Destinasi wisata yang ada di Agam, Sumatera Barat

Destinasi wisata yang ada di Agam, Sumatera Barat

Table of Contents

Destinasi wisata yang ada di Agam, Sumatera Barat – Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah Barat Provinsi Riau. Provinsi Sumatera Barat ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Padang. Provinsi Sumatera Barat memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Agam. Agam merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Ibu kota Kabupaten Agam berada di Lubuk Basung. Kabupaten Agam ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Destinasi wisata di Agam.

 

Destinasi wisata yang ada di Agam, Sumatera Barat

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Agam, Sumatera Barat. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Destinasi wisata yang ada di Agam, Sumatera Barat.

 

Air Terjun Langkuik Tamiang

 

Seperti pemandangan surgawi, aliran sungai di Air Terjun Langkuik Tamiang begitu indah dan mempesona. Debit air yang sedang menjadikan pemandangan ini menakjubkan. Bahkan saat musim hujan, aliran air tidak terlalu deras sehingga Anda dapat menikmatinya dengan nyaman. Air Terjun Langkuik Tamiang memiliki ketinggian 100 meter dengan air yang mengalir dari seribu sumber.

Air terjun ini tidak hanya berasal dari sungai, tetapi juga dari tebing batu yang tinggi, dengan aliran air sepanjang 10 meter yang dikelilingi oleh tanaman hijau yang mempesona. Pantas saja air terjun ini disebut sebagai pemandangan surgawi karena keindahannya yang luar biasa.

Baca  Deretan rekomendasi wisata pantai yang ada di Riau

Lokasi: Malalak Barat, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat.

 

Air Terjun Gadih Ranti

 

Meskipun pemandangan di sekitar Air Terjun Gadih Ranti tidak seindah Air Terjun Langkuik Tamiang, pesonanya tetap tidak boleh diabaikan begitu saja. Tebing batu dan tumbuhan hijau di sekitarnya juga cukup menarik. Konon, ada cerita bahwa bagi lelaki yang mandi di bawah air terjun ini akan bertemu dengan seorang putri jelita. Namun, seperti cerita rakyat pada umumnya, kemungkinan hal tersebut hanya khayalan belaka.

Lokasi: Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat.

 

Danau Maninjau

 

Danau Maninjau merupakan salah satu danau terkenal di Kabupaten Agam. Danau ini memiliki lingkungan yang indah dan udara yang sejuk. Pemandangannya sangat memukau sehingga setiap orang yang datang akan setuju untuk menginap di sana.

Terdapat banyak hotel terkenal yang dapat Anda kunjungi untuk menginap, dengan harga yang sesuai dengan layanan yang diberikan. Datanglah ke danau ini dan nikmati keindahan alamnya bersama keluarga. Pasti akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Lokasi: Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat.

 

Air Terjun Badorai

 

Perjalanan menuju Air Terjun Badorai cukup menantang dan berbahaya karena terletak di tengah hutan yang masih perawan. Untuk mencapai lokasi ini, diperlukan keahlian dalam menjelajahi hutan agar tidak tersesat atau menghadapi bahaya. Namun, keindahan air terjun ini sebanding dengan perjuangan yang dilakukan. Terdapat setidaknya tiga tingkatan air terjun yang memukau dan akan membuat Anda terpesona dengan keagungan alam.

Lokasi: Sungai Pua, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat.

 

Pantai Tiku

 

Pantai Tiku menjadi tempat transit bagi banyak nelayan. Pantai ini selalu ramai pada malam dan pagi hari karena banyak orang yang berlayar atau membeli hasil laut. Selain itu, pemandangan di pantai ini juga sangat indah. Terdapat berbagai fasilitas di pantai ini, seperti toilet, persewaan perahu, dan penyewaan ban pelampung.

Baca  Objek wisata yang terdapat di Prabumulih, Sumatera Selatan

Lokasi: Desa Agam, Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat.

 

Gunung Marapi

 

Gunung Marapi, meskipun memiliki nama yang mirip dengan gunung di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah, sebenarnya terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Pemandangan di sekitar gunung ini sangat indah dan menakjubkan. Anda dapat melihat kawah dan puncak Gunung Marapi dengan melewati jalur yang curam dan melelahkan.

Selanjutnya, Anda akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan, seperti jalan di antara sawah dan bukit, serta danau dan laut di sekitarnya. Seperti sebuah lukisan hidup yang nyata.

Lokasi: Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, dan Kota Padang Panjang, Provinsi Sumatera Barat.

 

Benteng Jepang Muko-Muko

 

Benteng Jepang Muko-Muko adalah salah satu bukti sejarah bahwa Indonesia pernah dijajah oleh Jepang. Benteng ini merupakan tembok besar yang berfungsi sebagai pertahanan, dan memiliki pemandangan yang indah.

Selain memiliki nilai sejarah, Anda juga akan mendapatkan keindahan matahari terbenam di sini. Jika Anda mengunjungi benteng ini pada sore hari, Anda dapat menyaksikan kecantikan matahari saat terbenam.

Lokasi: Muko-Muko, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat.

 

Pantai Bandar Mutiara

 

Kota Agam yang terletak di tepi pulau menawarkan berbagai pantai yang menarik, salah satunya adalah Pantai Bandar Mutiara. Pantai ini menawarkan pemandangan pasir putih yang indah dan air laut yang jernih.

Angin sepoi-sepoi yang berhembus di sini dapat menyegarkan tubuh, sementara luasnya lautan akan memberikan ketenangan dan kedamaian bagi hati. Anda dapat menikmati berbagai aktivitas di pantai ini, seperti berenang, bermain air, atau berlayar dengan perahu kecil.

Lokasi: Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat.

Baca  Objek wisata yang terdapat di Kampar, Riau

 

Demikianlah Destinasi wisata yang ada di Agam, Sumatera Barat. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *