Tempat wisata terindah yang ada di Kuantan Singingi, Riau

Tempat wisata terindah yang ada di Kuantan Singingi, Riau

Table of Contents

Tempat wisata terindah yang ada di Kuantan Singingi, Riau – Riau merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah tenggara Provinsi Sumatera Utara. Provinsi Riau ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Pekanbaru. Provinsi Riau memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Kuantan Singingi. Kuantan Singingi merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Riau. Ibu kota Kabupaten Kuantan Singingi berada di Teluk Kuantan. Kabupaten Kuantan Singingi ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Tempat wisata di Kuantan Singingi.

 

Tempat wisata terindah yang ada di Kuantan Singingi, Riau

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Kuantan Singingi, Riau. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Tempat wisata terindah yang ada di Kuantan Singingi, Riau.

 

Danau Masjid Koto Kari

 

Danau Masjid Koto Kari merupakan sebuah danau buatan dengan ukuran 200 x 800 meter yang terletak di tengah perkebunan karet, Kecamatan Kuantan Tengah. Danau ini dinamai sesuai dengan dekatnya dengan sebuah masjid yang indah dan megah. Keindahan alam dan udara sejuk menjadi daya tarik utama dari Tempat wisata ini, sehingga cocok bagi mereka yang ingin menenangkan pikiran dan menyegarkan tubuh setelah rutinitas sehari-hari.

Selain keindahan alamnya yang masih alami, Danau Masjid Koto Kari juga dihuni oleh tiga jenis monyet liar, yaitu Cogak, Cingkuk, dan Koka, yang hidup di sekitar masjid. Pada momen menjelang perayaan Lebaran, Danau Masjid Koto Kari juga menjadi tujuan wisata yang ramai, terutama karena adanya festival lomba pacu jalur yang diadakan di danau tersebut.

Baca  Berwisata ke Museum ASI Mbojo : Eks Istana Kesultanan Bima, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat

Lokasi: Desa Koto Kari, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.

 

Hutan Kota Pulau Bungin

 

Ingin menikmati rekreasi yang terjangkau dengan keindahan alam yang memukau? Hutan Kota Pulau Bungin adalah pilihan yang tepat. Hutan seluas 37.313 meter persegi ini dipenuhi dengan pepohonan jati yang rindang dan menjulang tinggi, menciptakan suasana sejuk di sekelilingnya.

Selain itu, terdapat fasilitas lain untuk para pengunjung, seperti kursi, jalur jogging, dan area untuk kegiatan outbond. Tempat wisata Hutan Kota Pulau Bungin cocok bagi mereka yang mencari liburan yang ekonomis, nyaman, dan dilengkapi dengan fasilitas lengkap.

Lokasi: Koto Taluk, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.

 

Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Baling

 

Terletak di kawasan Bukit Rimbang dan Bukit Baling, Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Baling mempersembahkan pengalaman wisata alam dengan berbagai hewan khas Sumatera. Mulai dari Harimau Sumatera, Macah Ahan, Kucing Emas, Beruang Madu, Kancil, hingga Rusa. Semua hewan tersebut hidup di dalam kawasan hutan margasatwa seluas 136 hektar.

Selain melihat dan mempelajari tentang suaka margasatwa ini, pengunjung juga dapat menikmati berbagai fasilitas hiburan lainnya seperti trekking, rafting, bird watching, atau pengamatan harimau. Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Baling menawarkan pengalaman wisata yang menarik dan mendalam.

Lokasi: Aur Kuning, Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.

 

Air Terjun Patison

 

Air Terjun Patisoni terletak di kawasan hutan karet dan sawit, sekitar 22 km dari pusat Kota Teluk Kuantan, di Desa Seberang Cengar, Kuantan Mudik. Akses jalan yang mudah membuat Air Terjun Patisoni menjadi salah satu tujuan wisata yang populer di kalangan banyak orang.

Baca  Deretan rekomendasi tempat wisata terindah yang ada di Kalimantan Barat

Air Terjun Patisoni memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan tiga tingkat. Debit airnya cukup besar dan deras, oleh karena itu para wisatawan diingatkan untuk berhati-hati saat bermain air di lokasi ini.

Lokasi: Seberang Cengar, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.

 

Air Terjun Anak Sungai Kandi

 

Air Terjun Anak Sungai Kandi, yang juga dikenal sebagai Air Terjun Kelelawar, terletak di Desa Kelelawar, Kuantan Mudik. Air Terjun ini terdiri dari dua tingkat dengan tinggi masing-masing sekitar 20 meter dan 3 meter.

Medan yang sulit dijangkau membuat Air Terjun Anak Sungai Kandi ini kurang diminati oleh pengunjung. Namun, bagi mereka yang menyukai olahraga ekstrem, mengunjungi air terjun ini bisa menjadi alternatif petualangan liburan yang menarik.

Lokasi: Sungai Kelelawar, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.

 

Air Terjun Batang Koban

 

Air Terjun Batang Koban menawarkan panorama alam yang menakjubkan. Air terjun ini terdiri dari 7 tingkat dengan ukuran yang berbeda-beda. Meskipun memiliki pemandangan yang indah, Air Terjun Batang Koban jarang dikunjungi oleh wisatawan karena akses jalan yang sulit dan membutuhkan keberanian. Oleh karena itu, air terjun ini tidak cocok untuk wisata keluarga.

Lokasi: Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.

 

Air Terjun Guruh Gemurai

 

Air Terjun Guruh Gemurai sangat terkenal di kalangan penduduk Kuantan Singingi karena aksesnya yang mudah dan dapat dijangkau dengan transportasi umum, memudahkan para wisatawan mencapai lokasi air terjun tersebut. Air Terjun Guruh Gemurai terletak di Desa Kasang, Kuantan Mudik.

Wisata ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk area parkir, kamar mandi, musala, dan panggung terbuka untuk menyelenggarakan acara-acara khusus. Air Terjun Guruh Gemurai memiliki 7 tingkat dengan ketinggian air yang berbeda-beda.

Baca  Destinasi wisata terindah yang ada di Sijunjung, Sumatera Barat

Lokasi: Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.

 

Demikianlah Tempat wisata terindah yang ada di Kuantan Singingi, Riau. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *