tempat wisata di Bangka Tengah

Tempat wisata paling populer yang terdapat di Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung

Table of Contents

Kepulauan Bangka Belitung merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah timur Pulau Sumatera dan berdekatan dengan Sumatera Selatan. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Pangkal Pinang. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Bangka Tengah. Bangka Tengah merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ibu kota Kabupaten Bangka Tengah berada di Kecamatan Koba. Kabupaten Bangka Tengah ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Tempat wisata di Bangka Tengah.

 

Tempat wisata paling populer yang terdapat di Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Bangka dan Belitung serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Tempat wisata paling populer yang terdapat di Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung.

 

Pantai Tanjung Berikat

 

Nah, bila berbicara soal pantai sangat populer di Bangka Tengah, jawabannya tentu Pantai Tanjung Berikat. Pantai yang satu ini terletak di Desa Batu Beriga. Karakteristik yang dipunyai oleh pantai yang satu ini adalah gundukan batu granit yang kuat berdiri menawan di pinggir pantai. Alhasil pesonanya alamnya semakin meningkat.

Pantai Tanjung Berikat pula populer dengan beberan pasir putihnya yang bersih dengan keelokan serta pesona alamnya yang membuat banyak mata kagum. Oleh karena itu lokasi ini kerap kali didatangi oleh para wisatawan serta jadi salah satu tempat wisata yang wajib buat didatangi bila pergi ke Bangka Tengah.

Baca  Destinasi wisata yang ada di Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung

Lokasi: Desa Batu Beriga, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Kulong Biru

 

Tempat wisata yang lain yakni Kulong Biru. Tempat wisata yang satu ini terwujud berkat terdapatnya sisa galian tambang. Tempat wisata yang satu ini terdapat di Desa Nibung, Kecamatan Koba, Bangka Tengah. Walaupun akses mengarah Kulong Biru ini tidak sangat gampang buat dikunjungi sebab lokasinya yang lumayan tersembunyi, akan tetapi tempat yang satu ini pula harus sekali buat didatangi.

Belum terdapat petunjuk arah mengarah Kulong Biru ini sebab memanglah tempat ini belum dikelola selaku tempat wisata buat umum. Akan tetapi banyak orang yang penasaran dengan pesona alamnya. Diberi julukan Kulong Biru sebab tempat yang satu ini mempunyai air yang bercorak biru terang. Tidak hanya itu, gundukan tanah putih semu abu- abu yang mengitari danau ini semakin mempercantiknya.

Lokasi: Jalan Raya Desa, Desa Nibung, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Gurun Pelawan

 

Gurun Pelawan pula ialah tempat wisata yang pula terwujud dari sisa pertambangan timah yang tidak lagi dipakai. Tempat wisata yang satu ini terdapat di Kecamatan Namang, Bangka Tengah.

Bersamaan dengan berjalannya waktu, Gurun Pelawan juga berubah jadi salah satu tempat wisata yang bagus dengan beberan pasir kemerahan dan gundukan tanah liar yang telah mengeras membuat bukit juga buatnya nampak semacam gurun.

Walaupun terhitung baru, akan tetapi Padang pasir Pelawan ini ialah tempat wisata yang wajib buat didatangi. Alasannya Kamu dapat merasakan sensasi padang pasir di tempat yang satu ini serta tidak dapat dirasakan di tempat lain.

Lokasi: Desa Namang, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Baca  Destinasi wisata paling populer yang terdapat di Bangka, Kepulauan Bangka Belitung

 

Pulau Gusung Asam

 

Tidak sedemikian itu jauh dari Pulau Ketawai, pulau yang satu ini pula harus buat didatangi. Namanya adalah Pulang Gusung Asam yang berada di sisi timur laut Pulau Ketawai. Nama itu didapat karena pulau yang satu ini ada gusung ataupun kelompok pulau yang timbul dampak terdapatnya sedimentasi dikala air laut lagi surut. Bila berbicara soal panorama alamnya, pulau yang satu ini akan membuat Kamu merasa kagum dengan pemandangan laut serta air laut yang bercorak biru bersih.

Tidak hanya itu, pasirnya yang bercorak putih eksentrik semakin menambah kecantikan gugusan pulau yang satu ini. sampai saat ini Pulau Gusung Asam ini konsisten jadi target banyak orang yang bertamu ke Bangka Tengah.

Lokasi: Desa Kurau, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Pulau Ketawai

 

Pulau Ketawai ialah salah satu pulau yang tidak boleh terlewatkan. Alasannya di sini Kamu dapat melaksanakan banyak aktivitas yang mengasyikkan. Kamu dapat melepas penyu ke laut, main voli pantai di sekitar pesisir, ataupun mungkin cuma mau menikmati atmosfer pantai yang mempunyai pesona yang amat bagus. Pulau Ketawai sendiri populer dengan ombaknya yang berkawan. Alhasil Kamu dapat berenang di pantai serta menghabiskan waktu dengan leluasa di pantai yang masih terpelihara kebersihannya ini.

Aktivitas yang sangat di gemari oleh para wisatawan di Pulau Ketawai ini yakni kegiatan pelepasan penyu ke laut. Sebab di pulau ini terdapat pembiakan penyu alhasil aktivitas yang satu ini amat disukai serta ditunggu- tunggu. Melepas penyu ke laut ini pula membantu kelestarian penyu supaya jumlahnya konsisten normal di alam liar.

Baca  Rekomendasi Objek wisata terindah di Sulawesi Utara

Lokasi: Desa Kurau, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Pulau Pelepas

 

Pulau Pelapas ialah salah satu pulau menawan yang ada di Bangka Tengah. Pulau yang satu ini menawarkan keelokan pantai yang amat asri serta pula bersih. Ditambah lagi dengan mercusuar yang terdapat di ujung pulau yang satu ini semakin buatnya bertambah menawan.

Pulau Pelapas memanglah tidak pernah mengecewakan para pengunjungnya berkat panorama alam serta atmosfer yang menawan di sekitarnya.

Lokasi: Desa Pulau Pelepas, Kecamatan Sungai Selan, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Air terjun Sadap

 

Bangka Tengah pula mempunyai air terjun yang wajib buat di datangi. Namanya yakni Air terjun Sadap yang berada di Desa Perlang. Walaupun air terjun yang satu ini tidak sangat tinggi, tetapi keelokan serta pesona alam di sekitar lokasi air terjun ini tentu akan membuat siapa saja merasa hening serta fresh.

Lokasinya yang ada di pelosok juga membuat destinasi yang satu ini akan membagikan Kamu cerita yang berkesan.

Lokasi: Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Demikianlah Tempat wisata paling populer yang terdapat di Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *