tempat wisata di Belitung Timur

Tempat wisata yang ada di Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung

Table of Contents

Kepulauan Bangka Belitung merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah timur Pulau Sumatera dan berdekatan dengan Sumatera Selatan. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Pangkal Pinang. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Belitung Timur. Belitung Timur merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ibu kota Kabupaten Belitung Timur berada di Kecamatan Manggar. Kabupaten Belitung Timur ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Tempat wisata di Belitung Timur.

 

Tempat wisata yang ada di Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Bangka dan Belitung serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Tempat wisata yang ada di Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

 

Museum Kata Andrea Hirata

 

Museum yang dapat ditempuh sekitar 1 jam dengan jarak 60 kilometer dari Lapangan terbang Internasional H. A. S Hanandjoeddin ini tadinya ialah bangunan rumah tua. Lokasinya ada di Belitung Timur, persisnya di Desa Gentong.

Di dalam museum ini, turis akan menemukan potret- potret dari film laskar pelangi, beberapa sekuel dari novel buatan Andrea Hirata, serta susunan beberapa kata yang bagus buatan Andrea Hirata. Arsitektur bangunan yang istimewa dengan cat beraneka warna menambah daya tarik museum kata ini.

Baca  Destinasi wisata yang ada di Rokan Hilir, Riau

Lokasi: Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Rumah Keong Belitung

 

Di Belitung Timur pula terdapat tempat wisata yang dulunya ialah area sisa tambang bernama rumah keong belitung ataupun dermaga kirana. Lokasi tempat wisata istimewa ini tidak jauh dari lokasi museum kata Andrea Hirata. Daya tarik rumah keong terdapat pada rumah- rumah yang dibuat dari anyaman rotan serta serupa dengan wujud keong.

Di tempat ini turis dapat menikmati panorama alam danau dengan perahu beraneka warna yang istimewa. Aneka warna perahu itu adalah kuning, merah, putih, biru, serta hijau.

Lokasi: Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Pantai Burong Mandi

 

Belitung Timur memiliki beberapa pantai yang menarik buat didatangi. Salah satunya adalah Pantai Burong Mandi yang ada di Desa Burong Mandi. Lokasinya terdapat di sekitar 77km dari arah lapangan terbang serta sekitar 21 kilometer dari arah Kota Manggar. Fasilitas pantai telah mencukupi seperti mushola, toilet, sampai kamar bilas.

Karakter pantainya yakni air lautnya bening serta biru, pasirnya putih, serta banyak perahu tradisional nelayan ataupun perahu kater dengan cat aneka warna yang terparkir di garis pantai. Pantai Burong Mandi senantiasa banyak didatangi turis terlebih kala masa durian tiba.

Lokasi: Desa Damar, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Pantai Nyiur Melambai

 

Tidak hanya Pantai Burong Mandi, terdapat pula Pantai Nyiur Melambai. Karakteristik khas pantai menawan ini ialah warna pasirnya putih bersih serta memiliki bibir pantai berukuran panjang. Lokasinya ada di sekitar 80, 5 kilometer dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam dari Lapangan terbang Hanandjoeddin.

Baca  Destinasi wisata yang ada di Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung

Beraneka ragam fasilitas di Pantai Nyiur Melambai lumayan komplit serta mencukupi seperti rest area, pasar seni, kamar bilas, panggung hiburan, mushola, sampai toilet. Wisatawan dapat melaksanakan beraneka ragam kegiatan disitu semacam menikmati kuliner khas Belitung serta minum air kelapa muda, memandang sunrise serta sunbathing.

Lokasi: Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Pantai Punai

 

Terdapat pula Pantai Punai yang lokasinya ada di sekitar 86km dari arah Lapangan terbang Hanandjoeddin, persisnya di Desa Tanjung Kelumpang. Fasilitas pantai telah lumayan komplit semacam kamar bilas, mushola, bungalow, panggung hiburan, sampai toilet. Wisatawan dapat melaksanakan kegiatan semacam sunbathing, snorkeling, serta lain- lain.

Pantai Punai mempunyai pasir bercorak putih serta dipadati dengan pepohonan rimbun di garis pantainya. Tidak hanya itu, terdapat pula bebatuan besar jenis granit yang menambah menawan panorama alam.

Lokasi: Desa Tanjung Kelumpang, Kecamatan Dendang, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Open- Pit Lead Mining

 

Tempat wisata ini berada di Kecamatan Kelapa Kampit persisnya di Desa Senyubuk serta ada di sekitar 47 kilometer bila ditempuh dari Lapangan terbang Hanandjoeddin. Open- Pit Lead Mining ialah area wisata sisa tambang timah yang berbentuk lubang besar dimana di belahan tengahnya ada terowongan bawah tanah serta danau biru.

Di tempat wisata ini wisatawan dapat melaksanakan beraneka ragam kegiatan semacam caving ataupun susur goa, rock climbing ataupun panjang tebing, camping ground, sampai main ATV. Turis penggemar petualang serta fotografi amat dianjurkan ke tempat ini.

Lokasi: Kampong Gunong, Desa Senyubuk, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Baca  Tempat wisata paling populer yang terdapat di Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung

 

Desa Ahok

 

Belitung Timur persisnya di wilayah Manggar ialah tanah kelahiran mantan gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama yang akrab disapa dengan panggilan Ahok. Semenjak namanya melambung, wilayah ini jadi populer. Apalagi, desa halaman Ahok memperoleh gelar ‘Kampung Ahok’.

Daya tarik tempat wisata ini ialah rumah panggungnya. Wujud rumah di wilayah lainnya banyak yang beralih bentuk jadi lebih modern, tetapi berbeda dengan wilayah ini yang masih melestarikan wujud rumah panggung semenjak zaman nenek moyang hingga saat ini.

Lokasi: Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Demikianlah Tempat wisata yang ada di Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *