Kuliner di sulawesi selatan

Kuliner khas yang wajib cobain ketika berada di Sulawesi Selatan

Table of Contents

Makassar- Makanan khas Sulawesi Selatan( Sulsel) memiliki perasaan rasa yang menarik batin. Tidak bingung apabila pemadat kuliner tidak mau melupakan buat mencicipi keenakannya yang buat ketagihan.

Macam santapan khas Sulawesi Selatan memanglah menggugah selera. Kamu dapat menikmati pilihannya mulai dari santapan manis, banyak akan rempah, sampai pedas.

 

Kuliner khas yang wajib cobain ketika berada di Sulawesi Selatan

 

Pisang Epe

 

Pisang epe merupakan salah satu santapan khas Sulawesi Selatan yang dikala ini cuma dapat ditemui di Makassar ataupun persisnya di area Pantai Losari. Kuliner yang satu ini lumayan terkenal untuk warga sebab penyajiannya yang terhitung istimewa.

Epe pada bahasa lokal Makassar berarti apit ataupun dipipihkan. Santapan khas Sulsel ini memakai pisang raja yang terbakar memakai perlengkapan pres ataupun klip.

Menikmati pisang epe juga mempunyai opsi rasa cocok selera. Opsi yang sangat biasa yakni memakai gula merah cair. Tetapi Kamu pula dapat memilah dengan topping lain semacam keju, cokelat, susu, ataupun dapat pula mengombinasikan seluruh topping.

Pertanyaan harga Kamu tidak butuh takut. Buat dapat mencicipi santapan khas Sulsel ini Kamu cuma butuh menghasilkan uang mulai Rp 10. 000 hingga Rp 15. 000 saja. Ekonomis bukan?

 

Es Pisang Ijo

 

Es pisang ijo ialah santapan khas Sulawesi Selatan yang lumayan terkenal. Olahan pisang yang satu ini jadi santapan fresh kala kerongkongan lagi kering di siang berlubang.

Santapan khas Sulawesi Selatan ini dibuat dari pisang kukus yang disampul kulit dadar hijau. Setelah itu dihidangkan bersama kuah pekat olahan santan. Selaku aksesoris ditambahkan sirop serta bahan es batu yang buatnya terus menjadi fresh.

Baca  Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sulawesi Barat

Buat seporsi es pisang hijau biayanya masih terhitung terjangkau. Pada umumnya ada di kisaran Rp 10.000 hingga Rp 15.000.

 

Coto Makassar

 

Coto Makassar jadi salah satu santapan khas Sulsel yang sangat terkenal serta dicari- cari. Kamu dapat menemuinya nyaris di tiap ujung Kota Makassar serta sekelilingnya.

Kuliner legendaris ini telah jadi hidangan harus untuk warga Sulsel ataupun pendatang. Terlebih perasaan rasa kuliner berkuah ini tidak dapat diperoleh di daerah- daerah lain sebab karakteristik rasa pada campuran rempahnya.

Di Sulsel terdapat 2 wilayah yang sangat diketahui enak pada menyuguhkan coto. Yakni di Makassar serta Maros. Tiap- tiap memiliki karakteristik khas tertentu paling utama pada mencampurkan bumbu buat kuahnya.

Coto umumnya dinikmati dengan kombinasi daging lembu, daun bawang, atau bawang goreng. Tidak hanya itu pula tidak afdol bila tidak dimakan bersama kupat ataupun nasi panas.

Tidak butuh takut, harga coto terhitung ekonomis. Kamu telah dapat menikmatinya dengan harga mulai dari Rp 10. 000 hingga Rp 25. 000, cocok lokasi kamu menikmatinya.

 

Sop Konro

 

Santapan khas Sulsel selanjutnya merupakan sop konro. Kuliner yang satu ini memakai materi bawah daging lembu serupa semacam coto. Kelainannya sop konro memakai belahan tulang rusuk lembu selaku isinya.

Kuah sop konro pula memiliki karakteristik khasnya tertentu ialah bercorak cokelat kehitaman. Warna itu berawal dari bumbu opsi semacam buah kluwek. Setelah itu pula digabungkan bumbu yang lain semacam ketumbar, pala, kunyit, kencur, sampai kayu manis.

Tidak hanya dihidangkan berkuah, konro pula saat ini memiliki alterasi kering yang biasa diucap konro bakar. Versi ini dihidangkan dengan bahan kacang khas konro yang lezatnya buat ketagihan. Umumnya diiringi kuah sup yang terpisah.

Baca  Rekomendasi Kuliner yang wajib kamu cobain ketika liburan di Nusa Tenggara Timur

Buat satu jatah sop konro ataupun konro bakar ini bervariatif. Tetapi pada umumnya dijual dengan harga Rp 40. 000- an. Ingin coba?

 

Nasu Palekko

 

Santapan khas Sulawesi Selatan yang tidak kalah terkenal merupakan Nasu Palekko. Kuliner olahan angsa memotong- motong ini mempunyai rasa pedas yang nendang serta buat ketagihan.

Nasu Palekko ataupun Angsa Palekko ini berawal dari bahasa lokal Bugis- Makassar. Nasu maksudnya masak serta palekko maksudnya kuali ataupun wajan dari tanah. Apalagi dasarnya memakai angsa.

Untuk peminat pedas pasti saja tidak mau melupakan santapan khas Sulawesi Selatan yang satu ini. Perasaan rasa yang ditawarkan dengan kombinasi rempah semacam jahe, kunyit, sereh, serta lengkuas akan membuat aromanya bertambah menggoda.

Dikala ini telah banyak warga yang membuka upaya kuliner Nasu Palekko. Umumnya dijual seporsi ataupun satu akhir dengan harga Rp 100. 000- an. Tetapi terdapat pula yang menjualnya dengan jatah kecil dengan harga mulai Rp 15. 000- an.

 

Ikan Bakar Parape

 

Ikan bakar parape masuk pada barisan santapan khas Sulawesi Selatan yang senantiasa dicari penikmat seafood. Perasaan rasa yang ditawarkan dari ikan bakar ini terdapat dalam bumbunya yang banyak akan rempah.

Olahan ikan ini mempunyai perasaan rasa pedas, asam, manis, serta pastinya buat ketagihan. Tipe ikan yang biasa dipakai tergantung selera, mulai dari baronang, cepa, serta serupanya.

Bahan yang dipakai pada hidangan ikan bakar parape lumayan beraneka ragam. Mulai dari bawang merah, bawang putih, jahe, gula merah, kemiri, sampai air asam dicampur jadi satu.

Ikan bakar parape dapat ditemui di sebagian gerai makan seafood di Makassar. Biayanya mulai dari kisaran Rp 40. 000- an.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *