danau di Kalimantan Selatan

Deretan rekomendasi wisata danau yang ada di Kalimantan Selatan

Table of Contents

Dikala berniat buat liburan, kalian bisa jadi akan langsung mempertimbangkan Bali serta Lombok. Tetapi, destinasi wisata di Indonesia bukan cuma itu saja. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki banyak spot wisata yang menarik buat didatangi.

Salah satunya adalah Kalimantan Selatan. Di sini, kalian akan menemukan banyak tempat wisata, semacam pulau yang dipadati dengan monyet, pasar terapung, sampai danau- danau yang bagus.

 

Deretan rekomendasi wisata danau yang ada di Kalimantan Selatan

 

Ya, di Kalimantan Selatan banyak danau- danau indah yang tercipta dari sisa tambang yang terbengkalai. Tempat ini didiamkan begitu saja serta tidak ada rehabilitasi alhasil terisi oleh air hujan, sampai akhirnya jadi danau. Walaupun begitu, keelokan danau- danau ini tidak kalah dari danau alami yang lain.

 

Danau Biru Pengaron

 

Dikala ada di Kalimantan Selatan, janganlah lewati peluang buat bertamu ke Danau Biru Pengaron. Danau ini tercipta dari sisa tambang batu kapur yang lalu terisi air. Untuk sampai ke danau ini, kalian wajib melampaui jalur tanah yang masih berbatu serta berdebu.

Tetapi, rasa lelahmu akan lenyap setiba di danau ini. Ya, kalian akan melihat air danau yang amat biru, yang semakin bagus apabila terkena pantulan cahaya mentari. Tidak hanya itu, terdapat pula tebing bercorak kecokelatan dengan garis- garis mendatar menambah keelokan objek wisata ini.

Danau Biru Pengaron ini memanglah tidak besar, serta kalian pula dilarang buat berenang. Akan tetapi, di sini kalian dapat bersantai sembari menikmati angin serta keelokan danaunya.

Danau ini ada di Desa Sungkai, Kecamatan Simpang 4 Pengaron, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Desa ini berjarak sekitar 100 kilometer dari Kota Banjarmasin. Danau ini cuma dikelola masyarakat setempat.

Baca  Destinasi wisata yang ada di Simeulue, Aceh

Tempat parkir yang ada cuma tanah terbuka yang dijaga masyarakat lokal, tetapi lumayan besar buat banyak mobil serta sepeda motor

Buat masuk ke sini, kalian tidak dikenakan bayaran apapun. Walaupun begitu, janganlah lupa buat senantiasa menjaga kebersihan, ya.

 

Danau Biru Tambak Padi

 

Tidak cuma Pengaron, Kalimantan Selatan pula mempunyai danau biru lain, ialah Danau Gambut. Danau ini terdapat di Desa Tambak Padi, Kecamatan Beruntung Baru, Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan ataupun sekitar 1 jam dari Banjarmasin.

Danau ini terwujud dari sisa galian ataupun tambang pasir yang telah tidak digunakan lagi. Danau ini dikenal tidak terlalu dalam, yaitu cuma sekitar satu m di bagian pinggir serta kurang lebih empat m pada bagian tengah.

Seperti namanya, tempat ini memperkenalkan air danau bercorak biru, yang terwujud dari pantulan cahaya mentari. Di bawah danau ini, kalian bahkan dapat memandang pasir putih alhasil membuat warna airnya jadi biru bening.

Pesona danau ini pula semakin sempurna dengan hutan yang mengelilinginya. Tidak hanya itu, kalian pula akan menemukan pasir putih di sebagian tempat di tepi danau. Ini pasti akan membuat kamu seolah ada di pantai.

Ada di danau ini, kalian dapat menikmati panorama alam seraya mendokumentasikan beberapa momen dengan kamera. Bila tertarik, kalian pula dapat menyewa perahu mesin dengan harga Rp10 ribu buat mengitari danau. Tempat wisata ini dikelola dengan cara pribadi oleh masyarakat setempat. Serta buat memasuki area ini, kalian cukup membayar parkir Rp3 ribu buat sepeda motor, serta Rp10 ribu buat alat transportasi roda empat.

 

Danau Seran

 

Sama seperti danau yang lain, Danau Seran pula tercipta dari tambang batu intan yang terbengkalai. Walaupun begitu, air di danau Seran tidak biru, melainkan hijau. Airnya yang bening akan membuat kalian tergiur buat berenang. Tetapi, kalian tidak dianjurkan berenang di danau ini, karena kedalaman menggapai sekitar 30 m.

Baca  Tempat wisata yang ada di Halmahera Utara, Maluku Utara

Mempunyai luas menggapai 10 hektar, Danau Seran telah mempunyai sarana menarik. Betul, kalian yang mau berkelana buat menikmati keelokan Danau Seran ataupun menyeberang ke pulau Asmara yang terdapat di area ini, dapat menyewa perahu mesin. Tidak hanya dengan memakai perahu, kalian pula dapat buat menyewa sepeda air.

Tidak perlu takut, bayaran penyewaannya pula lumayan ekonomis, ialah Rp10- 20 ribu. Tidak cuma itu saja, di sini pula terdapat sarana main anak, semacam permainan mobil berputar sampai memancing bola. Disini pula telah terdapat tempat parkir, toilet, mushola, serta gerai makan.

Buat masuk ke area Danau Seran juga lumayan ekonomis, cuma dengan Rp5 ribu kalian telah dapat menikmati keelokan tempat ini. Ada pula bayaran parkir sekitar Rp5 ribu buat sepeda motor, serta Rp10 ribu buat mobil.

 

Danau Caramin

 

Dibanding lokasi wisata yang lain, Danau Caramin terkategori baru. Semacam danau- danau yang lain, Danau Caramin pula tercipta dari sisa tambang. Danau ini populer sebab mempunyai air bercorak hijau kebiruan yang amat hening serta bening. Tidak hanya itu, danau ini pula semacam kaca yang membalikkan sinar mentari.

Oleh karena itu, danau ini dikenal Caramin yang berarti kaca. Sekitar danau ini masih ditumbuhi tumbuhan hijau rindang, tetapi sekilas danau ini nampak tidak mempunyai batas. Yang tidak kalah bagus, dikala senja tiba, air danau berganti jadi kekuningan, terkena mentari sore.

Danau Caramin diatur oleh masyarakat setempat, alhasil sarana yang terdapat juga belum sangat komplit serta apa adanya saja. Tetapi, kalian masih dapat menyewa perahu mesin dengan bayaran Rp10 ribu buat berkelana Danau Cermin. Kalian pula dapat menyewa sepeda air selama 30 menit dengan bayaran Rp20 ribu.

Baca  Rekomendasi Tempat Wisata di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Cocok dijadiin tempat healing!

Buat dapat menikmati keelokan Danau Caramin, kalian cuma akan dikenakan bayaran masuk seribu rupiah per orang. Sedangkan bayaran parkir buat alat transportasi roda dua cuma sebesar Rp3 ribu rupiah, serta Rp5 ribu rupiah buat alat transportasi roda empat.

Danau Caramin ada di Ujung Ulin, Kelurahan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Jaraknya juga cuma sekitar satu jam perjalanan dari Banjarmasin.

 

Demikianlah Deretan rekomendasi wisata danau yang ada di Kalimantan Selatan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *