Tempat wisata yang ada di Merangin, Jambi

Tempat wisata yang ada di Merangin, Jambi

Table of Contents

Tempat wisata yang ada di Merangin, Jambi – Jambi merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah selatan Provinsi Riau. Provinsi Jambi ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Jambi. Provinsi Jambi memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Merangin. Merangin merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Jambi. Ibu kota Kabupaten Merangin berada di Bangko. Kabupaten Merangin ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Tempat wisata di Merangin.

 

Tempat wisata yang ada di Merangin, Jambi

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Merangin, Jambi. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Tempat wisata yang ada di Merangin, Jambi.

 

Air Terjun Sigerincing

 

Air Terjun Sigerincing adalah sebuah air terjun yang terletak di daerah Lembah Masurai. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 70 meter. Keindahan air terjun ini terletak pada kombinasi antara aliran air yang deras dan hutan lebat yang mengelilinginya, menciptakan suasana yang sangat alami dan menenangkan. Jika Anda beruntung, Anda bahkan dapat melihat pelangi yang terbentuk di sana.

Air terjun ini masih belum terlalu terkenal, sehingga tidak banyak wisatawan yang datang. Hal ini menjadi keuntungan bagi Anda karena Anda dapat menikmati keindahan air terjun tanpa terganggu oleh keramaian wisatawan.

Baca  Destinasi wisata yang ada di Sungai Penuh, Jambi

Lokasinya berada di Tuo, Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

 

Danau Depati Empat

 

Danau Depati Empat adalah salah satu destinasi danau yang paling populer di Merangin. Airnya yang jernih dan udara pegunungan yang sejuk menjadikan danau ini tempat favorit bagi para wisatawan untuk berlibur. Keindahan danau ini semakin menawan karena dikelilingi oleh dua gunung yang memperindah panorama. Terletak di Rantau Kermas, danau ini juga sering kali menampilkan berbagai jenis ikan yang terlihat di permukaan air.

Masyarakat setempat sangat peduli dengan kelestarian alam, sehingga kebersihan danau tetap terjaga dengan baik. Jika Anda berkunjung ke sana, diimbau untuk membawa kantong plastik sendiri sebagai wadah sampah dan pastikan untuk membuangnya di tempat sampah terdekat.

Lokasinya berada di Rantau Kermas, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

 

Merangin Geopark

 

Merangin Geopark adalah sebuah situs bersejarah yang menghimpun berbagai peninggalan zaman prasejarah, termasuk batu-batuan, fosil, kerang-kerangan, dan ukiran batu di dinding goa. Benda-benda prasejarah ini diyakini berasal dari masa kehidupan di sepanjang Sungai Batang Merangin dan Sungai Mengkarang.

Selain sebagai Tempat wisata sejarah, Geopark Merangin juga menawarkan keindahan alam yang menarik. Tempat wisata ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki minat pada peninggalan-peninggalan purbakala sambil menikmati panorama yang indah.

Lokasinya berada di Dusun Tuo, Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

 

Teluk Wang Sakti

 

Teluk Wang Sakti merupakan tempat wisata yang diyakini sebagai lokasi pertarungan Kelompok Komring yang melakukan meditasi sebelum menyerang dusun setempat. Legenda ini telah tersebar dari generasi ke generasi, sehingga cerita tersebut menjadi bagian tak terpisahkan dari Teluk Wang Sakti.

Baca  5 Objek wisata yang wajib dikunjungi di Teluk Wondama, Papua Barat

Tempat ini terletak di Tanjung Bangko dan dapat menjadi pilihan alternatif menarik saat Anda mengunjungi Kabupaten Merangin.

Lokasinya berada di Biuku Tanjung, Kecamatan Bangko Barat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

 

Telaga Biru

 

Telaga Biru terletak di daerah hutan yang berbatasan dengan Taman Nasional Kerinci Seblat. Untuk mencapai lokasi telaga ini, dibutuhkan usaha yang cukup besar karena tempatnya terpencil. Jika Anda memilih untuk berjalan kaki, perjalanan dapat memakan waktu sekitar 7 jam. Namun, telah ada pembangunan akses untuk kendaraan roda dua yang dapat memudahkan perjalanan menuju lokasi tersebut.

Kehadiran akses kendaraan roda dua telah mempersingkat waktu perjalanan menjadi sekitar 3 jam saja. Kondisi alam di sekitar Telaga Biru masih terjaga dengan baik karena belum banyak wisatawan yang datang. Keindahan dan kejernihan air di Telaga Biru membuatnya dijuluki sebagai “surga tersembunyi” yang layak dikunjungi.

Lokasinya berada di Tanjung Alam, Kecamatan Tenang River, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

 

Menara Jam Gento

 

Menara Jam Gento terletak di pusat kota Bangko, ibu kota Kabupaten Merangin. Menara jam ini memiliki karakteristik yang unik sehingga menjadi simbol kota Bangko. Keberadaan menara jam ini menambah keindahan pemandangan pusat kota Bangko ketika dilihat dari ketinggian. Seringkali, menara jam ini menjadi latar belakang yang indah ketika para wisatawan berfoto saat berlibur di Merangin. Anda juga dapat naik ke atas menara untuk menikmati pemandangan kota Bangko.

Lokasinya berada di Pasar Bangko, Kecamatan Bangko, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

 

Air Terjun Dukun Bertuah

 

Air Terjun Dukun Bertuah memiliki tinggi sekitar 100 meter. Nama air terjun ini menghadirkan aura yang mistis. Penduduk sekitar Air Terjun Dukun Bertuah memiliki banyak cerita mistis yang berkaitan dengan keberadaan air terjun ini.

Baca  Objek wisata yang ada di Toba, Sumatera Utara

Meskipun terdapat berbagai cerita mistis, hal tersebut tidak menghalangi kunjungan wisatawan untuk datang dan menikmati keindahan hutan yang lebat serta udara yang sejuk di sekitar air terjun ini.

Lokasinya terletak di Rantau Suli, Kecamatan Sungai Tenang, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

 

Air Terjun 7 Bertingkat Bukit Batu

 

Air Terjun 7 Bertingkat Bukit Batu adalah salah satu air terjun yang memiliki keunikan tersendiri. Terletak di kawasan ini, air terjun ini terlihat seperti terdiri dari tujuh tingkatan batu. Dengan ketinggian 40 meter, air terjun ini memiliki aliran yang tidak terlalu deras. Selain itu, permukaan air terjun ini landai sehingga memungkinkan Anda untuk meluncur mengikuti aliran air.

Lokasinya terletak di Jalan Raya Bangko-Kerinci, Bukit Batu, Kecamatan Sungai Manau, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

 

Demikianlah Tempat wisata yang ada di Merangin, Jambi. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *