tempat wisata di Kutai Barat

Rekomendasi tempat wisata terpopuler di Kutai Barat, Kalimantan Timur

Table of Contents

Kalimantan Timur merupakan salah satu provinsi yang terletak di daerah bagian Timur Pulau Kalimantan. Provinsi Kalimantan Timur ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Samarinda. Provinsi Kalimantan Timur memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Kutai Barat. Kutai Barat merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Ibu kota Kabupaten Kutai Barat berada di Sendawar. Kabupaten Kutai Barat ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Tempat wisata di Kutai Barat.

 

Rekomendasi tempat wisata terpopuler di Kutai Barat, Kalimantan Timur

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Kalimantan dan sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Kutai Barat, Kalimantan Timur. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Rekomendasi tempat wisata terpopuler di Kutai Barat, Kalimantan Timur.

 

Jantur Mapan

 

Ialah suatu air terjun yang dikelilingi tebing bebatuan serta pepohonan hijau. Memiliki puncak air terjun yang tidak sangat besar, tetapi gerakan airnya lumayan kencang mengarah ke sungai Mahakam. Di sekitar air terjun hawa tampak fresh natural serta sesuai buat refreshing. Buat hingga ke destinasi ini, Kamu akan melampaui belasan anak tangga dari kayu ulin. Bertamu ke air terjun Jantur Mapan tidak komplit bila tidak main airnya yang dingin. Ada sebagian bebatuan buat duduk bersantai sambil menikmati hawa adem serta keelokan alam sekitar. Sesuai pula buat mencari gambar dengan latar balik keelokan alam.

Baca  Destinasi wisata yang ada di Maluku Barat Daya, Maluku

Sesungguhnya, wisata air terjun di situ tidak cuma Jantur Mapan melainkan banyak. Semacam ilustrasinya air terjun jantur Inar, air terjun jantur Mukuq, Jantur Manarung, air terjun Tabalas, air terjun Mancangkaw, air terjun Atai, Jantur Dora, Jantur Sewet, Jantur Asam, Jantur Emperuq, Jantur Tebati, Jantur Tebatang serta yang lain. Tiap- tiap destinasi alam itu menawarkan keelokan yang menarik. Air terjun, bebatuan dan barisan pepohonan sekitar jadi belahan kuncinya. Walaupun beda julukan serta tempat, air terjun itu khas dengan keelokan yang natural.

Wisata air terjun memanglah mempunyai keistimewaannya sendiri. Tidak hanya melayankan keelokan alam, wisata air ini pula kerap dipakai buat main air. Walaupun amat dingin, tidak komplit bila tidak memegang air terjun itu dengan cara langsung.

Lokasi: Jalan Sengkereaq Lacaaq Desa, Desa Linggang Mapan, Kecamatan Linggang Bigung, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur.

 

Danau Jempang

 

Danau Jempang ini memperkenalkan keelokan alam yang berkawan. Destinasi ini mempunyai besar sekitar kurang lebih 15. 000 ha. Umumnya dipakai buat kegiatan seremoni adat yang bernama pelas danau serta dengan cara berbarengan berlangsungnya Ehaq Jempang dalam bulan Mei. Dalam moment ini ada pula kegiatan adu perahu duyung serta adu ketinting.

Lokasi: Kecamatan Jempang, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur.

 

Danau Aco

 

Ialah suatu danau besar yang ada di atas bukit. Tempat wisata ini menawarkan keelokan alam serta hawa adem natural. Ada pula sebagian sarana buat wisatawan berbentuk perahu karet. Perahu itu bisa disewa buat berkelana danau.

Tidak hanya itu, memancing di danau aco ini pula dapat. Terdapat sebagian tipe ikan yang bisa ditemui serta dapat dipancing. Umumnya mereka yang tiba buat memancing memilah tempat yang sedikit lebih jauh dari kemeriahan. Tujuannya supaya aktivitas memancing lebih focus.

Baca  Destinasi wisata yang terdapat di Padang Lawas Utara, Sumatera Utara

Lokasi: Desa Linggang Melapeh, Kecamatan Linggang Bigung, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur.

 

Danau Barong

 

Tidak hanya danau Aco, di Kutai Barat terdapat danau lain yang tidak kalah terkenal. Merupakan danau Barong yang ialah salah satu tempat wisata menarik di situ. Hamparan air yang besar dengan area alam yang asri membagikan kenyamanan tertentu.

Tempat wisata danau Barong ini menawarkan keelokan alam yang berkawan. Banyak yang tiba ke mari buat hanya refreshing dan menikmati pemandangan alam sekitar. Danau yang lumayan besar ini juga tidak sempat hening serta senantiasa didatangi oleh turis lokal ataupun luar wilayah.

Di pinggiran danau jadi salah satu kesukaan para wisatawan buat bersantai. Apalagi sambil memakan santapan maunpun minuman.

Lokasi: Desa Melak Ilir, Kecamatan Melak, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur.

 

Taman Budaya Sendawar

 

Ialah suatu taman yang diketahui dengan gelar lamin 6 etnik. Dimana 6 lamin itu terdiri dari kaum Dayak Ahoeng, kaum Dayak Benuaq, kaum Dayak Tanjung, kaum Dayak Kenyah serta etnik Melayu. Etnik yang ada sekitar dari pusat perkantoran penguasa ini dibentuk dengan rancangan modern. Umumnya di hari sabtu malam di tempat ini ada kegiatan tari- tarian konvensional dari 6 etnik.

Bertamu ke Taman Budaya Sendawar jadi salah satu metode menaikkan pengetahuan berarti. Tempat itu apalagi cuma Kamu temui di mari. Taman sekalian zona wisata yang melayankan rancangan game yang berlainan.

Lokasi: Jalan Sendawar Raya, Desa Barong Tongkok, Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur.

 

Barong Tongkok

 

Barong Tongkok ialah suatu Lamin dari kaum Dayak Tunjung. Di mari para wisatawan bisa melihat aktivitas tiap hari dari kaum Dayak itu. Kegiatan berhubungan umumnya membuat kerajinan tangan yang berawal dari rotan. Semacam ilustrasinya tas bakul ataupun anjat, karpet rotan ataupun lampit serta yang lain. Materi rotan itu disulap jadi buatan seni yang bagus.

Baca  Tempat wisata paling populer di Tanah Laut, Kalimantan Selatan

Berbagai macam kerajinan kriya dari rotan yang dianyam dapat ditonton tanpa wajib melunasi. Selaku wisatawan, para turis bisa berlatih dengan cara langsung buat membuat kerajinan tangan yang terdapat. Hasil buatan dari rotan itu berbagai skala serta digunakan cocok gunanya. Wisatawan bisa berkelana sekalian menaikkan pengetahuan bernilai dari warga setempat. Karena terdapat banyak perihal yang bisa dipelajari. Mulai dari aktivitas tiap hari, metode memilin rotan, metode menggunakan hasil kerajinan serta yang lain.

Lokasi: Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur.

 

Demikianlah Rekomendasi tempat wisata terpopuler di Kutai Barat, Kalimantan Timur. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *