Tempat wisata di Puncak Jaya

Tempat wisata yang ada di Puncak Jaya, Papua Tengah

Table of Contents

Papua Tengah merupakan salah satu Provinsi yang ada di Indonesia. Provinsi Papua Tengah merupakan sebuah provinsi hasil pemekaran dari Provinsi Papua. Provinsi Papua Tengah ini dimekarkan bersamaan dengan dua provinsi lainnya yang juga di Papua, yakni Provinsi Papua Pegunungan dan Papua Selatan pada tanggal 30 Juni 2022. Provinsi Papua Tengah terdiri dari beberapa wilayah yang memiliki keindahan alam sangat mempesona dan keberagaman budaya yang sangat menarik, salah satunya adalah Puncak Jaya. Puncak Jaya merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Papua Tengah. Kabupaten Puncak Jaya terkenal akan keindahan bentang alamnya yang sangat menawan. Puncak Jaya memiliki hutan yang memiliki luas mencapai sekitar 1,453,20 hektar dengan hasil hutan yang sangat beragam, seperti Kayu Matoa, Kayu Gaharu, Kayu Merbau, Kayu Bakau, dan lain-lain.

 

Tempat wisata yang ada di Puncak Jaya, Papua Tengah

 

Di Kabupaten Puncak Jaya ini, kamu bisa menemukan wisata alam dan juga wisata budaya yang mampu menarik perhatian para pengunjung untuk mengunjungi Puncak Jaya. Berikut adalah Tempat wisata yang ada di Puncak Jaya, Papua Tengah.

 

Puncak Jaya Wijaya

puncak jaya wijaya

Puncak Jaya Wijaya merupakan salah satu tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua Tengah. Puncak Jaya Wijaya adalah sebuah puncak tertinggi dari pegunungan sudirman dan merupakan puncak tertinggi di Indonesia. Puncak Jaya Wijaya atau Piramida Carstensz ini memiliki ketinggian mencapai sekitar 4.884 mdpl. Di sekitar puncak gunung Jaya Wijaya ini terdapat glester yang memiliki nama sama, yakni glester Carstensz yang merupakan satu-satunya glester tropika yang ada di Indonesia. Tak banyak pendaki bisa benar-benar sampai ke puncak gunung Jaya Wijaya ini. Hal tersebut terjadi karena puncak gunung Jaya Wijaya ini memiliki medan yang sangat ekstrim dan curam serta membahayakan. Sehingga sangat memerlukan persiapan ekstra, ppengalaman yang cukup, dan kondisi fisik yang prima bila ingin menaklukkan puncak Gunung Jaya Wijaya ini. Bahkan bisa dibilang untuk melakukan pendakian ke Puncak Gunung Jaya Wijaya ataupun pegunungan di sekitarnya memerlukan biaya yang cukup mahal. Tak jarang operator tur pendakian di sana akan menawarkan harga mencapai sekitar 50 jutaan, karena mereka harus menanggung tanggung jawab dan resiko yang sangat besar ketika melakukan proses pendakian menuju puncak Gunung Jaya Wijaya. Oleh karena itu, sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba mendaki Puncak Gunung Jaya Wijaya ini. Sebab, tak sedikit para pendaki berpengalaman mengalami kematian ketika mendaki Puncak Gunung Jaya Wijaya. Namun jangan khawatir, jika kamu tidak bisa sampai ke Puncak gunung, minimal kamu bisa mendaki hingga kaki Gunung Jaya Wijaya. Kaki Gunung Jaya Wijaya juga memiliki pemandangan yang cukup indah, dengan suasana yang sejuk dan udara yang sangat segar. Kamu juga bisa menemukan banyak spot foto keren di kaki Gunung Jaya Wijaya.

Baca  Objek wisata yang terdapat di Kampar, Riau

 

Gunung Sumantri

gunung sumantri

Kamu bisa mencoba mendaki Gunung Sumantri sebagai alternatif jika tidak bisa mendaki Puncak Jaya Wijaya. Gunung Sumantri hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari Puncak Jaya Wijaya, sehingga di Puncak Gunung Sumantri ini juga terdapat salju abadi yang menyelimuti sebagian Puncak gunung. Gunung Sumantri memiliki banyak nama lain, yakni Soemantri, Soemantri Brodjonegoro, dan Nggak Poloe. Sama seperti mendaki Puncak Gunung Jaya Wijaya, kamu akan memerlukan perencanaan dan persiapan yang sangat ekstra sebelum mendaki Gunung Sumantri. Karena Gunung Sumantri ini memiliki ketinggian mencapai sekitar 4.870 mdpl, sehingga pastinya akan menghabiskan waktu lebih dari 1 hari untuk menaklukkan Gunung Sumantri ini. Sebaiknya bagi para pendaki pemula, lebih baik mendaki gunung yang lebih pendek terlebih dahulu.

 

Bagaimana? apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata yang ada di atas? Demikianlah Tempat wisata yang ada di Puncak Jaya, Papua Tengah. Masih banyak lagi tempat wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi di Puncak Jaya dan daerah sekitarnya. Ingatlah untuk pikirkan terlebih dahulu sebelum berlibur dan selalu berhati-hati ketika menjalani liburan di Kabupaten Puncak Jaya. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi rencana liburan kamu. Selamat liburan.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *