Kuliner di Kalimantan Timur

Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Kalimantan Timur

Table of Contents

Nyaris tiap wilayah di Indonesia mempunyai karakteristik khas kulinernya masing- masing. Tidak jarang, kuliner ini bahkan dijadikan selaku tujuan wisata para pengunjungnya. Perihal ini pasti tidak berlainan jauh dengan Provinsi Kalimantan Timur, yang diibukotai kota Samarinda.

Tidak hanya mempunyai cita rasa yang enak serta luar biasa, kuliner Kaltim pasti pula mempunyai keanekaan bermacam tipe rempah yang terencana dijadikan materi pelengkapnya. Seperti itu mengapa kuliner nusantara Indonesia begitu harum serta nikmat sebab dibuat dari bermacam berbagai rempah.

 

Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Kalimantan Timur

 

Bertamu ke Kalimantan Timur tanpa wisata kuliner akan amat disayangkan. Buat itu, selanjutnya sebagian saran santapan khas Kalimantan Timur yang dapat Kamu coba. Kamu akan mencicipi keanekaan kuliner dengan cita rasa yang istimewa. Berikut adalah Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Kalimantan Timur.

 

Daging Bumbu Hangus

 

Bukan tanpa alibi, pemberian julukan ini memanglah didasarkan dalam bumbu olahan yang bercorak gelap kental, tetapi bukan gosong betulan. Olahan satu ini mengadopsi bermacam tipe rempah opsi, kuncinya merupakan rempah pala.

Karakteristik Daging Bahan Gosong yakni cara pemasakan yang lumayan lama. Pasti perihal ini bermaksud supaya bumbu bisa menyerap dengan sempurna, dan daging yang diolah ada dalam tingkatan kedewasaan yang pas.

 

Pepes Kepiting

 

Kepiting jadi salah satu tipe seafood yang banyak disukai oleh bermacam golongan warga sekitar. Di Kalimantan Timur sendiri olahan kepiting begitu terkenal. Walaupun kepiting mempunyai daging yang sedikit, Pepes Kepiting konsisten jadi primadona yang banyak disukai.

Buat membuat olahan kepiting ini, terdapat kepiting spesial yang biasa dipakai, ialah kepiting soka. Sehingga janganlah bingung bila harga Pepes Kepiting lumayan mahal, tergantung dalam banyaknya daging kepiting di dalamnya.

Baca  Objek wisata yang ada di Tana Tidung, Kalimantan Utara

 

Sambal Gami Udang

 

Seafood yang lain yang tidak takluk terkenal di provinsi satu ini merupakan udang, serta olahan yang sangat populer dari udang merupakan Sambal Gami Udang. Olahan ini disebut- sebut ialah santapan khas yang mensekitari dengan olahan sambal udang khas dari Padang yang tidak takluk terkenal.

Tidak cuma udang, umumnya olahan ini pula dihidangkan dengan bermacam berbagai ikan fresh yang berawal dari laut langsung. Dipadu dengan mentimun dan nasi hangat, olahan satu ini tentu akan terasa amat nikmat serta pula enak.

 

Nasi Bekepor

 

Nasi Bekepor ialah kuliner khas yang amat istimewa, sebab persembahan ini ialah persembahan kerajaan dalam masanya. Serta formula yang digunakan turun menyusut ialah formula yang terbuat langsung oleh Raja Kutai Kertanegara dalam masanya.

Nasi Bekepor menambahkan minyak sayur serta ikan payau yang amat nikmat serta enak. Pemasakan nasi ini pula memakai ketel, perkakas memasak spesial dari Kalimantan Timur.

 

Bubur Gunting

 

Pemberian julukan Bubur Gunting disebabkan sebagian penyajian materi makannya dipotong dengan metode digunting. Seperti itu penyebabnya olahan satu ini diucap dengan Bubur Gunting. Bubur ini ialah olahan manis sebab memakai kuah gula yang telah dimasak.

Kombinasi rasa manis dari kuah, pula enak sebab bonus sejumput garam, membuat olahan hangat satu ini biasa dihidangkan di pagi selaku menu makan pagi. Dapat pula dimakan dikala cuaca dingin, semacam di masa penghujan.

 

Gence Ruan

 

Materi bawah dari olahan gence ruan merupakan ikan haruan ataupun yang biasa diucap dengan ikan gabus. Gence sendiri jadi gelar bahan khas yang dihidangkan langsung bersama dengan olahan ikan haruan ataupun gabus itu.

Baca  Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sulawesi Barat

Gence sendiri jadi sambal dengan cita rasa pedas serta manis, tetapi pula enak. Umumnya ikan gabus yang dimasak dengan gence lumayan digoreng dengan ukepan bahan terlebih dulu.

 

Bakpia Balikpapan

 

Bakpia Balikpapan bisa jadi bawaan asal Kalimantan Timur yang dapat dibawa kembali. Mempunyai wujud bakpia yang jauh lebih besar dari Bakpia Jogja, membuat harga bakpia satu ini lumayan mahal.

Ada pada bermacam tipe alterasi serta rasa, semacam coklat, keju, serta masih banyak lagi. Kulit bakpia Balikpapan mempunyai rasa yang mengarah lebih payau serta enak. Ini disebabkan melimpahnya mentega yang dibalur di kulit luaran bakpia.

 

Pisang Gapit

 

Olahan buah pisang ini akan banyak ditemukan turis di sekitaran tepi bengawan Mahakam. Mengenakan tipe pisang gapok ataupun pisang cula, metode pemasakan olahan pisang ini lumayan istimewa. Pisang nantinya akan terbakar terlebih dulu di api yang lagi.

Sehabis terbakar, pisang akan dihidangkan di atas piring, kemudian disiram dengan kuah bermacam rasa, semacam coklat, keju, ataupun kombinasi rasa dari keduanya.

 

Lempok Durian

 

Untuk Kamu penggemar durian, amat diharuskan berupaya olahan lempok durian. Olahan satu ini pasti saja berbahan bawah buah durian yang diolah sedemikian muka, sampai jadi suatu lempok.

Olahan durian satu ini, akan banyak ditemukan turis dikala bertamu ke Pulau Seribu. Tidak hanya itu, olahan ini pula harus dijadikan bawaan.

 

Kue Gegicak

 

Gegicak ialah kue manis yang sejenak wujudnya, semacam Klepon khas Pulau Jawa. Mempunyai komlokasi yang halus, Gegicak berupa bundar dengan lubang di tengahnya. Lubang itu diisi dengan gula merah yang manis.

Kue satu ini dihidangkan dengan parutan kelapa, kemudian disiram gula merah, membuat olahan ini sesuai dijadikan kemilan di siang hari ataupun penunda lapar.

Baca  Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sulawesi Utara

 

Amplang

 

Amplang ialah semacam krupuk ikan, semacam dengan krupuk ikan Tengiri. Amplang mempunyai rasa ikan yang amat kokoh. Rasa juga pula amat enak. Olahan sejenis ini sesuai dijadikan selaku sahabat makan nasi.

Amplang akan amat sesuai dijadikan selaku bawaan khas Kalimantan Timur dikala liburan ke provinsi itu.

 

Kue Ilat Sapi

 

Kue Ilat Sapi ataupun Kue Lidah Sapi jadi santapan khas Kalimantan Timur yang harus dicoba. Meski bernama lidah Sapi, materi yang tercantum di dalamnya serupa sekali tanpa faktor lidah Sapi.

Pemberian julukan itu sebab wujudnya yang menyamai lidah Sapi. Kue ini ialah salah satu tipe kue kering khas wilayah situ.

 

Demikianlah Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Kalimantan Timur.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *