Tempat wisata di Sarmi

Tempat Wisata yang bisa kamu kunjungi di Sarmi, Papua

Table of Contents

Sarmi merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Papua. Kabupaten Sarmi ini terletak di Pulau Papua bagian utara. Sarmi merupakan singkatan dari nama-nama suku besar yang ada di wilayah tersebut. Suku-suku tersebut meliputi Sobey, Armati, Rumbuai, Manirem, dan Isirawa. Keberadaan suku-suku tersebut telah lama menjadi perhatian seorang antropolog asal Belanda. Antropolog tersebut bernama Van Kouwenhoven. Kemudian Antropolog inilah yang memberi nama wilayah ini sebagai Sarmi.

 

Tempat Wisata yang bisa kamu kunjungi di Sarmi, Papua

 

Kabupaten Sarmi memiliki wilayah berupa pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, dan juga pesisi, sehingga menjadikan Kabupaten Sarmi ini sebagai tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Namun tak hanya kaya akan wisata alam, Kabupaten Sarmi juga kaya akan tradisi, budaya, dan adat istiadat. Berikut adalah Tempat Wisata yang bisa kamu kunjungi di Sarmi, Papua.

 

Monumen Tugu Yamagata

Monumen Tugu Yamagata

Monumen Tugu Yamagata merupakan sebuah monumen yang terletak di Jalan Inres Kalibagre, Desa Sarmi, Kecamatan Sarmi, Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua. Monumen Tugu Yamagata ini memiliki bentuk arsitektur bangunan yang sangat khas, yakni memiliki nuansa Jepang dengan warna merah di sekitar bangunan Monumen Tugu Yamagata. Monumen Tugu Yamagata merupakan salah satu tempat wisata di Sarmi yang dikelola oleh Dinas Pariwisata setempat. Sangat mudah untuk mengunjungi monumen ini karena lokasinya berada di pinggir jalan utama yang ada di Kabupaten Sarmi. Selain itu, monumen ini juga terletak tidak jauh dari bandara Mararena Sarmi dan juga Pantai Sarmi. Monumen Tugu Yamagata ini dibangun pada tahun 1944, dimana saat itu pemerintah Papua bekerja sama dengan pihak Jepang, yakni Yamagata Prefecture untuk membangun Monumen Tugu Yamagata ini.

Baca  Tempat wisata yang ada di Tebing Tinggi, Sumatera Utara

Monumen ini didirikan sebagai tanda persahabatan antara Yamagata Prefecture dengan Papua. Selain itu, Monumen ini juga melambangkan sebagai tugu perdamaian yang diperuntukkan untuk mengenang Perang Dunia II. Banyak tentara jepang yang tewas Pada masa Perang Dunia ke II yang terjadi di tanah Papua atau kerap disebut dengan Perang Pasifik sehingga didirikanlah Monumen Tugu Yamagata ini.

Pada tanggal 22 April 1944, Para pasukan Sekutu bergerak menyerang Hollandia atau yang sekarang ini lebih dikenal sebagai Jayapura. Pada masa penyerangan itu, para tentara Jepang yang sedang berada di Sarmi turut menjadi incaran para tentara Sekutu. Pasukan Sekutu tersebut terdiri dari beberapa negara yang meliputi Inggirs, Belanda, Australia, dan Amerika Serikat.

 

Kampung Wisata Beneraf

Kampung Wisata Beneraf

Kampung Wisata Beneraf merupakan sebuah kampung yang terletak di Distrik Pantai Timur, Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua. Di Kampung Wisata Beneraf ini ditemukan sebuah situs hunian dari masa prasejarah. Penemuan tersebut ditemukan oleh Balai Aekeologi Papua. Penemuan tersebut berupa perkakas masa lampau seperti kapak batu dan juga gerabah. Untuk menemukan situs hunian tersebut, kamu bisa berjalan kaki dari Kampung Beneraf. Kamu harus berjalan kaki karena hunian tersebut lokasi hunian tersebut berada di tengah-tengah hutan Kampung Beneraf. Jarak dari Kampung Beneraf menuju hutan ini sekitar 8,5 kilometer. Oleh masyarakat Beneraf, situs hunian tersebut di beri nama Edwas, yang memiliki arti Kampung Tua.

 

Kampung Sawar

Kampung Sawar

Kampung Sawar merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Sarmi selain Kampung Wisata Beneraf. Kampung Sawar ini terletak di Desa Sawar, Kecamatan Sarmi, Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua. Kampung Sawar ini memiliki banyak destinasi wisata yang sangat menarik. Kamu akan menempuh perjalanan sekitar 15 menit dengan menggunakan speed boat karena Kampung Sawar ini terletak di Pulau Sawar. Di pulau Sawar ini kamu bisa menemukan beberapa destinasi wisata lainnya seperti Hamparan pantai dan hutan kecil yang mampu menarik perhatian. Di Kampung Sawar ini, kamu akan menemukan suku Sobey.

Baca  Tempat wisata yang ada di Aceh Tamiang, Aceh

Suku ini menganut sebuah tradisi mengenai pelarangan. Tradisi larangan yang dimiliki oleh suku tersebut bernama Vetraw yang melarang warganya untuk menangkap ikan di daerah tertentu. Tradisi ini hingga saat ini masih dipertahankan sehingga membuktikan bahwa penduduk Kampung Sawar sangat menjaga dan melestarikan alam mereka. Suku Sobey yang tinggal di Sawar ini bermukim di daerah pesisir pantai di Sawar. Pantai-pantai disana memiliki keindahan yang sangat asri dan mempesona.

 

Pulau Liki

Pulau Liki

Pulau Liki merupakan sebuah pulau yang terletak di Desa Liki, Kecamatan Sarmi, Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua. Pulau Liki ini dihuni oleh suku Sobey. Selain itu, Pulau Liki ini juga dihuni oleh beberapa marga seperti Esries, Kiman, Morsaum, Theno dan Weirau.

Pulau yang berbatasan dengan negara Papua Nugini ini merupakan pulau terluar negara Indonesia. Pulau ini berada di Samudera Pasifik dan pulau ini ialah pulau paling timur dari negara Indonesia. Di pulau ini juga didiami oleh suku Sobey. Selain suku Sobey, pulau Liki juga didiami oleh beberapa marga seperti Kiman, Theno, Weirau, Esries dan Morsau. Pulau Liki merupakan salah satu dari tiga gugusan kepulauan Kumamba. Penduduk Pulau Liki hidup tanpa merusak alam, sehingga kondisi alam sekitar Pulau Liki masih sangat terjaga keasriannya. Kamu bisa snorkeling untuk menikmati panorama bawah laut yang dimiliki Pulau Liki. Kamu akan menemukan berbagai biota laut yang ada di bawah laut Pulau Liki.

 

Pulau Wakde

Pulau Wakde

Pulau Wakde merupakan sebuah pulau yang terletak di Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua. Pulau Wakde ini berada di sebelah utara pantai papua. Pulau Wakde ini sudah sejak lama tidak dihuni oleh manusia. Walau tidak memiliki penghuni, pulau ini masih memiliki daya tarik yang sangat menarik. Kamu bisa menemukan peninggalan sejarah berupa sisa-sisa barang peninggalan Perang Dunia II. Kamu bisa menemukan barang peninggalan sejarah berupa besi kapal perang hingga landasan pesawat di Pulau Wakde ini.

Baca  7 Destinasi wisata terindah yang ada di Kota Sorong, Papua Barat Daya

 

Pantai Kelapa Satu

Pantai Kelapa Satu

Pantai Kelapa Satu merupakan sebuah pantai yang terletak di Jalan Raya Kelapa Satu, Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua. Pantai Kelapa Satu ini memiliki ombak yang cukup tinggi dan teratur. Hal tersebut terjadi karena pantai ini berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik. Pantai Kelapa Satu ini sangat cocok dijadikan sebagai spot untuk surfing. Pantai Kelapa Satu ini memiliki keindahan alam yang sangat mempesona dan kaya akan hasil laut.

 

Demikianlah Tempat Wisata yang bisa kamu kunjungi di Sarmi, Papua. Apakah kamu tertarik untuk liburan di Kabupaten Sarmi dan mengunjungi tempat wisata yang ada di atas?

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *