Tempat wisata yang ada di Dharmasraya, Sumatera Barat

Tempat wisata yang ada di Dharmasraya, Sumatera Barat

Table of Contents

Tempat wisata yang ada di Dharmasraya, Sumatera Barat – Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah Barat Provinsi Riau. Provinsi Sumatera Barat ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Padang. Provinsi Sumatera Barat memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Dharmasraya. Dharmasraya merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Ibu kota Kabupaten Dharmasraya berada di Pulau Punjung. Kabupaten Dharmasraya ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Tempat wisata di Dharmasraya.

 

Tempat wisata yang ada di Dharmasraya, Sumatera Barat

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Dharmasraya, Sumatera Barat. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Tempat wisata yang ada di Dharmasraya, Sumatera Barat.

 

Air Terjun Timbulun

 

Air Terjun Timbulun merupakan air terjun mini dengan pemandangan yang indah dan modern. Meskipun telah diberi sentuhan modern, keindahan air terjun ini tetap terjaga dengan baik. Debit air di sekitar air terjun ini juga cukup lembut, sehingga aman bagi anak-anak.

Bagi Anda yang suka bermain air bersama keluarga, tempat ini sangat cocok. Terdapat fasilitas yang murah dan memadai seperti toilet, ruang ganti, dan tempat makan. Biaya masuknya juga terjangkau. Tempat ini bisa dipastikan sebagai salah satu Tempat wisata yang ramah dan terjangkau.

Baca  Objek wisata paling populer di Muaro Jambi, Jambi

Lokasi: Jorong Kubang Panjang, Kenagarian IV Koto, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat.

 

Bendungan Batu Bakawik

 

Bendungan Batu Bakawik memiliki fungsi utama sebagai sarana irigasi. Dengan keberadaan bendungan luas dan besar ini, ribuan hektar lahan menjadi subur. Namun, seiring berjalannya waktu, beberapa area di bendungan ini sering dijadikan tujuan wisata. Terutama saat senja tiba, banyak orang singgah sejenak untuk berfoto atau duduk santai sambil menikmati makanan di tepi jalan. Beberapa pedagang keliling sengaja berhenti di tempat ini agar banyak pengunjung yang mampir.

Lokasi: Koto Nan IV Dibawuah, Kecamatan Ix Koto, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat.

 

Bukit Tambun

 

Bukit Tambun adalah sebuah bukit yang indah dan luas yang sering menjadi lokasi paralayang karena kemiringannya yang ramah. Banyak atlet paralayang atau pengunjung biasa yang menyukai bukit ini karena dapat terbang bebas dengan menggunakan layangan yang besar. Angin yang stabil di bukit ini membuat aktivitas paralayang menjadi lebih menyenangkan.

Keberadaannya yang dekat dengan pusat kota juga membuat Bukit Tambun mudah dikunjungi. Pemandangan dari atas bukit ini terlihat seperti padang rumput, karena tidak ada pohon besar yang menghalangi pandangan. Seperti permadani di lapangan hijau.

Lokasi: Sungai Kambut, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat.

 

Candi Padang Roco

 

Candi Padang Roco, sebuah situs sejarah yang menjadi saksi bisu keberadaan kerajaan Melayu kuno di wilayah Sumatera, tidak pernah sepi pengunjung. Meskipun terlihat seram dan menakutkan karena banyak bangunan tua yang kurang terawat, situs ini tetap memiliki nilai budaya yang kuat.

Sejak tahun 2010, candi ini telah menjalani perawatan untuk memulihkan keadaannya. Meskipun beberapa artefak sejarah rusak atau hilang, keindahan situs ini tetap memiliki ciri khas yang unik.

Baca  Objek wisata yang ada di Barito Selatan, Kalimantan Tengah

Lokasi: Siguntur, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat.

 

Candi Pulau Sawah

 

Candi Pulau Sawah, pada pandangan pertama terlihat seperti sebuah replika, tetapi sebenarnya situs candi ini adalah yang asli. Meskipun ada beberapa kerusakan di beberapa bagian, namun situs candi ini telah diberi perlindungan khusus agar bentuknya tetap terjaga dengan baik.

Ketika Anda mengunjungi tempat wisata ini, Anda akan melihat beberapa hal yang tidak biasa pada sebuah candi. Ingin tahu lebih lanjut? Silakan datang sendiri dan bandingkan dengan beberapa lokasi candi lainnya di Nusantara. Pastinya, candi ini memiliki aura dan citra yang unik.

Lokasi: Siguntur, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat.

 

Danau Hijau

 

Danau ini dikenal sebagai Danau Hijau karena warna airnya yang berwarna hijau. Belakangan ini, wilayah Sumatera telah melihat munculnya beberapa danau buatan manusia. Banyak area pertambangan yang telah berubah menjadi Tempat wisata yang indah dan menarik. Tidak heran jika banyak orang datang untuk berfoto atau mengambil selfie di tempat yang cantik tersebut. Salah satunya adalah Danau Hijau, sebuah Tempat wisata yang berasal dari bekas tambang.

Lokasi: Sitiung IV, Kecamatan Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat.

 

Ngalau Cigak

 

Ngalau Cigak adalah sebuah dataran tinggi yang menawarkan panorama indah. Di sini, Anda dapat menikmati pemandangan sawah dan hamparan lahan hijau. Selain itu, terdapat juga sungai dan danau yang bisa dilihat dari ketinggian. Namun, untuk mencapai puncak Ngalau Cigak, Anda perlu melewati perjalanan yang membutuhkan usaha dan waktu yang cukup lama. Bagi pendaki pemula, waktu yang dibutuhkan sekitar 2 jam, tetapi bagi yang telah terbiasa, waktu yang diperlukan bisa kurang dari 2 jam.

Baca  Rekomendasi tempat wisata yang wajib kamu kunjungi di Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan

Disarankan untuk tidak membawa balita ke tempat ini karena jalur pendakiannya cukup sulit jika harus membawa balita di gendongan. Namun, jika Anda sudah terbiasa membawa balita, boleh saja asalkan ada pengawas atau pemandu yang ikut serta.

Lokasi: Kampung Surau, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat.

 

Demikianlah Tempat wisata yang ada di Dharmasraya, Sumatera Barat. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *