang gersang dan ditumbuhi tanaman hidup. Di pantai ini kamu dapat melihat pemandangan alam pegunungan. Momaikago ini menawarkan pantai yang memiliki suasana seperti di jepang dengan pasir putih yang ditumbuhi rerumputan hijau serta pemandangan gunung yang memukau cocok untuk kamu jadikan latar berfoto. Di pantai ini kamu dapat berenang, berselancar, memancing, atau bermain pasir untuk menikmati liburanmu.

Baca  Deretan rekomendasi tempat wisata populer yang ada di Kepulauan Riau

 

Pantai Duamo

Pantai Duamo

Pantai Duamo terletak di Kabupaten Deiyai, Papua. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna coklat, kamu bisa menikmati keindahan pantai di sini dengan berfoto, memancing, berenang ataupun bermain voli pantai. Kamu bisa pergi ke pantai ini bersama keluarga, arus di pantai ini tidak terlalu kuat sehingga aman untuk anak-anak.

 

Telaga Pantai Berbatu

Telaga Pantai Berbatu

Saat kamu mengunjungi tempat ini kamu akan merasa nyaman dan tenang, karena Telaga Pantai Berbatu ini memiliki air yang jernih dengan pinggiran telaganya yang tersebar batu-batu sedimen. Namun kamu perlu berhati hati karena bebatuan di telaga ini cukup bersudut dan tajam. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 20.000, jika kamu ingin berkunjung ke tempat ini dan tidak tau jalan kamu bisa bertanya ke warga sekitar dengan mengatakan ingin ke Pulau Tanjung Batu, maka mereka akan mengerti ke mana kamu ingin pergi dan menunjukkan arahnya.

 

Danau Tigi

Danau Tigi

Danau Tigi ini berada di Bomou, Distrik Tigi, Kabupaten Deiyai, Papua. Danau ini wajib menjadi wishlist kamu saat liburan ke Deiyai, disini kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang begitu alami. Biasanya para pengunjung yang datang menggunakan pesawat rintisan sebagai kendaraan udara maupun mobil sewa sebagai kendaraan darat untuk dapat sampai ke Danau Tigi ini. Danau Tigi ini memiliki kedalaman sekitar 150 meter, di telaga ini juga hidup berbagai jenis ikan seperti ikan nila, belut, ikan karper, ikan sembilan hitam, dan ikan mujair. Kamu juga bisa memancing di danau ini.

 

Pulau Yugaitegee

Pulau Yugaitegee

Pulau Yugaitegee terletak di Desa Okomoke, Distrik Tiya, Kabupaten Deiyai, Papua. Pulau ini biasanya disebut Pulau Batu Layar karena ada sebongkah batu besar berupa layar kapal. Pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni tetapi kamu bisa menginap di pulau ini, namun fasilitas di pulau ini belum memadai jadi kamu harus menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan untuk menginap di pulau ini, seperti logistik dan pemantik untuk menyalakan perapian.

Baca  Rekomendasi tempat wisata yang wajib kamu kunjungi di Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan

 

Pulau Duamo

Pulau Duamo

Pulau Duamo terletak di Gakokebo, Distrik Tigi Timur, Kabupaten Deiyai, Papua. Saat kamu mengunjungi tempat ini kamu akan melihat seperti Pulau Samosir dimana pulau ini berada di tengah-tengah danau persis seperti Pulau Samosir. Untuk mencapai lokasi kamu perlu menaiki perahu untuk menyeberangi danau, Di sini kamu juga dapat melihat batu berbentuk wajah. Di pulau ini kamu akan menemukan gua yang di dalamnya terdapat sarang burung walet serta patung Yesus dan Bunda Maria.

 

Danau Tage

Danau Tage

Danau Tage berada di Kabupaten Deiyai, Papua. Danau ini memiliki luas 150 hektar, kamu akan menemukan pasir putih yang ada di pinggiran saat menginjungi danau ini. Kamu bisa menaiki pesawat untuk sampai ke tempat ini dengan menyiapkan budged 1,2 juta rupiah, selain itu kamu juga dapat menggunakan mobil sewaan dengan harga 3 juta rupiah dan menyewa taxi dengan membayar 500 ribu rupiah untuk sekali perjalanan.

 

Demikianlah Destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Deiyai, Papua Tengah. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *