objek wisata di Mimika

Rekomendasi Objek wisata yang ada di Mimika, Papua Tengah

Table of Contents

Papua Tengah merupakan salah satu Provinsi yang terletak di Indonesia. Provinsi Papua Tengah merupakan salah satu provinsi hasil pemekaran dari Provinsi Papua. Provinsi Papua Tengah ini dimekarkan bersamaan dengan dua provinsi lainnya, yakni Provinsi Papua Pegunungan dan Papua Selatan pada tanggal 30 Juni 2022. Provinsi Papua Tengah terdiri dari beberapa wilayah yang memiliki pesona alam sangat indah dan keberagaman budaya yang sangat unik dan menarik, salah satunya adalah Mimika. Mimika merupakan salah satu Kabupaten yang terdapat di Provinsi Papua Tengah. Kabupaten Mimika beribukota di Timika. Kabupaten Mimika ini memiliki sebuah tambang emas yang merupakan salah satu tambang emas terbesar di dunia yang merupakan milik PT. Freeport Indonesia. Tambang emas tersebut terletak di Distrik Tembagapura. Kabupaten Mimika memiliki sebuah bandar udara nasional, yakni Bandara Moses Kilangin. Bandara Moses Kilangin terletak di Timika. Kabupaten Mimika juga memiliki pelabuhan nasional yang terletak di Paumako. Mimika memiliki bentang alam yang sangat beragam, mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi bisa kamu ketemukan di Kabupaten Mimika. Hal tersebut menyebabkan Kabupaten Mimika memiliki beragam objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

 

Rekomendasi Objek wisata yang ada di Mimika, Papua Tengah

 

Terlepas dari citranya sebagai Kota Tambang, Kabupaten Mimika memiliki berbagai macam objek wisata. Kamu bisa menemukan deretan wisata alam, budaya, edukasi, bahkan wisata hiburan di Daerah Mimika ini. Berikut adalah Rekomendasi Objek wisata yang ada di Mimika, Papua Tengah.

 

Tambang Grasberg

Tambang Grasberg

Tambang Grasberg merupakan salah satu objek wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Kabupaten Mimika. Tambang Grasberg ini terletak di Jalan Tembagapura Raya, Kelurahan Tembagapura, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah. Tambang Grasberg menjadi tambang emas terbesar di dunia sekaligus tambang tembaga terbesar ketiga di dunia. Namun, tempat ini tidak bisa dikunjungi kapan saja, karena jam operasional pertambangan yang cukup padat. Jadi sebaiknya sebelum mengunjungi pertambangan ini, kamu bisa membuat janji terlebih dahulu dengan pihak pengelola pertambangan untuk bisa masuk ke dalam area pertambangan Grasberg. Kamu akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa di sana.

Baca  Tempat wisata yang ada di Sabang, Aceh

 

Kuala Kencana

Kuala Kencana

Kuala Kencana merupakan sebuah objek wisata yang bisa kamu kunjungi di Distrik Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah. Kamu akan menemukan sebuah objek wisata berupa perkotaan modern yang berada di tengah rimbunnya hutan belantara. Kuala Kencana ini memiliki kawasan Perumahan elit. Selain itu, Kuala Kencana juga memiliki berbagai macam fasilitas umum seperti di kebanyakan kota besar. Fasilitas umum tersebut seperti pusat perbelanjaan modern, rumah sakit, area gym, gedung sekolah, gedung kesenian dan beberapa fasilitas umum lainnya. Kuala Kencana merupakan daerah pertama di Indonesia yang berhasil menerapkan sistem pembuangan air kotor otomatis dan saluran listrik bawah tanah. Di tempat ini kamu bisa menikmati keindahan alam tanpa terganggu pemandangan kabel yang melintang. Sayangnya, jika kamu ingin berkunjung ke Kuala Kencana ini, kamu harus mengantongi izin masuk dan juga menjalani serangkaian pemeriksaan fisik yang cukup ketat untuk bisa masuk ke kawasan Kuala Kencana. Namun kamu jangan khawatir, kamu bisa mengunjungi tugu yang bertuliskan Selamat Datang di Kuala Kencana dengan bebas.

 

Pantai Kampus Biru

Pantai Kampus Biru

Pantai Kampus Biru merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Atuka, Distrik Mimika Tengah, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang sangat ramah dengan air laut yang berwarna kebiruan. Kamu bisa melakukan beberapa aktivitas ringan di sekitar Pantai Kampus Biru, seperti berjalan-jalan di pinggir pantai dan bersantai sembari menikmati keindahan panorama matahari terbenam di Pantai ini. Selain itu, kamu juga bisa berenang menikmati segarnya air Pantai Kampus Biru.

 

Kali Pindah-Pindah

Kali Pindah-Pindah

Kali Pindah-Pindah merupakan salah satu rekomendasi objek wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Mimika. Dalam kurun waktu tertentu, aliran air di objek wisata Kali Pindah-Pindah ini selalu berpindah-pindah tempat, hal tersebut yang membuat objek wisata yang satu ini disebut dengan Kali Pindah-Pindah. Biasanya aliran air di objek wisata ini akan berpindah dari kiri ke kanan ataupun dari kanan ke kiri, terkadang aliran airnya juga bisa berpindah ke bagian tengah. Hal tersebut terjadi dikarenakan aliran Air di Kali Pindah-Pindah ini mengalaminya penyesuaian seiring pergantiannya musim. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh endapan tanah di sekitarnya. Jika turun hujan di daerah kanan sungai, maka debit air akan berubah haluan menjadi dari kanan ke kiri dan begitu pula sebaliknya. Banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sungai ini, seperti bermain air ataupun melakukan rock balancing atau yang biasa kita ketahui dengan seni menumpuk batuan sungai.

Baca  5 Destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Fakfak, Papua Barat

 

Kali Kyura

Kali Kyura

Kali Kyura merupakan sebuah sungai yang terletak di Desa Mulia Kencana, Distrik Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah. Dari Kota Timika, kamu akan menempuh perjalanan dengan kendaraan bermotor selama kurang lebih sekitar 20 menit. Kamu bisa merasakan pengalaman bermain air yang sangat seru di tengah suasana yang sejuk dan sangat asri. Kali Kyura memiliki air yang sangat jernih dan sejuk. Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke tempat wisata yang satu ini adalah pada siang hari, karena kamu bisa menikmati segarnya air Kali Kyura.

 

Wisata Sejarah Keakwa

Wisata Sejarah Keakwa

Selain kaya akan wisata alam yang sangat indah, Mimika juga memiliki banyak objek wisata sejarah, salah satunya adalah Pantai Keakwa. Pantai Keakwa ini terletak di Keakwa, Distrik Mimika Tengah, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah. Di Pantai Keakwa ini kamu bisa menemukan banyak peninggalan sejarah berupa perang Dunia II, seperti Tank, Pesawat Tempur, Mortir, bahkan meriam yang hingga kini masih terjaga dengan baik. Perlengkapan perang ini merupakan perlengkapan perang milik tentara Amerika dan tentara Jepang. Selain terkenal akan peninggalan sejarah yang terdapat di sana. Pantai Keakwa kaya akan hasil lautnya yang sangat melimpah. Di sekitar Pantai Keakwa ini, kamu bisa menemukan berbagai wisata kuliner yang mampu menggugah selera.

 

Pantai Ipaya

Pantai Ipaya

Pantai Ipaya merupakan sebuah objek wisata yang bisa kamu kunjungi di Mimika. Pantai Ipaya ini terletak di Desa Paripi, Distrik Mimika Barat, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah. Pantai Ipaya ini disebut-sebut sebagai salah satu pusat objek wisata di Kabupaten Mimika. Pantai Ipaya memiliki hamparan pasir putih bersih yang terbentang luas. Kamu juga bisa melakukan beberapa aktivitas seru di pantai ini seperti menyewa speedboat dan juga memancing.

Baca  Destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di Nduga, Papua Pegunungan

 

Demikianlah Rekomendasi Objek wisata yang ada di Mimika, Papua Tengah. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *