destinasi wisata di Kotawaringin Barat

Destinasi wisata paling populer di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah

Table of Contents

Kalimantan Tengah merupakan salah satu provinsi yang terletak di daerah bagian tengah membujur ke bagian selatan Pulau Kalimantan. Provinsi Kalimantan Tengah ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Palangkaraya. Provinsi Kalimantan Tengah memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Kotawaringin Barat. Kotawaringin Barat merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah. Ibu kota Kabupaten Kotawaringin Barat berada di Pangkalan Bun. Kabupaten Kotawaringin Barat ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Destinasi wisata di Kotawaringin Barat.

 

Destinasi wisata paling populer di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Kalimantan dan sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Destinasi wisata paling populer di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

 

Pantai Kubu

 

Panorama alam pantai ini pula tidak jauh berbeda dengan bermacam pantai yang terdapat di kalimantan. Cuma saja di pantai ini banyak batu karang yang amat cocok buat difoto. Lokasinya yang sekitar dengan para nelayan membuat bermacam kuliner laut amat beraneka ragam. Tidak cuma ikan, bermacam seafood lain semacam udang, cumi serta kerang pula amat enak serta nikmat sebab mereka mengolahnya dengan cara yang higienis serta bersih. Bahan utama yang dipakai pula masih fresh serta segar.

Baca  Objek wisata terindah yang ada di Wajo, Sulawesi Selatan

Bila Kamu akan ke Pantai Kubu silakan saja datang ke Desa Kubu memakai alat transportasi umum ataupun pribadi. Lokasinya yang gampang dijangkau membuat wisata ini tidak pernah sepi wisatawan. Terutama pada saat akhir pekan.

Lokasi: Desa Kubu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Bundaran Pancasila

 

Monumen bersejarah ini akan lebih bagus bila diamati pada saat malam hari. Alasannya, lokasi yang ada alun- alun ini akan lebih banyak pada malam hari. Tidak cuma dapat menikmati monumen yang diatasnya terdapat Garuda Pancasila, tetapi bermacam sarana yang lain pula ikut memberi warna malam di lokasi ini. Bermacam sarana itu antara lain kereta mini, odong- odong, taman kota serta bermacam sarana buat fitnes.

Destinasi wisata populer yang dibentuk oleh pemerintah ini diberikan secara gratis untuk siapa saja yang mau istirahat serta main. Bayaran yang dikenakan cuma buat parkir motor serta mobil yang masing- masing senilai Rp. 2000,- untuk sepeda motor serta Rp. 5. 000,- untuk mobil.

Lokasi: Jalan Iskandar, Desa Madurejo, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Istana Kuning

 

Destinasi wisata yang disebut dengan istana kuning ini tidak memancarkan warna kuning sama sekali yang lumayan mencolok. Hanya saja, konon dulunya istana ini mempunyai suatu ruang yang disebut Dalam Kuning. Menurut sejarah, dalam era pemerintahan kesultanan Kutaringin, bahan kayu yang dipakai untuk membuat istana memanglah berwarna ini. Nyaris keseluruhan istana berwarna kuning alhasil istana itu dikenal Istana Kuning.

Masuk ke lokasi wisata ini, Kamu akan disajikan berbagai macam peninggalan kesultanan Kutaringin yang amat bersejarah. Bermacam meriam, guci, tombak buat berburu serta keris ikut memberi warna istana ini. Tidak lupa terdapat 14 lukisan sultan yang sempat memerintah kesultanan Kutaringin pada era dahulu.

Baca  Objek wisata yang terdapat di Berau, Kalimantan Timur

Lokasi: Desa Raja, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Sungai Arut

 

Sungai ini mempunyai panjang serta luas yang cukup luar biasa. Cuma dengan uang senilai Rp. 50. 000,- saja Kamu bisa menyewa sebuah getek yang dapat Kamu manfaatkan buat menikmati sungai bersama keluarga. Getek ini merupakan perahu mesin yang dapat memuat 3- 6 orang dengan kecepatan yang dapat diatur seperti motor. Bila Kamu belum dapat memakai maka akan terdapat pengemudi yang dapat mengantar berkelana.

Tidak cuma melintas serta menikmati berbagai keelokan di Sungai Arut ini Kamu pula menikmati bermacam kuliner khas yang terdapat di pinggir sungai. Santapan yang jadi andalan di sekitar sungai ini ialah sayur asam kepala ikan dengan sambal lucung. Biasanya, santapan ini ada di berbagai rumah makan apung yang terdapat di sekitar sungai.

Lokasi: Desa Mendawai, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Air terjun Suayap

 

Destinasi wisata ini ada di dalam perusahaan pengelola kelapa sawit. Buat bisa masuk ke destinasi wisata ini Kamu wajib meminta izin terlebih dulu pada petugas. Setelah itu Kamu akan diberikan kartu pengunjung alhasil dapat leluasa masuk ke lokasi wisata. Air terjun ini amat bagus serta menawan alhasil akan senang ada lama di situ. Air terjun yang adem serta udara yang bersih membuat suasana libur Kamu kian mengasyikkan.

Sarana yang terdapat di Air terjun Suayap ini amat lengkap. Terdapat toilet yang bersih serta terawat, terdapat ruang ganti pakaian serta mushola yang terdapat di tepi air terjun. Dengan liburan bersama keluarga ke lokasi ini Kamu bisa menaikkan semangat bila kembali bertugas nantinya.

Baca  Tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Tolikara, Papua Pegunungan

Lokasi: Desa Runtu, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Demikianlah Destinasi wisata paling populer di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *