Deretan rekomendasi wisata pantai yang ada di Sumatera Barat

Deretan rekomendasi wisata pantai yang ada di Sumatera Barat

Table of Contents

Deretan rekomendasi wisata pantai yang ada di Sumatera Barat – Jika membahas tentang keindahan pantai di Indonesia, rasanya tak akan pernah berakhir. Provinsi Sumatera Barat telah lama dikenal sebagai salah satu wilayah yang kaya akan budaya, alam, dan kuliner yang melimpah serta lengkap. Tidak mengherankan bahwa banyak wisatawan yang memilih untuk mengunjungi ranah Minang tersebut.

 

Deretan rekomendasi wisata pantai yang ada di Sumatera Barat

 

Salah satu daya tarik utama yang dicari oleh para pelancong adalah wisata pantai. Sumatera Barat memiliki sejumlah pantai yang indah, dengan pemandangan langsung menghadap ke Samudera Hindia, yang pastinya menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Deretan rekomendasi wisata pantai yang ada di Sumatera Barat.

 

Pantai Padang

 

Pantai yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Padang yang terletak di pusat kota Padang. Akses ke pantai ini sangat mudah karena berada di tengah kota. Wisata bahari ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan pantai-pantai lainnya, karena telah mengalami pembangunan yang lebih modern.

Di Pantai Padang, Anda dapat menemukan berbagai fasilitas yang memadai, mulai dari pusat kuliner hingga area bermain anak. Selain fasilitas yang lengkap, panorama di sekitar pantai juga layak untuk dikagumi. Perbukitan hijau yang dikenal sebagai Gunung Padang mengelilingi area pantai, menciptakan suasana yang sejuk dan menyegarkan.

Alamat: Purus, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

 

Pantai Kata Pariaman

 

Pantai Kata merupakan kebanggaan orang Pariaman, dengan nama yang diambil dari dua daerah di kota Pariaman, yaitu Desa Karan Aur dan Desa Taluak. “Ka” berasal dari Karan Aur dan “Ta” berasal dari Taluak. Pantai Kata telah menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi para wisatawan yang berkunjung.

Baca  Deretan rekomendasi wisata danau yang ada di Riau

Bagi para pencari spot foto yang Instagramable, Pantai Kata sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Di pantai ini, Anda akan menemukan banyak spot foto estetik yang dapat diabadikan dalam potret indah. Selain itu, Pantai Kata juga memiliki hutan pinus hijau yang rindang, menciptakan suasana sekitar yang sejuk.

Pantai Kata Pariaman juga merupakan salah satu tempat yang populer untuk menikmati matahari terbenam. Keindahan senja yang memancar di laut dan pemandangan kapal-kapal nelayan menjauh dari pantai menciptakan pemandangan eksotis yang sayang untuk dilewatkan.

Alamat: Taluk, Karan Aur, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

 

Pantai Nirwana

 

Pantai Nirwana adalah destinasi wisata yang sangat cocok bagi para penggemar fotografi. Di sini, Anda akan menemukan pemandangan senja yang menjadi salah satu spot terbaik dan favorit untuk mengabadikan foto-foto keren di daerah Padang. Pantai Nirwana memiliki karakteristik ombak yang tenang, sehingga cocok untuk bermain air dengan bebas.

Keindahan pantai ini tidak hanya terletak pada pasir putih yang halus dan lembut, tetapi juga pada deretan kapal yang tertata rapi di Pelabuhan Teluk Bayur yang terlihat dari Pantai Nirwana. Anda dapat menikmati suasana yang tenang sambil melihat kapal-kapal tersebut datang dan pergi dari pelabuhan.

Alamat: Jl. Raya Padang-Painan, Teluk Bayur, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

 

Pantai Cermin

 

Pantai Cermin adalah salah satu destinasi wisata bahari yang wajib dikunjungi di Pariaman, Sumatera Barat. Pantai ini hanya berjarak sekitar 1,5 kilometer dari pusat kota Pariaman, tepatnya di Desa Karan Aur. Dari pusat kota, Anda hanya perlu berkendara selama 15 hingga 20 menit untuk mencapai pantai ini.

Baca  Objek wisata yang terdapat di Kampar, Riau

Saat tiba di pantai, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah. Pantai ini memiliki dataran landai yang dikelilingi oleh pohon kelapa dan pohon pinus yang rindang. Pemandangan alam ini sangat menarik dan bisa dinikmati dengan sepenuh hati. Sejauh mata memandang, kehijauan yang terbentang dijamin akan menyegarkan mata Anda.

Di Pantai Cermin, Anda dapat duduk di tepi pantai sambil menikmati pemandangan luas dan indahnya laut. Anda juga dapat bermain air dan berenang karena ombak di pantai ini cenderung tenang dan tidak terlalu besar. Namun, tetap perlu berhati-hati dan waspada saat berenang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Alamat: Karan Aur, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

 

Pantai Ketapiang

 

Pantai Ketapiang, juga dikenal dengan sebutan Pantai Katapiang, adalah destinasi terakhir yang tidak boleh dilewatkan ketika berada di Sumatera Barat. Pantai ini berlokasi tidak jauh dari Bandara Internasional Minangkabau, hanya sekitar 9 kilometer saja. Namun, jika dilihat dari pusat kota Pariaman, pantai ini memang terletak agak lebih jauh dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya.

Pantai Ketapiang mirip dengan Pantai Cermin, di mana pantai ini dikelilingi oleh pepohonan yang tumbuh subur. Beberapa area juga ditanami rumput yang terawat dengan baik, menciptakan suasana yang sejuk dan menyegarkan. Angin pantai yang berhembus lembut membuat pepohonan di pantai ini bergoyang indah.

Dengan suasana yang tenang, Pantai Ketapiang banyak dikunjungi pada akhir pekan atau saat musim liburan. Di pantai ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas pantai yang seru, seperti bermain layang-layang. Angin yang cukup kencang di area pantai menambah keseruan dalam bermain layang-layang.

Alamat: Katapiang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

Baca  Objek wisata terindah yang ada di Sarolangun, Jambi

 

Demikianlah Deretan rekomendasi wisata pantai yang ada di Sumatera Barat. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *