Tempat wisata yang ada di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan

Tempat wisata yang ada di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan

Table of Contents

Tempat wisata yang ada di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan – Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah selatan Provinsi Jambi. Provinsi Sumatera Selatan ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Palembang. Provinsi Sumatera Selatan memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Ogan Komering Ilir. Ogan Komering Ilir merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan. Ibu kota Kabupaten Ogan Komering Ilir berada di Kayu Agung. Kabupaten Ogan Komering Ilir ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Tempat wisata di Ogan Komering Ilir.

 

Tempat wisata yang ada di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Tempat wisata yang ada di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

 

Lebak Air Itam

 

Tempat wisata Lebak Air Itam terletak di kecamatan Pedamaran dan merupakan rawa-rawa yang dikelilingi oleh rerumputan hijau yang menyegarkan. Di musim hujan, rawa ini terisi air dan sering dimanfaatkan untuk memancing ikan dengan pancing atau jala.

Pemandangan rerumputan hijau yang menjulang di atas permukaan air ini sangat menyegarkan mata, terutama bagi mereka yang lelah dengan rutinitas perkotaan yang melelahkan.

Baca  10 Tempat wisata terpopuler yang ada di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur

Lokasi: Kecamatan Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Danau Teluk Rasau

 

Masih di kecamatan Pedamaran, tepatnya di desa Sukapulih, terdapat Danau Teluk Rasau yang menawarkan pemandangan alami yang tenang. Di sekitar danau terdapat banyak pepohonan yang memberikan suasana yang rindang. Tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi saat merasa lelah karena jauh dari keramaian kota.

Di sekitar Danau Teluk Rasau, pengunjung juga dapat beristirahat di beberapa perkemahan yang ada dan menikmati makanan khas ikan air tawar yang ditangkap langsung dari danau Teluk Rasau.

Lokasi: Menang Raya, Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Pulau Maspari

 

Pulau Maspari menawarkan beragam biota laut yang membuat pengunjung rela melakukan perjalanan jauh dari pusat kota. Terletak dekat dengan Selat Bangka, pulau ini menjadi tempat yang kaya akan ikan, sehingga wisatawan dapat mencoba memancing dan langsung menikmati hasil tangkapan di tepi pantai.

Selain itu, keindahan terumbu karang yang alami banyak dimanfaatkan oleh pengunjung untuk snorkeling atau menyelam dan menyaksikan keindahan bawah lautnya.

Lokasi: Desa Sungai Lumpur, Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Danau Teloko

 

Danau Teloko dinamai sesuai dengan lokasinya, yaitu di desa Teloko, kecamatan Kota Kayu Agung. Meskipun danau ini belum dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, para wisatawan dapat menyewa perahu nelayan untuk mengelilingi danau Teloko.

Tidak hanya menikmati keindahan alamnya, pengunjung juga dapat merasakan pengalaman seperti nelayan dengan menjala ikan dan mengabadikannya untuk diposting di media sosial.

Lokasi: Desa Tanjung Serang, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Baca  Destinasi wisata paling populer di Bengkayang, Kalimantan Barat

Bukit Batu

 

Bukit Batu merupakan tujuan wisata yang menyimpan cerita yang cukup unik. Terdapat dua sisi cerita yang memiliki perbedaan yang cukup besar. Cerita pertama yang beredar adalah bahwa Bukit Batu adalah situs peradaban kuno yang telah ada selama ribuan tahun. Di tempat ini ditemukan berbagai macam batu yang memiliki bentuk mirip dengan makhluk hidup, terutama manusia dan hewan. Sedangkan cerita lainnya berbicara tentang kutukan yang dapat mengubah segala yang diucapkan menjadi batu.

Meskipun tidak jelas cerita mana yang benar, yang pasti Bukit Batu yang terletak di Desa Bukit Batu, Kecamatan Pangkalan Lampang, sangat menarik untuk dikunjungi sebagai tujuan wisata. Pemandangan alam perbukitan yang eksotis memberikan ketenangan bagi pengunjung, dengan banyak pohon rindang yang membuat udara semakin segar.

Lokasi: Bukit Batu, Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Danau Teluk Gelam

 

Salah satu Tempat wisata yang tidak kalah menariknya adalah Danau Teluk Gelam, yang juga menjadi tempat penyelenggaraan PON (Pekan Olahraga Nasional) dan Jambore Nasional. Didukung oleh fasilitas yang lengkap, seperti permainan air, banana boat, perahu bebek, perahu karet, jetski, dan lain sebagainya, tempat ini sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga. Selain permainan air, Danau Teluk Gelam juga menawarkan area perkemahan, hotel, spa, restoran, dan taman bermain untuk anak-anak.

Tidak mengherankan jika setiap hari libur atau akhir pekan Danau Teluk Gelam selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung. Meskipun lokasinya jauh dari pusat kota Kayu Agung, perjalanan sejauh 25 km tersebut tidak akan mengecewakan karena keindahan tempat wisata ini.

Lokasi: Desa Seriguna, Serapek, Teluk Gelam, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.

Baca  Destinasi wisata yang terdapat di Tanjung Jabung Barat, Jambi

 

Pantai Tanjung Menjangan

 

Salah satu destinasi pantai yang menawarkan pasir putih yang bersih di Ogan Komering Ilir adalah Pantai Tanjung Menjangan. Dengan keindahan batu karang dan kehidupan bawah laut yang kaya, Pantai Tanjung Menjangan menawarkan pengalaman liburan yang seru. Lokasi pantai ini, yang terletak di Desa Sungai Lumpur, Kecamatan Cengal, belum banyak diketahui oleh banyak orang, sehingga pantainya masih indah dan terjaga kebersihannya.

Meskipun beberapa wisatawan telah menikmati keindahan pantai ini untuk snorkeling dan membagikannya di media sosial sebagai cara untuk menunjukkan keindahan pantai ini, Pantai Tanjung Menjangan masih tergolong tersembunyi.

Lokasi: Sungai Sibur, Kecamatan Sungai Menang, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Demikianlah Tempat wisata yang ada di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *