Tempat wisata yang ada di Bukittinggi, Sumatera Barat

Tempat wisata yang ada di Bukittinggi, Sumatera Barat

Table of Contents

Tempat wisata yang ada di Bukittinggi, Sumatera Barat – Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah Barat Provinsi Riau. Provinsi Sumatera Barat ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Padang. Provinsi Sumatera Barat memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Bukittinggi. Bukittinggi merupakan salah satu Kota yang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Kota Bukittinggi ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Tempat wisata di Bukittinggi.

 

Tempat wisata yang ada di Bukittinggi, Sumatera Barat

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Bukittinggi, Sumatera Barat. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Tempat wisata yang ada di Bukittinggi, Sumatera Barat.

 

Taman Monumen Bung Hatta

 

Untuk mencapai Taman Monumen Bung Hatta, Anda dapat pergi dari pusat kota menuju Istana Bung Hatta yang terletak tepat di sebelahnya. Lebih tepatnya, di depan pertigaan Gedung DPRPD Kota Bukittinggi. Di pintu masuk, Anda akan menemukan papan nama yang berwarna-warni.

Spot ini umumnya menarik minat pengunjung yang ingin berfoto. Di belakangnya terdapat taman mini yang dihiasi dengan bunga-bunga yang teratur. Salah satu ciri khas taman ini adalah adanya Patung Perunggu Bung Hatta yang tegak berdiri, dilengkapi dengan peci dan kacamata. Patung tersebut memiliki ukuran sekitar dua kali lipat tinggi orang dewasa dan menjadi ikon wisata Bukittinggi.

Baca  Daftar tempat wisata yang wajib kamu kunjungi di Seram Bagian Timur, Maluku

Di bagian bawah monumen, terdapat prasasti yang terbuat dari keramik. Di dalam prasasti tersebut terdapat beberapa pesan dari Bung Hatta yang mampu membangkitkan semangat.

Alamat: Jalan Benteng Pasar Atas, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat.

 

Jam Gadang

 

Jam Gadang adalah sebuah bangunan bersejarah yang menjadi simbol Kota Bukittinggi. Bangunan ini dibangun pada masa penjajahan Belanda sebagai hadiah untuk kontrolir HR Rookmaaker atas perintah Ratu Wilhelmina. Arsitek asli Minangkabau, Jazid Rajo Mangkuto Sutan Gigih Ameh, bertanggung jawab atas desain konstruksi menara jam ini. Pembangunannya selesai pada tahun 1926. Monumen setinggi 26 meter ini berdiri di tengah Taman Sabai Nan Aluih.

Menara Jam Gadang juga merupakan titik nol Kota Bukittinggi. Keunikan bangunan ini terletak pada bahan konstruksinya yang terbuat dari campuran batu kapur, putih telur, dan pasir. Selain itu, angka-angka pada jam menggunakan sistem penomoran Romawi, yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Alamat: Jalan Benteng Pasar Atas, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat.

 

Museum Rumah Bung Hatta

 

Bung Hatta, salah satu presiden berpengaruh Indonesia yang memiliki peran besar dalam perjuangan kemerdekaan. Museum Rumah Bung Hatta, yang merupakan tempat tinggal dan museum yang mewakili warisan beliau, menjadi tujuan wisata yang populer di kalangan masyarakat dari berbagai daerah.

Anda dapat mengeksplorasi museum yang luasnya mencapai 1000 m2, yang menampilkan seni dan budaya Bukittinggi. Menariknya, museum ini sering dikunjungi oleh pelajar dari berbagai tingkat pendidikan. Museum ini menjadi pilihan wisata edukatif atau kunjungan studi bagi anak-anak TK, SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi, karena memberikan pendidikan yang komprehensif dan maksimal.

Baca  Rekomendasi kuliner yang wajib kamu cicipin ketika berada di Sulawesi Tenggara

Alamat: Jalan Soekarno Hatta No. 37, Campago Ipuh, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat.

 

Taman Panorama Bukittinggi

 

Apakah Anda ingin menikmati keindahan Ngarai Sianok yang menawan? Anda bisa mengunjungi Taman Panorama Bukittinggi, Tempat wisata utama yang sangat diminati oleh masyarakat. Di sepanjang jalan, Anda akan disuguhi pemandangan pepohonan yang rindang, menciptakan udara yang sejuk meskipun di bawah sinar matahari yang terik. Tersedia juga fasilitas berupa gazebo untuk istirahat, yang sangat cocok bagi pengunjung yang membawa anak kecil atau balita.

Yang lebih menarik, terdapat spot menarik yang cocok untuk berfoto Instagram, yaitu gardu pandang yang memungkinkan pengunjung menikmati keindahan taman dari ketinggian. Selain itu, terdapat juga toko souvenir yang menjadi incaran pengunjung, di mana Anda dapat membeli lukisan khas Bukittinggi, kaos, dan berbagai souvenir lainnya.

Alamat: Jalan Panorama, Kayu Kubu, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat.

 

Istana Bung Hatta

 

Gedung ini lebih dikenal dengan sebutan Istana Bung Hatta atau Gedung Negara Tri Raga, terletak tepat di depan Taman Jam Gadang. Pada masa pemerintahan Jepang, gedung ini digunakan sebagai kediaman Panglima Pertahanan Jepang. Kemudian, pada tahun 1947, gedung ini menjadi Pusat Pemerintahan Darurat RI. Halaman depannya cukup luas dan terdapat dua bangunan utama.

Arsitektur gedung ini didominasi oleh ciri khas bangunan kolonial, dengan 12 ruang kamar yang luas. Bangunan pertama berbentuk rumah gadang, sementara bangunan kedua berbentuk rumah yang memanjang. Di depan dan samping istana terdapat patung Bung Hatta, dengan perbedaan tingginya sekitar 2 meter. Saat ini, Istana Bung Hatta berfungsi sebagai tempat seminar dan wisata sejarah.

Baca  Tempat wisata paling populer di Pariaman, Sumatera Barat

Lokasi Alamat: Jalan Bukit Cangang Kayu Ramang, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat.

 

The Great Wall Of Koto Gadang

 

Perlu diketahui, Tempat wisata ini merupakan bagian dari Janjang Saribu, namun pemerintah membangun tembok besar dengan nama yang unik. Tembok ini dikenal sebagai Tembok Besar Koto Gadang atau The Great Wall of Koto Gadang. Tujuannya adalah untuk menarik minat pengunjung karena tembok ini menghubungkan antara Kota Bukittinggi dan Goa Jepang di pintu 3. Seiring berjalannya waktu, tembok ini selalu ramai dikunjungi karena memiliki keunikan tersendiri.

Alamat: Kayu Kubu, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat.

 

Demikianlah Tempat wisata yang ada di Bukittinggi, Sumatera Barat. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *