tempat wisata di Bangka Barat

Tempat wisata yang terdapat di Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung

Table of Contents

Kepulauan Bangka Belitung merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah timur Pulau Sumatera dan berdekatan dengan Sumatera Selatan. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Pangkal Pinang. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Bangka Barat. Bangka Barat merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ibu kota Kabupaten Bangka Barat berada di Kecamatan Muntok. Kabupaten Bangka Barat ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Tempat wisata di Bangka Barat.

 

Tempat wisata yang terdapat di Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Bangka dan Belitung serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Tempat wisata yang terdapat di Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung.

 

Pesanggrahan Menumbing

 

Tempat wisata satu ini amat wajib buat didatangi kala Kamu liburan ke Bangka sebab terdapat banyak nilai sejarah tercantum di dalamnya. Seperti yang telah dituturkan lebih dahulu, Bangka Barat jadi tempat pengasingan serta di Pesanggrahan manumbing ini tempatnya. Para pahlawan kemerdekaan Indonesia seperti Soekarno, Moh. Hatta, H. Agus Salim serta beberapa pahlawan kemerdekaan lain diasingkan di sini.

Kamu nanti dapat memandang dengan nyata di tiap sudut ruangan bangunan yang telah ada semenjak tahun 1928. Terdapat ruang tamu, terdapat aula yang digunakan buat jadi tempat memenjarakan tokoh bangsa, terdapat kamar Bung Karno, terdapat mobil Ford Deluxe dengan plat BN 10 yang kerap dipakai Moh. Hatta dulu.

Baca  Tempat Wisata Yogyakarta yang Instragrammable Banget

Lokasi: Desa Tanjung, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Pantai Tanjung Kalian

 

Buat dapat datang ke Pantai Tanjung Kalian, Kamu wajib menempuh perjalanan 9 kilometer dari pusatnya kota Muntok. Pantai ini jadi pantai kesukaan warga sekitar sebab disini wisatawan tidak cuma dapat menikmati indahnya pantai berpasir kuarsa tetapi pula situs bersejarah yang merupakan aset di masa lampau.

Lokasi: Desa Tanjung, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Pantai Tanjung Ular

 

Di Bangka Barat pula terdapat yang namanya Pantai Tanjung Ular. Pantai ini mempunyai keelokan berupa barisan tumbuhan kelapa yang membatasi pasir yang terhampar bercorak putih kekuningan. Lautnya juga pula hening alhasil menghasilkan Pantai Tanjung Ular kian mempesona. Pantai ini sendiri secara geografis terdapat di area Kecamatan Muntok.

Buat Kamu yang senang diving serta pula snorkeling pastinya akan terlampiaskan nanti dikala liburan ke pantai ini. Kamu akan memandang terumbu karang yang betul- betul masih terpelihara serta tipe biota laut serta ikan yang membuat pantai ini semakin wajib untuk dijelajahi.

Lokasi: Desa Air Putih, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Pantai Batu Rakit

 

Pantai Batu Rakit memiliki keelokan pantai yang begitu mempesona. Lokasinya juga amat strategis sebab cuma berjarak 6 kilometer dari pusatnya Muntok. Fasilitas yang diberikan di pantai ini pun juga lengkap alhasil menjadikan Pantai Batu Rakit selaku Tempat wisata yang sangat wajib buat didatangi kala liburan ke Bangka Barat.

Kamu akan menemukan taman main buat kanak- kanak, terdapat gazebo buat istirahat, lapangan buat main volley pantai, terdapat pula lapangan gasing, futsal, toilet umum, kamar mandi, Amphi Theatre, penginapan dan gerai yang menjajakan bermacam tipe santapan serta minuman.

Baca  Destinasi wisata yang ada di Sungai Penuh, Jambi

Lokasi: Desa Tanjung, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Aek Ketok

 

Aak Ketok ialah Tempat wisata yang masih baru di Bangka Barat. Objek ini terdapat di Kecamatan Muntok. Banyak orang yang datang buat melancong di tempat ini sebab mau memandang danaunya yang bagus yang merupakan sisa galian timah.

Terdapat banyak spot gambar yang instagramable dibangun di sudut- sudut danau. Airnya yang biru tentu membuat panorama alam di danau ini nampak begitu eksentrik dan tanah berwarna coklat mengelilinginya.

Lokasi: Desa Manjelang, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Bukit Pala

 

Bukit Pala merupakan Tempat wisata yang ada di puncak bukit serta ada di area Desa Teluk Limau. Bukit Pala menawarkan keelokan panorama alam yang dapat diamati dari ketinggian serta latar belakangnya juga pantai serta laut lepas.

Wisata ini pula semakin menarik sebab banyak spot gambar menarik misalnya spot foto yang wujudnya semacam sarang burung berdimensi besar, terdapat pula gardu pandang yang berbentuk seperti perahu serta masih banyak lagi yang lain.

Lokasi: Desa Teluk Limau, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Batu Belah

 

Batu Belah merupakan salah satu keajaiban alam yang ada di Manumbing, Kecamatan Muntok. Tempat wisata ini berbentuk batu besar bertumpuk jadi satu serta atasnya nampak semacam buritan kapal. Terdapat pula alur yang serupa dengan polka ataupun tempat mengikat terpal yang menjadikan batu ini jadi semakin menarik serta istimewa.

Batu Belah ataupun Batu Balai ini memiliki karakteristik tertentu jadi tidak heran bila tempat ini kerap jadi tempat berliburnya para wisatawan lokal ataupun luar. Kamu dapat berangkat ke tempat ini dengan memakai mobil atau motor sebab akses jalannya amat gampang dijangkau.

Baca  Objek wisata yang terdapat di Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara

Lokasi: Desa Kundi, Kecamatan Simpangteritip, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Pantai Siangau

 

Serta yang terakhir adalah Pantai Siangau. Pantai ini masuk ke dalam daftar Tempat wisata yang wajib buat Kamu datangi di Bangka Barat sebab panoramanya yang begitu menarik. Pantai ini terdapat di Desa Teluk Limau. Tidak cuma jadi tempat wisata, tetapi tempat ini pula jadi tempat untuk para nelayan buat bersandar dikala berburu ikan. Banyak wisatawan yang berangkat kesini tidak cuma karena mau menikmati keelokan pemandangan pantainya yang mempunyai batu granit berbagai wujud tetapi terdapat pula sebab mau memborong ikan langsung dari nelayan.

Sayangnya, walaupun mempunyai pemandangan yang begitu bagus, masih banyak yang belum mengenali pantai bagus satu ini. Sebab airnya masih bening serta pasirnya pun juga putih yang jadi indikator bila pantai ini masih belum terjamah dunia luar.

Lokasi: Desa Teluk Limau, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Demikianlah Tempat wisata yang terdapat di Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *