Tempat wisata di Aceh Tamiang

Tempat wisata yang ada di Aceh Tamiang, Aceh

Table of Contents

Aceh merupakan salah satu provinsi yang terletak di Ujung Utara Pulau Sumatera. Provinsi Aceh ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Banda Aceh. Provinsi Aceh memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Aceh Tamiang. Aceh Tamiang merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Aceh. Ibu kota Kabupaten Aceh Tamiang berada di Karang Baru. Kabupaten Aceh Tamiang ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Tempat wisata di Aceh Tamiang.

 

Tempat wisata yang ada di Aceh Tamiang, Aceh

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Aceh Tamiang, Aceh. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Tempat wisata yang ada di Aceh Tamiang, Aceh.

 

Pantai Kuala Ketapang

 

Tempat wisata pertama yang akan kami jelaskan adalah Pantai Kuala Ketapang. Pantai ini terletak di Kampung Majid Sungai Iyu, Aceh Tamiang. Pantai Kuala Ketapang memiliki keunikan tersendiri dengan garis pantai yang membentang sepanjang 3 km dan pasir yang berwarna cokelat.

Tempat wisata ini sangat populer di kalangan keluarga sehingga sering dikunjungi untuk berlibur bersama. Meskipun demikian, pantai ini tidak terlalu ramai seperti pantai pada umumnya, sehingga cocok untuk menghindari keramaian perkotaan.

Lokasi: Desa Sungai Iyu, Kecamatan Bendahara, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh.

Baca  Objek wisata yang ada di Metro, Lampung

 

Kuala Paret

 

Destinasi selanjutnya adalah Kuala Paret yang terletak di Desa Kaloi, Tamiang Hulu. Kuala Paret merupakan tempat wisata yang masih belum banyak dikunjungi. Di Kuala Paret, pengunjung akan disuguhkan dengan suara gemuruh air sungai yang mengalir deras. Sungai yang terdapat di Kuala Paret ini memiliki air yang sangat jernih.

Sungai ini membelah dua tebing cadas, sehingga pengunjung harus berhati-hati saat berkunjung. Untuk mencapai Kuala Paret, diperlukan waktu perjalanan sekitar 3 jam dari Kuala Simpang.

Lokasi: Desa Kaloi, Kecamatan Tamiang Hulu, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh.

 

Air Terjun Sangka Pane

 

Air Terjun Sangka Pane adalah tempat wisata air yang terletak di Desa Pengidam, Kecamatan Bandar Pusaka. Air terjun ini menawarkan keindahan alam yang memukau, udara yang segar, dan kualitas air yang baik. Air di Air Terjun Sangka Pane sangat jernih dan dingin.

Pengunjung air terjun ini biasanya berasal dari wisatawan lokal di wilayah Aceh Tamiang, tetapi ada juga wisatawan dari luar kota yang datang untuk menikmati keindahannya. Perjalanan menuju Air Terjun Sangka Pane cukup jauh, sekitar 50 km dari pusat kota Aceh Tamiang. Meskipun perjalanan yang harus ditempuh cukup jauh, keindahan yang ditawarkan oleh Air Terjun Sangka Pane akan sebanding dengan usaha yang dilakukan.

Lokasi: Desa Cempega, Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh.

 

Air Terjun Tujuh Tingkat

 

Air Terjun Tujuh Tingkat merupakan salah satu air terjun yang terletak di Desa Selamat, Kecamatan Tegullun. Keindahan Air Terjun Tujuh Tingkat tidak kalah dengan air terjun lainnya di Aceh Tamiang, karena air terjun ini menampilkan pesona dari tujuh tingkat air terjun. Pengunjung umumnya ramai saat musim liburan tiba.

Baca  5 Objek Wisata yang wajib kamu kunjungi di Konawe, Sulawesi Tenggara

Tempat wisata ini merupakan hasil pengelolaan swadaya oleh masyarakat setempat yang menjadi sumber penghasilan utama di desa. Untuk masuk ke area ini, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000. Di tempat wisata ini, pengunjung dapat menikmati bermain air sepuasnya.

Lokasi: Desa Selamat, Kecamatan Tenggulun, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh.

 

Air Terjun Kembar

 

Air Terjun Kembar adalah sebuah air terjun yang terletak di Kampung Tenggulun, Kecamatan Tenggulu. Nama tempat wisata ini mengacu pada keberadaan dua air terjun yang berdiri sejajar dalam satu lokasi. Air Terjun Kembar menawarkan pemandangan alam yang segar di sekelilingnya.

Pengunjung dapat bermain air dan mandi di bawah air terjun ini. Untuk mencapai tempat wisata ini, diperlukan perjalanan sekitar 60 km dari ibu kota Kabupaten Aceh Tamiang.

Lokasi: Kampung Tenggulun, Kecamatan Tenggulu, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh.

 

Gua Pintu Kuari

 

Gua Pintu Kuari merupakan salah satu tempat wisata di Aceh Tamiang yang terletak di Gampong Selamat, Kecamatan Tenggulun. Tempat wisata ini menyimpan situs budaya dan prasejarah di Aceh. Di dalam gua ini terdapat ornamen yang memiliki makna bahwa tempat ini dahulu digunakan sebagai tempat tinggal manusia purba pada zaman prasejarah.

Bagi pengunjung yang ingin menjelajahi tempat wisata ini, diperlukan perjalanan sekitar 45 km dari ibu kota Kabupaten Aceh Tamiang atau 7 km dari ibu kota Kecamatan.

Lokasi: Desa Selamat, Kecamatan Tenggulun, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh.

 

Tangsar Alur Biak

 

Tangsar Alur Biak merupakan tempat wisata air yang menarik, terletak di Gampong Bengkelang, Kecamatan Bandar Pusaka. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar dan bermain air di tempat ini. Untuk mencapai tempat wisata ini, pengunjung perlu menempuh jarak sekitar 40 km dari ibu kota Aceh Tamiang dan 10 km dari Kecamatan.

Baca  Objek wisata yang terdapat di Mempawah, Kalimantan Barat

Lokasi: Kampong Bengkelang, Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh.

 

Demikianlah Tempat wisata yang ada di Aceh Tamiang, Aceh. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *