Destinasi wisata di Tanah Bumbu

Destinasi wisata yang terdapat di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan

Table of Contents

Kalimantan Selatan merupakan salah satu provinsi yang terletak di daerah bagian Selatan Pulau Kalimantan. Provinsi Kalimantan Selatan ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Banjarbaru. Provinsi Kalimantan Selatan memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Tanah Bumbu. Tanah Bumbu merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan. Ibu kota Kabupaten Tanah Bumbu berada di Kecamatan Batulicin Kota. Kabupaten Tanah Bumbu ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Destinasi wisata di Tanah Bumbu.

 

Destinasi wisata yang terdapat di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Kalimantan dan sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Destinasi wisata yang terdapat di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

 

Pantai Rindu Alam

 

Untuk warga luas bisa jadi julukan pantai rindu alam masih terasa asing, tetapi buat warga Kalimantan selatan julukan ini telah amat sering di dengar. Pantai rindu alam dapat di tempuh dengan durasi 25 menit dari tanah bambu. Pemandangan alam pantai pasir putih amat memesona. Tetapi buat hingga ke tempat ini kalian wajib berjaga- jaga dikala melewati jembatan gantung.

Wujud Pantai Rindu alam sekilas menyamai suatu pulau sebab lokasinya dipisahkan suatu antara kecil yang menjurus ke luar. Janganlah lupa membawa karpet kecil ataupun karpet buat bersandar bebas di pinggir pantai.

Baca  Deretan rekomendasi wisata air terjun yang ada di Kalimantan Selatan

Lokasi: Desa Betung, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Pantai Pagatan

 

Tanah bambu memanglah dominan dengan pantai serta wisata alam. Salah satu destinasi wisata terbaik yang terdapat yakni pantai pagatan, eksotisme panorama alam petang dapat kalian lihat dari pantai pagatan, bagian pantai memanglah tidak begitu rindang dengan tumbuhan kelapa. Cuma terdapat sebagian tumbuhan saja di sepanjang garis pantai. Sesuai banget buat dijadikan gambar instagram. Deburan ombak disini hening, cocok buat dijadikan tempat refreshing.

Panduan berarti, datanglah dalam pertengahan bulan april, sebab pada saat itu terdapat ritual acara laut ataupun maccera tasi buat mengucap terima kasih atas seluruh hasil laut yang banyak serta berharap proteksi buat nelayan setempat.

Lokasi: Desa Sei Lembu, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Pantai Angsana

 

Nah masih dengan suasana pantai, pantai ini dapat dikatakan pantai primadona di Tanah Bumbu. Julukan pantai ini telah popular serta kerap dijadikan destinasi wisata awal untuk turis luar wilayah. Pantai ini sediakan sarana game air semacam banana boat da jet ski. Pemandangannya yang masih asri membuat pantai ini sesuai dijadikan wisata keluarga, pantai ini pula masih pada langkah pengembangan penguasa setempat, telah banyak sarana semacam hotel serta hotel- hotel kecil yang diadakan. Jadi jika kalian serta sekeluarga mau menginap di pantai angsana tidak butuh khawatir berburu hotel yang sesuai sebab telah banyak pilihannya.

Disini wisatawan pula dapat mencoba sarana snorkeling serta memandang keelokan terumbu karang yang terdapat tidak jauh dari bebas pantai.

Lokasi: Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.

Baca  Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Kalimantan Timur

 

Air terjun Mandin Damar

 

Mau mencoba suasana luar pantai, coba deh ke wisata alam air terjun mandin damar. Sebab wisata air terjun ini jauh dari pusat kota batu licin sekitar 70km, kalian wajib mempersiapkan situasi alat transportasi yang prima serta bekal mengkonsumsi yang lumayan, janganlah lupa situasi kesehatan wajib prima serta sedia 100 Persen. Air terjun ini mengaliri sungai–sungai, jatuh membanting dari ketinggian. Air terjun ini mempunyai besar sekitar 10 m dengan luas antara 15- 18 m.

Air terjun ini kerap diucap kayangan tersembunyi di balik hutan Kalimantan selatan, tergambar kan natural serta menyegarkannya air terjun mandin damar komplit dengan pesona flora serta fauna yang menemukan pesona alam tertentu.

Lokasi: Desa Emil Baru, Kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Pantai Sungai Cuka

 

Tidak hanya di pantai angsana, kalian pula dapat snorkeling angkuh di pantai sungai asam. Pantai ini terdapat di desa sungai asam, kecamatan satui. Berjarak kurang lebih 100 kilometer dari pusat kota Tanah Bumbu, membuat pantai ini banyak didatangi turis domestic ataupun mancanegara. Buat memandang terumbu karang ini, turis dapat memakai perahu kilat dengan waktu tempuh 15 menit dari bibir pantai.

Bila kalian beruntung, kalian dapat melihat terumbu karang yang nampak dikala air laut lagi mundur, seakan terumbu karang itu berputar menyapa turis yang tiba.

Lokasi: Desa Sungai Asam, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Goa Liang Bangkai

 

Jenuh dengan suasana pantai, kalian dapat melipir sejenak ke goa lubang buntang yang terdapat di kecamatan mentewe. Kalian dapat menempuhnya dengan waktu tempuh 1, 5 jam dari batu licin. Karakteristik dari goa ini merupakan terdapatnya sebagian karakteristik sebab di dalamnya pula ada banyak goa semacam goa candi, goa jamur, goa ukir, goa utama, serta masih banyak lagi sehingga dari itu goa ini pula diucap goa peradaban prasejarah. Banyak kehidupan kelelawar yang berkandang pada goa penting. Akses jalur mengarah tempat ini sebagian besar telah baik.

Baca  Destinasi wisata yang terdapat di Padang Lawas Utara, Sumatera Utara

Tahun 2014 arkeolog Kalimantan selatan alumnus Universitas Gajah Mada menemukan kerangka orang di goa itu, tetapi sayangnya meski luang dibawa ke selandia baru buat riset, kerangka itu tidak sukses ditemukan usianya.

Lokasi: Desa Rejo, Kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Demikianlah Destinasi wisata yang terdapat di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *