Destinasi wisata yang ada di Muara Enim, Sumatera Selatan

Destinasi wisata yang ada di Muara Enim, Sumatera Selatan

Table of Contents

Destinasi wisata yang ada di Muara Enim, Sumatera Selatan – Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah selatan Provinsi Jambi. Provinsi Sumatera Selatan ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Palembang. Provinsi Sumatera Selatan memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Muara Enim. Muara Enim merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan. Ibu kota Kabupaten Muara Enim berada di Kota Muara Enim.  Kabupaten Muara Enim ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Destinasi wisata di Muara Enim.

 

Destinasi wisata yang ada di Muara Enim, Sumatera Selatan

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Muara Enim, Sumatera Selatan. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Destinasi wisata yang ada di Muara Enim, Sumatera Selatan.

 

Air Terjun Bedegung

 

Air Terjun Bedegung adalah salah satu destinasi wisata utama di Muara Enim, terletak di kecamatan Tanjung Agung. Air terjun ini dikenal oleh masyarakat setempat dengan sebutan Curup Tenang Bedegung dan menawarkan pemandangan yang sangat eksotis.

Untuk mencapai lokasi ini, Anda akan membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari desa terdekat, melalui medan yang terjal dan curam. Meskipun begitu, perjuangan Anda akan terbayar ketika Anda melihat panorama pepohonan hijau yang mengelilingi air terjun setinggi 99 meter ini. Selain itu, di sekitar air terjun terdapat banyak spot berendam dengan air yang sangat segar.

Baca  Destinasi wisata yang terdapat di Padang Pariaman, Sumatera Barat

Alamat: Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Air Terjun Bemban

 

Selain Air Terjun Bedegung, Muara Enim juga memiliki Air Terjun Bemban yang terletak di kecamatan Tanjung Agung. Bedanya dengan air terjun sebelumnya, Air Terjun Bemban memiliki karakteristik yang unik dengan adanya undakan bebatuan alami yang menambah keeksotisannya.

Alamat: Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Air Terjun Curup Bali

 

Bagi Anda yang mencari tantangan sedikit ekstrem, Anda harus mencoba mengunjungi Air Terjun Curup Bali. Terletak di Desa Lebak Budi, air terjun ini dapat dicapai melalui medan yang cukup ekstrem, sehingga membutuhkan tenaga ekstra. Namun, rasa lelah Anda akan terbayar ketika Anda melihat keindahan air terjun setinggi 20 meter ini. Debit air yang melimpah serta lingkungan sekitar yang masih alami akan membuat siapa pun yang melihatnya kagum.

Alamat: Kecamatan Panang Enim, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Arung Jeram Sungai Enim

 

Salah satu Destinasi wisata utama di Muara Enim adalah arung jeram Sungai Enim. Meskipun arusnya cukup deras dengan tingkat Grade III, tidak cocok untuk pemula, tetapi Anda masih dapat mencobanya dengan menyewa seorang pemandu. Yang membuat arung jeram Sungai Enim begitu menarik adalah keindahan alamnya yang luar biasa, terutama karena lokasinya yang dekat dengan air terjun Bedegung yang memukau setiap pengunjung.

Alamat: Jl. Air Terjun Bedegung, Padang Bindu, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Bukit Kendi & Danau Cinta

 

Bukit Kendi dan Danau Cinta yang berdekatan sering dikunjungi oleh banyak wisatawan. Hal ini disebabkan oleh keindahan alam yang ditawarkan, sehingga banyak orang yang rela datang dari jauh hanya untuk mengabadikannya dengan foto atau sekadar menikmati pemandangan yang indah. Lokasinya berada di Desa Darmo, Kecamatan Lawang Kidul, dan untuk mencapainya membutuhkan waktu sekitar 45 menit melalui jalan yang curam dan berkelok-kelok.

Baca  Objek wisata paling populer yang terdapat di Malinau, Kalimantan Utara

Alamat: Lawang Kidul, Darmo, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Candi Bumi Ayu

 

Sumatera Selatan memang terkenal dengan peninggalan-peninggalan kerajaan dari zaman dahulu. Tidak mengherankan jika di Muara Enim terdapat Candi Bumi Ayu, sebuah peninggalan sejarah yang berharga.

Di area Candi Bumi Ayu terdapat sebelas candi, beberapa di antaranya memiliki arca, seperti Arca Siwa Mahaguru dan Arca Argastya. Meskipun demikian, untuk menjaga kelestarian peninggalan sejarah agama Hindu ini, pihak yang mengelolanya telah melakukan pemugaran pada empat candi yang ada.

Alamat: Bumi Ayu, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Danau Deduhuk

 

Danau Deduhuk memiliki luas sekitar 12 hektar dengan air yang jernih berwarna biru, serta dikelilingi oleh pepohonan hijau yang lebat. Mengunjungi danau ini sangat cocok bagi Anda yang bingung mencari tujuan liburan. Anda membutuhkan sekitar 4 jam perjalanan dari pusat kota Muara Enim.

Alamat: Segamit, Kecamatan Semendo Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Demikianlah Destinasi wisata yang ada di Muara Enim, Sumatera Selatan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *