Tempat wisata terpopuler di Bengkulu, Bengkulu

Tempat wisata terpopuler di Bengkulu, Bengkulu

Table of Contents

Tempat wisata terpopuler di Bengkulu, Bengkulu – Bengkulu merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah barat Provinsi Sumatera Selatan. Provinsi Bengkulu ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Bengkulu. Provinsi Bengkulu memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Bengkulu. Bengkulu merupakan salah satu Kota yang terletak di Provinsi Bengkulu. Kota Bengkulu ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Tempat wisata di Bengkulu.

 

Tempat wisata terpopuler di Bengkulu, Bengkulu

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Bengkulu, Bengkulu. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Tempat wisata terpopuler di Bengkulu, Bengkulu.

 

Pantai Panjang Bengkulu

 

Pantai Panjang Bengkulu terletak di Kota Bengkulu. Pantai ini dilengkapi dengan fasilitas seperti restoran, hotel, dan penginapan, sehingga para wisatawan yang mengunjungi dapat menginap sambil menikmati keindahan Pantai Panjang Bengkulu. Sesuai dengan namanya, pantai ini merupakan salah satu pantai terpanjang di Indonesia, dengan panjang mencapai 7 km. Ombak di Pantai Panjang Bengkulu relatif tenang, sehingga para pengunjung dapat bermain air di sepanjang pantai. Pantai Panjang Bengkulu memiliki pasir putih yang indah dan ditumbuhi pepohonan yang menghiasi pantai. Menikmati matahari terbenam di Pantai Panjang Bengkulu juga sangat menarik, dengan suasana pantai yang mendukung.

Baca  Rekomendasi destinasi wisata terpopuler di Seram Bagian Barat, Maluku

Alamat: Jalan Pariwisata, Pantai Panjang, Lempuing, Kecamatan Ratu Agung, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

 

Pantai Aluran Pandan

 

Pantai Aluran Pandan terletak di Kaur, Bengkulu. Pantai ini buka 24 jam setiap hari. Pantai ini masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan karena akses jalan yang belum memadai atau cukup sulit dilalui. Namun, Pantai Aluran Pandan tetap merupakan pantai yang alami dan terjaga keasliannya. Pasir putih dan pepohonan kelapa yang tumbuh rapi di sepanjang pantai menambah keindahan pantai ini. Batu-batu dan karang-karang yang ada di pantai ini juga masih alami. Warna airnya yang hijau menunjukkan bahwa pantai ini jarang dikunjungi oleh para wisatawan.

Alamat: Jalan Benteng, Kebun Keling, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

 

Pantai Lentera Merah

 

Pantai Lentera Merah adalah salah satu pantai yang terletak di Kota Bengkulu. Pantai ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan karena keunikan yang dimilikinya, yaitu adanya Menara Lentera Merah. Menara lentera ini berfungsi sebagai panduan bagi kapal barang dan nelayan yang melewati pantai tersebut. Menara lentera ini berwarna merah dan dilengkapi dengan lampu suar bercahaya merah. Bagi para wisatawan yang berkunjung, menara lentera ini menjadi daya tarik dan tempat foto yang sangat instagramable. Hanya dengan biaya Rp5.000, Anda dapat masuk ke Pantai Lentera Merah ini.

Alamat: Pulau Baai, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

 

Benteng Marlborough

 

Benteng ini adalah salah satu situs bersejarah yang merupakan peninggalan dari masa penjajahan saat melawan Inggris di wilayah Bengkulu. Desain benteng ini sangat kuat dan kokoh, bahkan dahulu dianggap sebagai benteng kedua terkuat di wilayah Timur Kawasan Asia. Meskipun pernah rusak dan mencoba dibakar, Benteng Marlborough tetap berdiri kokoh hingga saat ini. Selain kekuatan bangunannya, arsitektur benteng ini juga menarik dan memberikan ciri khas khas pada desain ala vintage pada era penjajahan. Tempat wisata ini sangat cocok bagi mereka yang gemar dan hobi berburu foto instagramable.

Baca  Destinasi wisata yang ada di Rokan Hilir, Riau

Alamat: Jalan Benteng, Kebun Keling, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

 

Danau Dendam Tak Sudah

 

Tidak hanya memiliki nama yang unik, Danau Dendam Tak Sudah juga memiliki kisah unik dan pemandangan alam yang menarik. Secara visual, danau ini terlihat seperti danau pada umumnya. Namun, karena berbagai cerita yang terkait dengan danau ini, para wisatawan merasa penasaran. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk mengunjungi danau ini dan mendengar langsung legenda dari masyarakat setempat.

Alamat: Jalan Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

 

Pulau Tikus

 

Berbeda dengan Pulau Enggano, Pulau Tikus tidak berpenghuni dan memiliki luas sekitar 1,5 hektar. Pulau ini dapat dicapai dalam waktu sekitar 40 menit dari Pelabuhan Pulau Baai. Berkat air yang jernih dan keindahan alam bawah lautnya, pulau ini juga menyediakan wahana snorkeling. Selain itu, terdapat menara mercusuar yang dapat Anda naiki untuk melihat panorama keindahan pantai dan sekitarnya.

Alamat: Samudra Hindia, Kecamatan Ratu Agung, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

 

Rumah Pengasingan Bung Karno

 

Rumah ini dulunya milik Tjang Tjeng Kwat, seorang pedagang keturunan Tionghoa di Bengkulu yang digunakan sebagai tempat tinggal Bung Karno selama pengasingan dari tahun 1928 hingga 1942. Saat ini, rumah ini telah dijadikan museum dan Tempat wisata sejarah di Bengkulu. Pada tahun 2018, Tempat wisata ini mendapatkan penghargaan sebagai salah satu nominasi situs wisata sejarah terpopuler di Indonesia melalui Anugrah Pesona Indonesia (API). Di dalam rumah ini, Anda dapat menemukan berbagai peninggalan seperti ranjang besi bekas tempat tidur, buku-buku berbahasa Belanda, dan bahkan surat cinta Bung Karno kepada Fatmawati yang disimpan di ruang tamu.

Baca  Destinasi wisata terindah yang ada di Lebong, Bengkulu

Alamat: Anggut Atas, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

 

Demikianlah Tempat wisata terpopuler di Bengkulu, Bengkulu. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *