Deretan rekomendasi wisata danau yang ada di Riau

Deretan rekomendasi wisata danau yang ada di Riau

Table of Contents

Deretan rekomendasi wisata danau yang ada di Riau – Riau memiliki sejumlah danau yang menakjubkan. Beberapa di antaranya terletak di tengah hutan, menciptakan keindahan alam yang memikat. Meskipun beberapa di antaranya buatan, Riau memiliki 36 danau yang dapat dinikmati.

 

Deretan rekomendasi wisata danau yang ada di Riau

 

Daripada terjebak dalam kebisingan kota, mengunjungi danau di Riau jauh lebih baik. Selain memberikan ketenangan, tempat-tempat wisata air ini juga mampu menciptakan keceriaan. Berikut adalah Deretan rekomendasi wisata danau yang ada di Riau.

 

Danau Biru

 

Danau Biru di Duri adalah salah satu danau yang terkenal di Provinsi Riau. Terletak di Desa Beringin, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Duri.

Danau ini memiliki air berwarna biru yang terhampar di tengahnya. Keindahannya pasti akan membuat siapa pun terkagum. Tidak perlu heran jika ada danau seindah ini di Riau. Namun, Anda mungkin akan terkejut saat mengetahui bagaimana danau ini terbentuk.

Konon, danau seluas setengah hektar ini tercipta setelah proyek perkebunan sawit dihentikan. Setelah ditinggalkan, cekungan tersebut kemudian terisi oleh hujan dan air laut yang perlahan membentuk sebuah danau berwarna biru.

Untuk mencapai danau ini, pengunjung harus melewati barak-barak bekas pekerja sawit yang sudah tidak digunakan. Setelah melalui jalan setapak dan melihat permukaan air berwarna putih-biru, itu menandakan bahwa danau di Duri ini sudah dekat. Tempat ini belum diatur secara resmi, sehingga tidak ada biaya masuk yang harus dibayarkan.

Lokasi: Desa Beringin, Talang Muandau, Duri.

 

Danau Limbungan

 

Danau Limbungan juga merupakan salah satu danau yang sayang untuk dilewatkan di Riau. Dibandingkan dengan danau-danau lainnya, danau ini masih tergolong baru bagi penduduk di Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari fasilitas wisata yang lengkap yang tersedia di sekitarnya.

Baca  Destinasi wisata yang ada di Bandar Lampung, Lampung

Danau ini hanya berjarak 15 km dari Pekanbaru, dan perjalanan menuju ke sana tidak akan melelahkan karena pemandangan alam yang indah dan mempesona. Danau ini terletak di kaki perbukitan, dengan pohon-pohon besar yang ikut menyegarkan udara yang dihirup.

Keindahan estetika di Danau Limbungan sangat cocok bagi mereka yang gemar berfoto. Hapir setiap sudutnya memungkinkan untuk swafoto yang keren. Setelah puas mengabadikan momen dengan kamera, mencoba kuliner di sekitarnya juga patut dilakukan.

 

Danau Zamrud Siak

 

Danau Zamrud Siak merupakan danau alami yang terletak di Desa Zamrud, kawasan penopang hutan rawa di Kabupaten Siak. Nama danau ini sesuai dengan keindahannya. Danau Zamrud Siak mempertemukan dua jenis air yang berbeda, yaitu air tawar dan air asin (laut).

Meskipun danau ini memiliki pesona yang memukau, pengunjung tidak diperbolehkan berkeliaran secara bebas. Setiap wisatawan harus memiliki izin masuk yang dapat diperoleh dari balai konservasi.

Salah satu pemandangan yang paling menakjubkan di Danau Zamrud Siak adalah warna airnya yang hitam. Fenomena unik ini disebabkan oleh sifat asam tanah gambut rawa yang mempengaruhi warna danau itu sendiri.

 

Danau Napangga

 

Danau Napangga, yang mencakup lahan seluas 500 hektar, merupakan danau terluas di provinsi Riau.

Membahas tentang Danau Napangga juga berarti mengikuti jejak peradaban suku Bonai yang telah menjadikan tepi danau ini sebagai pemukiman mereka. Melihat deretan pohon hijau yang menghiasi dan air yang jernih terhampar, tidak mengherankan jika tempat ini menjadi tujuan wisata para raja-raja Riau.

Tidak perlu bertanya tentang aktivitas wisata apa yang direkomendasikan ketika berada di Danau Napangga. Hanya dengan melihat airnya saja, pikiran akan merasa rileks. Dan jika memutuskan untuk berenang, pasti akan memberikan kepuasan bagi tubuh dan jiwa.

Baca  Tempat wisata yang ada di Subulussalam, Aceh

 

Danau Khayangan

 

Danau Khayangan, juga dikenal sebagai Danau Lembah Sari atau Bandar Khayangan, adalah sebuah bendungan irigasi seluas 14 hektar yang telah berkembang menjadi tujuan rekreasi yang baru. Terletak di selatan Pekanbaru, jaraknya hanya sekitar 17 km dari pusat kota.

Harga tiket masuk ke danau ini tidaklah mahal, hanya Rp5 ribu saja. Setelah membayar tiket masuk, Anda dapat menikmati pesona danau buatan Bandar Khayangan melalui serangkaian kegiatan yang menyenangkan.

Salah satu ide menarik adalah memanfaatkan rumah pohon di sisi danau untuk berfoto. Spot ini dijamin instagramable dan akan memperindah tampilan feed media sosial Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengeksplorasi danau dengan mengayuh perahu. Menghabiskan sehari liburan di danau bendungan yang dibangun pada tahun 90-an ini pasti tidak akan membosankan.

 

Danau Raja Rengat

 

Danau Raja Rengat adalah sebuah danau bersejarah yang terletak di ibu kota Kabupaten Indragiri Hulu (Inhul), Riau, terkait dengan Kerajaan Melayu. Kawasan taman wisata Danau Raja yang luasnya diperkirakan sekitar 200 meter ini dilengkapi dengan fasilitas lengkap. Bagi penggemar pemandangan matahari terbenam, ini adalah tempat yang sangat menyenangkan untuk menunggu momen tersebut. Sebelum itu, Anda dapat menjelajahi tepian danau.

Kedalaman danau ini belum diketahui, sama seperti Danau Linting. Oleh karena itu, pengunjung selalu diingatkan untuk berhati-hati saat berenang. Tidak dapat disangkal bahwa Danau Raja ini adalah yang paling ikonik, menawarkan keindahan alam yang terjalin dengan sejarah.

 

Danau Meduyan

 

Danau Meduyan, yang mungkin sangat dikenal oleh penduduk Indragiri Hulu, adalah yang terakhir. Terutama ketika langit cerah, daya tariknya yang menenangkan membuat kita terpikat untuk tetap menikmatinya.

Baca  Objek wisata yang terdapat di Prabumulih, Sumatera Selatan

Air tawar di danau ini memang tidak begitu jernih, bahkan cenderung kecoklatan. Namun, objek wisata di Kelurahan Negeri Lama ini masih menjadi favorit warga karena pemandangan khas Inhul yang ditawarkan. Di sini, terdapat jembatan yang estetis dan menarik untuk difoto.

Jika pada siang hari tempat danau ini biasanya sepi, pemandangan yang berbeda akan muncul menjelang sore. Baik tua maupun muda, mereka biasanya menghabiskan waktu menjelang senja di sana sebelum malam tiba.

 

Demikianlah Deretan rekomendasi wisata danau yang ada di Riau.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *