wisata kuliner lombok

Rekomendasi Wisata Kuliner yang wajib kamu coba di Pulau Lombok

Table of Contents

Selain terkenal dengan beraneka ragam wisata alam yang dimiliki, Pulau Lombok juga terkenal akan keanekaragaman wisata kuliner yang ada di sana. Berikut adalah beberapa rekomendasi wisata kuliner yang terkenal di Pulau Lombok. Rekomendasi Wisata Kuliner yang wajib kamu coba di Pulau Lombok.

 

Rekomendasi Wisata Kuliner di Pulau Lombok

 

Ayam Taliwang H Moerad

ayam taliwang h moerad

Jika Kota Padang punya rendang dan kota Jogja punya gudeg, maka Pulau Lombok punya ayam taliwang.

Makanan khas lombok ini memiliki sejarah yang cukup panjang yakni dari masa perang kerajaan Selaparang dengan kerajaan Karangasem Bali. Pada masa itu, kerajaan Selaparang memiliki hubungan dengan kerajaan taliwang. Kerajaan Taliwang tersebut mengirimkan orang-orang dari kerajaannya untuk berperan sebagai pendamai di antara dua kerajaan yang tengah berperang tersebut.

Beberapa orang dari anggota juru damai yang dikirimkan oleh kerajaan Taliwang tersebut merupakan para juru masak. Para Juru Masak ini ditugaskan untuk membuat masakan dengan menu yang spesial berdasarkan bahan-bahan yang bisa didapatkan dari daerah perang tersebut agar bisa dengan mudah diterima oleh lidah para pembesar dari kedua kerajaan tersebut dan para pasukannya. Maka dari itu mereka pun bereksperimen sampai menciptakan resep ayam bakar dengan rempah yang pedas, kemudian resep inilah yang menjadi cikal bakal dari ayam taliwang yang sekarang.

Pada tahun 1960-an, Seorang warga bernama Nini munawiyah asal Karang taliwang membuat usaha kecil-kecilan yakni menjual ayam taliwang rumahan. Dalam waktu singkat dagangannya sangat Laku keras karena diminati oleh banyak orang.

Orang pertama yang membuka restoran Ayam Taliwang adalah H Ahmad Moerad. Usaha ini berkembang dengan pesat dan diwariskan secara turun menurun kepada generasinya.

Baca  Makanan Khas Indonesia yang Wajib Kamu Coba Semua

Lokasi: Jalan Pelikan Nomor 6, Desa Pejanggik, Kecamatan Mataram, Kota Mataram.

 

Ayam Bakar Taliwang Irama

taliwang irama

Selain restoran Haji murah kamu juga bisa mencoba restoran ayam bakar Taliwang Irama. Restoran ini juga cukup populer di kalangan masyarakat Mataram. Seperti halnya di restoran lainnya restoran ayam bakar Taliwang Irama ini juga memiliki menu khas seperti ayam bakar ayam bakar madu, ayam goreng, plecing kangkung, dan lain-lain

Lokasi: Jalan Ade Irma Suryani nomor 53 Desa Monjok, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram.

 

Ayam Taliwang Khas Pak Udin

ayam taliwang khas pak udin

Masih di sekitaran ayam taliwang, restoran Ayam Taliwang khas Pak Udin merupakan salah satu wisata kuliner yang populer di Kota Mataram. Yang unik dari restoran ini adalah Restoran Ayam Taliwang khas Pak Udin Ini Muhammad harga mulai dari 28.000 per porsinya. Maka dari itu restoran ini sangat cocok menjadi alternatif untuk mencari kuliner yang cukup murah di Lombok. Walaupun harganya relatif murah namun rasa yang disuguhkan dari restoran ini tetap tidak kalah dengan restoran lainnya.

Lokasi: Jalan Gelatik nomor 2 B, Desa Cakranegara Barat, Kecamatan Cakranegara Kota Mataram.

 

Depot Bebalung Kelebet

Depot Bebalung Kelebet

Bebalung dalam bahasa suku Sasak berarti tulang belulang. Makanan ini merupakan makanan khas yang biasa dihidangkan dalam acara-acara pesta, seperti pernikahan, sunatan, kenduri, dan acara-acara lainnya. Makanan khas Pulau Lombok ini berupa sop daging tulang iga kerbau atau sapi yang dihidangkan dengan kuah pedas. Di beberapa daerah di timur pulau Lombok, makanan ini biasa disajikan dengan santan agar rasanya lebih gurih. Restoran ini berada di belakang kantor gubernur Nusa Tenggara Barat.

Lokasi: jalan HOS Cokroaminoto nomor 10, Desa monjok Timur, kecamatan Mataram, Kota Mataram.

Baca  Beberapa rekomendasi tempat wisata yang wajib banget kamu singgahi di Pulau Lombok!

 

Sate Tanjung

sate tanjung

Sate Tanjung merupakan makanan khas dari Desa Tanjung, Lombok Utara. Sate khas Desa Tanjung ini dibuat menggunakan bahan baku utama yakni irisan daging Ikan Cakalang, Ikan Tuna, dan juga Ikan Marlin yang dibalur dengan menggunakan bumbu kuning. Masyarakat sekitar percaya bahwa dengan memakan sate Tanjung ini bisa meningkatkan stamina.

Lokasi: Desa Tanjung, Kecamatan Tanjung,  Kabupaten Lombok Utara.

 

Sate Rembiga Ibu Sinnaseh

sate rembiga ibu sinnaseh

Sate rembiga merupakan makanan khas dari Desa Rembiga, Kota Mataram. Sate ini memiliki perbedaan dengan sate Tanjung yakni dari bahan, bumbu, dan cara pengolahannya. Sate rembiga ini berbahan baku daging sapi yang dipotong berbentuk dadu. Restoran Sate Rembiga Ibu Sinnaseh ini merupakan pelopor yang memperkenalkan Sate Rembiga Pada tahun 1988 di Mataram.

Lokasi: Jalan Dr. Wahidin nomor 11 B, Desa Rembiga, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram.

 

Rumah Makan Masteng

rumah makan masteng

Rumah Makan Masteng ini menyediakan olahan makanan yang berbeda yakni daging kuda. Rumah Makan Masteng ini menyediakan bebalung dan sate dari kuda. Rumah Makan Masteng ini pun termasuk wisata kuliner yang legendaris di Pulau Lombok dan sudah berdiri pada tahun 1980-an.

Lokasi: Jalan TGH Faesal no. 102, Desa Turida, Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram.

 

Rumah Makan Dua Em Bersaudara

rumah makan dua em bersaudara

Rumah makan ini menyediakan beberapa makanan khas Pulau Lombok seperti ayam bakar taliwang, sate sumsum, ayam julad, gurame goreng, nila bakar, dan beberapa ikan bakar lainnya.

Lokasi: jalan Transmigrasi Nomor 99, Desa Karang Taliwang, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram.

 

Nasi Balap Puyung Inaq Esun

nasi balap puyung inaq esun

Nasi balap adalah makanan berupa nasi dengan lauk ayam suwir Bumbu pedas, ayam kriuk, tumis buncis, dan kedelai goreng. Warung nasi balap Puyung ini sudah berdiri sejak tahun 1973. Nama nasi balap diambil dari cucu pemilik warung ini yang merupakan seorang pembalap lokal. Dan imbuhan kata Puyung berasal dari tempat warung ini yaitu Kampung Puyung.

Baca  5 Pesona Objek Wisata Gunung Rinjani di Pulau Lombok

Lokasi: Jalan Raya Puyung, Desa Puyung, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah.

 

Nah itu dia beberapa rekomendasi wisata kuliner yang wajib banget Kamu cobain di Pulau Lombok. Apakah kamu tertarik untuk mencoba Salah satu kuliner di atas?

selamat mencoba

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *