tempat wisata di buton

Tempat wisata paling populer di Buton, Sulawesi Tenggara

Table of Contents

Sulawesi Tenggara merupakan salah satu provinsi yang terletak di daerah bagian tenggara Pulau Sulawesi. Dulunya Provinsi Sulawesi Tenggara merupakan salah satu Kabupaten dari Provinsi Sulawesi Selatan dan Tenggara (Sulselra) dengan Kecamatan Bau-Bau sebagai ibukota kabupatennya. Provinsi Sulawesi Tenggara ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kendari. Provinsi Sulawesi Tenggara memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Buton. Buton merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara. Ibukota Kabupaten Buton berada di Kecamatan Pasarwajo. Kabupaten Buton ini terkenal sebagai penghasil aspal terbesar di Indonesia. Selain itu, Kabupaten Buton ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Tempat wisata di Buton.

 

Tempat wisata paling populer di Buton, Sulawesi Tenggara

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sulawesi dan sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Buton. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Tempat wisata paling populer di Buton, Sulawesi Tenggara.

 

Pantai Swis

Pantai Swis

Bila Kamu ada di kota Pasar Wajo, janganlah lewati peluang buat tiba ke Pantai Swis yang ada di pusat kota. Pantai Swis mempunyai pemandangan yang amat bagus sebab lokasinya yang tersembunyi di balik batu karang besar. Apalagi buat dapat main air di pinggir Pantai, kamu wajib menuruni anak tangga dari suatu tebing setinggi 15 m.

Baca  Tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Tolikara, Papua Pegunungan

Ekspedisi menuruni anak tangga lumayan menantang, sampai kesimpulannya kamu dapat main di zona Pantai kecil yang diapit suatu batu besar. Di atas batu besar ada gardu penglihatan berbentuk pondok kecil, yang jadi spot terbaik buat memandang sunset di petang hari.

Lokasi: Jalan Protokol, Desa Saragi, Kecamatan Pasar Wajo, Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara.

 

Pantai Marbel

Pantai Marbel

Pantai Marbel mempunyai pasir putih yang bagus walaupun bibir pantainya amat kecil. Sebagian area Pantai pula masih tertutup batu karang serta vegetasi buas, membuat Pantai Marbel masih nampak natural serta apa terdapatnya. Walaupun begitu, air yang bersih serta bening sukses menarik atensi turis alhasil banyak dari mereka yang mampir serta main air di pinggir Pantai.

Energi raih lain dari Pantai Marbel merupakan kelompok tumbuhan kelapa yang menjulang besar, pas di bibir Pantai. Suasana di Pantai Marbel juga terasa adem, paling utama di petang hari dikala mentari telah kehilangan energi panasnya.

Lokasi: Desa Dongkala, Kecamatan Pasar Wajo, Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara.

 

Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies mungkin jadi alternatif tempat wisata di Buton yang lebih ramah buat didatangi. Walaupun oleh masyarakat lokal pula disebut selaku Gunung Teletubbies, faktanya Bukit bagus ini tidak sangat besar serta mempunyai selangkah yang kerap dipakai selaku rute hiking.

Dari atas Bukit Teletubbies kamu dapat memandang hamparan padang rumput hijau yang mengelilingi kota Pasar Wajo. Berkah performa padang rumputnya yang eksentrik, Bukit Teletubbies pula jadi spot gambar prewedding untuk warga Buton.

Lokasi: Wangu-Angu, Kecamatan Pasar Wajo, Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara.

 

Benteng Lipuogena Takimpo

Benteng Lipuogena Takimpo

Satu lagi spot wisata tersembunyi yang memforsir turis buat hiking sepanjang 15 menit berjalan kaki. Benteng Lipuogena Takimpo merupakan aset asal usul yang masih terpelihara dengan bagus. Walaupun wujudnya telah tidak utuh lagi, tetapi tembok batu ini masih kuat seperti pada saat awal kali dibentuk.

Baca  Rekomendasi Destinasi wisata yang terdapat di Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah

Di area Benteng Lipuogena Takimpo ada sebagian gedung berumur, masjid kuno, serta pula kuburan. Kamu pula dapat memandang Parabela, ialah suatu bangku batu yang dipakai buat pelantikan pimpinan adat terbaru.

Lokasi: Desa Takimpo, Kecamatan Pasar Wajo, Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara.

 

Air Terjun Samparona

Air Terjun Samparona

Objek wisata di Buton amat bermacam- macam sebab tidak hanya Bukit serta Pantai bagus, kamu juga dapat memandang keelokan alam lain berbentuk Air Terjun. Tiba serta lihat gebyar Air Terjun Samparona yang ada di dusun Lipumangau, Sampolawa. Lokasinya sesungguhnya sekitar di pinggiran Bau- Bau, tetapi masih masuk pada kabupaten Buton.

Ekspedisi mendobrak hutan serta menelusuri anak bengawan akan membawakan kamu pada suatu panorama alam bagus Air Terjun Samparona setinggi 10 m. Debit air kencang mengucur dari tebing latar dengan danau yang cetek di bawahnya.

Lokasi: Desa Lipumangau, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara.

 

Air Terjun Kandawu Ndawuna

Air Terjun Kandawu Ndawuna

Satu lagi destinasi wisata alam yang berbentuk Air Terjun, yang posisinya pula lumayan jauh dari pusat kota Pasar Wajo. Air Terjun Kandawu Ndawuna ialah ideal Air Terjun pendek dengan 2 tingkatan serta 2 ketinggian berlainan, ialah 3 m serta 5 m.

Aturan bebatuan itu membuat air yang tumpah dari atas tebing dibagi jadi 2 Air Terjun bagus dengan suara gemercik air yang amat khas. Lokasinya pula ada di tengah hutan alhasil akses alat transportasi juga terbatas.

Lokasi: Desa Waondo Wolio, Kecamatan Kapontori, Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara.

 

Air Terjun Lapangan

Air Terjun Lapangan

Masih ada pada satu gerakan anak bengawan yang serupa, kamu dapat berjalan ke arah barat serta memandang keelokan tempat wisata lain bernama Air Terjun Alun- alun. Ini ialah Air Terjun yang istimewa sebab gerakan airnya terbagi oleh suatu batu berupa semi- bulat, buatnya nampak semacam perosotan batu besar yang miring.

Baca  Objek wisata yang terdapat di Banjar, Kalimantan Selatan

Di bawahnya ada gerakan bengawan kecil serta danau yang dapat dipakai buat berenang. Apalagi kamu dapat melompat dari atas batu serta langsung turun ke pada danau yang fresh!

Lokasi: Desa Wambulu, Kecamatan Kapontori, Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara.

 

Demikianlah Tempat wisata paling populer di Buton, Sulawesi Tenggara. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *