Tempat wisata paling populer di Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan

Tempat wisata paling populer di Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan

Table of Contents

Tempat wisata paling populer di Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan – Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah selatan Provinsi Jambi. Provinsi Sumatera Selatan ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Palembang. Provinsi Sumatera Selatan memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Ogan Komering Ulu Selatan. Ogan Komering Ulu Selatan merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan. Ibu kota Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan berada di Muaradua.  Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Tempat wisata di Ogan Komering Ulu Selatan.

 

Tempat wisata paling populer di Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Tempat wisata paling populer di Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan.

 

Danau Ranau

 

Jika Anda ingin melihat keindahan danau di Sumatera Selatan tanpa harus pergi jauh, Anda dapat mengunjungi Danau Ranau. Danau ini merupakan danau terbesar kedua setelah Danau Toba dan menawarkan pemandangan yang memukau. Anda akan disambut dengan hamparan sawah dan perkebunan kopi yang indah, serta Gunung Seminung yang menakjubkan di kejauhan. Air danau yang jernih menjadi pelengkap sempurna untuk liburan akhir pekan bersama keluarga.

Baca  Tempat wisata yang ada di Rejang Lebong, Bengkulu

Di tengah danau terdapat sebuah pulau kecil yang disebut Pulau Marisa. Tidak jauh dari Danau Ranau, terdapat juga Pantai Pelangi yang merupakan pantai buatan dengan jarak sekitar 300 meter dari Danau Ranau. Meskipun buatan, Pantai Pelangi memiliki pasir putih yang luas dan air yang jernih. Banyak wisatawan yang menikmati berenang di pantai ini untuk melepas penat.

Lokasi: Desa Way Wangi Seminung, Warkuk Ranau Selatan, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Danau Rakihan

 

Danau Rakihan terletak di Desa Muara Sindang, Sindang Danau, Sumatera Selatan. Untuk mencapai lokasi ini dari Kota Muaradua, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 80 km atau sekitar 2 jam. Yang membedakan Danau Rakihan dari danau-danau sebelumnya adalah letaknya yang berada di dataran tinggi, sehingga suhunya sejuk dan dingin.

Keunikan Danau Rakihan terletak pada kemampuannya untuk berubah warna karena adanya kandungan belerang dalam air danau. Setiap tahun, danau ini mengalami fase “panen belerang” yang menyebabkan banyak ikan di danau mati. Fenomena ini dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk menangkap ikan dan menjualnya di pasar.

Lokasi: Desa Muara Sindang, Kecamatan Sindang Danau, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Air Terjun Curup Datar

 

Air Terjun Curup Datar memiliki bentuk yang unik yang menarik minat para wisatawan. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 20 meter dan terdapat air terjun kecil yang mengalir di antara bebatuan, sehingga terlihat seperti anak tangga. Anda dapat memanjat anak tangga air terjun ini untuk mencapai puncaknya.

Di bagian bawah air terjun, aliran airnya cukup lambat sehingga aman bagi anak-anak dan lanjut usia yang ingin bermain di Air Terjun Curup Datar yang terletak di Desa Mehanggin, Kecamatan Muara Dua.

Baca  Tempat wisata yang ada di Tebing Tinggi, Sumatera Utara

Lokasi: Desa Mehanggin, Kecamatan Muara Dua, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Air Terjun Desa Galang Tinggi

 

Air terjun yang terletak di Desa Galang Indah, Kecamatan Makakau Ilir belum banyak dijamah oleh manusia. Alam di sekitarnya masih asli dan alami, sehingga jalur menuju air terjun ini sedikit lebih curam dibandingkan dengan lokasi wisata lainnya di Oku Selatan.

Air Terjun Desa Galang Tinggi menampilkan keindahan tebing yang curam dengan aliran air yang deras. Dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan udara yang sejuk, air terjun ini akan memanjakan mata Anda saat berkunjung.

Lokasi: Desa Galang Indah, Kecamatan Mekakau Ilir, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Air Terjun Manduriang

 

Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 25 meter dan memiliki bentuk kerucut yang semakin ke atas semakin menyempit. Air Terjun Manduriang memberikan pesona yang luar biasa bagi para pengunjungnya. Terletak di dalam sebuah gua yang dikabarkan sebagai tempat untuk meditasi atau bertapa.

Selain itu, lokasi air terjun ini sangat mudah diakses. Hanya dengan berjalan kaki selama 20 menit dari tempat parkir, Anda sudah bisa sampai di Air Terjun Manduriang.

Lokasi: Desa Manduriang, Kecamatan Ranau Tengah, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Gunung Seminung

 

Bagi pecinta hiking, mengunjungi Gunung Seminung adalah pilihan yang tepat. Gunung Seminung memiliki ketinggian 1881 meter di atas permukaan laut dengan kemiringan hampir 90 derajat, cocok untuk penggemar olahraga ekstrem. Perjalanan menuju puncak Gunung Seminung melibatkan melewati tebing curam dan hutan yang lebat.

Namun setelah mencapai puncak, kelelahan Anda akan hilang saat Anda melihat keindahan yang ditawarkan. Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan di gunung ini adalah saat matahari terbit atau sunrise. Anda akan terpesona oleh warna langit yang merah saat fajar. Namun, untuk dapat melihat sunrise, Anda perlu menginap di Gunung Seminung karena jarak yang cukup jauh.

Baca  Rekomendasi destinasi wisata terpopuler di Seram Bagian Barat, Maluku

Lokasi: Kecamatan Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Demikianlah Tempat wisata paling populer di Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *