Tempat wisata di Ketapang

Tempat wisata paling populer yang terdapat di Ketapang, Kalimantan Barat

Table of Contents

Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi yang terletak di daerah bagian barat Pulau Kalimantan. Provinsi Kalimantan Barat ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Pontianak. Provinsi Kalimantan Barat memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Ketapang. Ketapang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat. Ibu kota Kabupaten Ketapang berada di Kecamatan Delta Pawan. Kabupaten Ketapang ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Tempat wisata di Ketapang.

 

Tempat wisata paling populer yang terdapat di Ketapang, Kalimantan Barat

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Kalimantan dan sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Ketapang, Kalimantan Barat. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Tempat wisata paling populer yang terdapat di Ketapang, Kalimantan Barat.

 

Keraton Kerajaan Matan Tanjungpura

 

Wisata Ketapang terkenal ini terdapat di Jalan. Pangeran Kesuma Jaya, Mulya Kerta, Benua Kayong, Ketapang, Kalimantan Barat. Persisnya ada di pinggir Sungai Pawan yang ialah sungai terbanyak di Ketapang. Dari arah kota memerlukan waktu sekitar 20 menit buat dapat hingga di lokasi wisata ini dengan kecepatan standar.

Keraton Matan berawal dari Kerajaan Tanjung Pura serta bagi sejarah, kerajaan ini ialah yang tertua di Kalimantan. Di dalam wisata ini ada taman yang terdapat kolam ikan. Wisatawan dapat memancing sembari menikmati panorama alam taman yang bagus serta asri. Bila mau mengitari keraton sehingga dapat naik perahu motor dengan carter.

Baca  Rekomendasi wisata pantai terindah di Kalimantan Utara

Lokasi: Desa Mulia Kerta, Kecamatan Benua Kayong, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat.

 

Jembatan Kuning Kyai Mangku Negeri

 

Jembatan ini ialah penghubung antara Kelurahan Mulia Baru, Kecamatan Delta Pawan serta Kelurahan Mulia Kerta Kecamatan Benua Kayong. Di sepanjang jembatan ini Kamu akan disajikan dengan bermacam pemandangan bagus area Benua Kayong. Banyak restoran serta gerai santapan yang menyuguhkan beraneka ragam santapan khas yang lezat serta enak. Kamu bisa memanjakan lidah sampai perut kenyang.

Pada saat sore hari, panorama alam jembatan ini akan nampak lebih bagus serta menawan. Kamu bisa mendokumentasikan dengan difoto ataupun merekam film bersama kawan serta saudara. Kekuasaan warna orange dikala mentari tengah karam membuat bayang- bayang sekitar sungai jadi lebih bagus.

Lokasi: Desa Negeri Baru, Kecamatan Benua Kayong, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat.

 

Masjid Agung Al- Ikhlas

 

Tempat wisata ini masih terkategori baru. Dengan style arsitektur yang menjajaki versi Negri Bagdad ini terkini ditetapkan dalam 25 Mei 2017. Walaupun mengutip style dari Timur Tengah tetapi garis adat Melayu konsisten tidak lenyap dari masjid ini. Kombinasi 2 adat yang masuk jadi suatu masjid mewah ini jadi banyak didatangi para turis yang singgah ke Ketapang. Tidak cuma orang Kalimantan saja yang penasaran dengan masjid ini, banyak turis dari luar pulau pula yang bertamu buat memandang keelokan masjid ini.

Lokasi: Desa Tengah, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat.

 

Air terjun Batu Arang

 

Karakteristik air terjun 7 tingkatan ini bisa Kamu nikmati di Dusun Tankup Belantak, Desa Mengembang Penting, Kecamatan Kendawangan. Sesungguhnya, lokasi wisata ini gampang buat ditempuh dengan motor ataupun mobil. Cuma saja, pada saat masa hujan jalur yang dilewati akan berlumpur serta cacat alhasil buat hingga ke lokasi memerlukan peperangan yang lumayan besar.

Baca  Deretan rekomendasi wisata pantai yang ada di Kalimantan Selatan

Air terjun ini mempunyai air yang bening serta jernih alhasil dapat diminum langsung tanpa dimasak terlebih dulu. Banyak wisatawan yang meyakini kalau air terjun ini bisa dipakai buat pengobatan kesehatan. Air serta area yang asri jadi faktor penting lahirnya keyakinan ini.

Lokasi: Desa Mekar Utama, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat.

 

Pantai Tanjung Bawang

 

Pesona keelokan Pantai Tanjung Bawang pantas dijadikan tempat wisata opsi. Alasannya, lokasi ini mempunyai sejuta keelokan yang luar biasa. Tidak cuma itu, bermacam sarana yang terdapat di pantai ini pula diadakan dengan cara free. Tidak bingung bila lokasi wisata ini tidak sempat hening wisatawan.

Lokasi wisata ini terdapat di Tanjung Bawang Ambang Kandang Kerbau. Jarak tempuh ke lokasi ini cuma sekitar 20 menit saja dari arah kota. Selama ekspedisi Kamu akan disajikan bermacam pemandangan Ketapang yang amat bagus.

Lokasi: Desa Suka Bangun Dalam, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat.

 

Hutan Kota Teluk Akar Bergantung

 

Hutan kota dengan julukan Teluk Akar Bergantung ini ditetapkan dalam tahun 2004. Wisata ini mempunyai besar sekitar 106 hektar yang dipadati dengan berbagai macam flora serta fauna yang amat beraneka ragam. Tidak bingung bila lokasi ini jadi salah satu rute evakuasi burung dari bermacam bagian bumi. Ucap saja cikrak poros, burung ini mempunyai skala 12 centimeter yang beranak bercucu di Arctic. Dalam masa dingin umumnya binatang ini pindah ke negeri tropis buat bertumbuh biak.

Tipe tumbuhan yang dapat Kamu jumpai di Teluk Akar Bergantung ini antara lain medang, waru, pisang- pisangan, kopi hutan, rengas, bungur, serta bermacam anggrek hutan. Bila Kamu berjalan serta memandang alam dengan sepi sehingga buram akan terdengar suara beruk, kucing hutan serta bermacam suara fauna lain yang amat sangat jarang ditemukan.

Baca  Keseruan berwisata di Taman Kupu-kupu Tabanan, Bali

Lokasi: Desa Sukaharja, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat.

 

Demikianlah Tempat wisata paling populer yang terdapat di Ketapang, Kalimantan Barat. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *