Tempat wisata di Aceh Tengah

Tempat wisata paling populer di Aceh Tengah, Aceh

Table of Contents

Aceh merupakan salah satu provinsi yang terletak di Ujung Utara Pulau Sumatera. Provinsi Aceh ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Banda Aceh. Provinsi Aceh memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Aceh Tengah. Aceh Tengah merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Aceh. Ibu kota Kabupaten Aceh Tengah berada di Takengon. Kabupaten Aceh Tengah ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Tempat wisata di Aceh Tengah.

 

Tempat wisata paling populer di Aceh Tengah, Aceh

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Aceh Tengah, Aceh. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Tempat wisata paling populer di Aceh Tengah, Aceh.

 

Danau Laut Tawar

 

Danau Laut Tawar terletak di Dataran Tinggi Gayo dan menjadi salah satu tempat wisata populer di Aceh. Danau ini memiliki luas sekitar 5.472 hektar dengan panjang 17 km dan lebar 3.219 km. Suku Gayo sangat mengandalkan danau ini sebagai sumber kehidupan mereka. Danau ini juga sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara karena menyuguhkan pemandangan alam yang menawan, terutama dengan keberadaan dua bukit hijau di sekitarnya. Di Danau Laut Tawar juga terdapat kekayaan flora dan fauna dari Aceh, seperti ikan depik yang hanya bisa ditemukan di danau ini.

Baca  Objek wisata terindah yang ada di Pematangsiantar, Sumatera Utara

Lokasi Danau Laut Tawar terletak di Jalan Takengon-Bintang, Desa Gunung Suku, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

 

Pantan Terong

 

Pantan Terong adalah sebuah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Bebesan, sekitar 7,5 km dari Kota Takengon. Pantan Terong merupakan sebuah bukit yang menawarkan pemandangan alam yang indah serta memberikan pengunjung kesempatan untuk melihat Danau Air Laut Tawar.

Bagi para wisatawan yang menyukai alam sangat cocok untuk mengunjungi bukit ini. Pantan Terong terletak di ketinggian 1.803 meter di atas permukaan laut dan memiliki udara yang sejuk. Di tempat ini, pengunjung juga dapat mencoba olahraga paralayang yang menantang.

Lokasi: Takengon, Desa Ulu Nuih, Kecamatan Bebesan, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

 

Pantai Menye

 

Pantai Menye adalah Tempat wisata yang terletak di seberang Kota Takengon. Pantai ini unik karena terletak di tepi Danau Laut Tawar dan menawarkan pemandangan alam dengan lengkungan pantai yang sangat luas, meskipun tidak seperti pantai-pantai biasanya. Nama “Menye” berasal dari bahasa Aceh yang artinya tempat bermanja.

Selain menikmati pemandangan alam, di Pantai Menye juga bisa menyaksikan pacuan kuda tradisional dan bermain air sepuasnya. Untuk menuju pantai ini, pengunjung dapat melakukan perjalanan sejauh sekitar 19 km dari arah utara atau 26 km dari selatan.

Lokasi: Kala Bintang, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

 

Kota Takengon

 

Tempat wisata selanjutnya yakni Kota Takengon. Kota Takengon adalah ibukota dari Kabupaten Aceh Tengah. Nama “Takengon” memiliki arti “kelokan”. Hal ini bisa dilihat dari jalanan di kota ini yang banyak berliku-liku di sepanjang perjalanan. Tanjakan yang ada di sekitar perbukitan dan lereng gunung sangat memacu adrenalin para pengunjung yang melewati kota ini.

Baca  Tempat wisata terpopuler di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan

Kota Takengon berada di ketinggian 1200 mdpl sehingga pemandangan di seluruh kota dapat terlihat dengan jelas. Banyak wisatawan yang mengunjungi Kota Takengon pada akhir pekan.

Lokasi: Jalan Lebe Kader Simpang IV Tengah, Desa Simpang Empat, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

 

Air Terjun Mangaya

 

Air Terjun Mangaya terletak di Jalan Lingkar Danau Lut Tawar, Desa Mengaya. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan air terjun yang asli dan alami dengan keindahan alam sekitarnya yang memukau. Para wisatawan bisa menikmati panorama perkebunan kopi di daerah Gayo selama perjalanan menuju air terun. Air Terjun Mangaya sangat cocok untuk pengunjung yang mencintai keindahan alam dan air terjun yang segar dan dingin.

Untuk mencapai lokasi wisata ini, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 1,5 km melalui persawahan di sekitar area. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat untuk mencapai tempat ini melalui jalur darat.

Lokasi: Jalan Takengon – Bintang, Desa Mengaya, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

 

Bur Telege

 

Bur Telege merupakan sebuah tempat wisata yang terletak di Kampung Bale, Aceh Tengah. Dulunya tempat ini hanyalah semak belukar di tengah hutan pinus, namun berkat inisiatif masyarakat, tempat ini telah diubah menjadi Tempat wisata yang populer. Bur Telege menawarkan banyak spot menarik, termasuk sebagai lokasi pertunjukan seni yang sering diadakan di sana. Tempat ini juga dikenal sebagai “negeri di atas awan” Takengon karena berada di ketinggian yang cukup tinggi.

Lokasinya terletak di Desa Hakim Bale Bujang, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

 

Dermaga Lukup Panalam

 

Dermaga Lukup Panalam, yang merupakan tempat wisata favorit anak muda, terletak di Kampung Dedalu. Dermaga ini dulunya kurang terawat, tetapi akhirnya direnovasi oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah sehingga kini layak untuk dikunjungi sebagai tempat bersantai. Setelah direnovasi, Dermaga Lukup Panalam dilengkapi dengan jogging track dan spot-spot selfie yang sangat menarik. Dermaga ini juga terletak dekat dengan Danau Laut Tawar sehingga pengunjung dapat mengunjungi dua tempat wisata sekaligus. Tempat ini sangat disarankan bagi pengunjung yang suka berolahraga dan ingin menikmati pemandangan indah di sekitar Kecamatan Lut Tawar.

Baca  Tempat wisata paling populer yang terdapat di Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan

Lokasi: Kampung Dedalu, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

 

Demikianlah Tempat wisata paling populer di Aceh Tengah, Aceh. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *