Rekomendasi objek wisata yang ada di Aceh Tenggara, Aceh

Rekomendasi objek wisata yang ada di Aceh Tenggara, Aceh

Table of Contents

Rekomendasi objek wisata yang ada di Aceh Tenggara, Aceh – Aceh merupakan salah satu provinsi yang terletak di Ujung Utara Pulau Sumatera. Provinsi Aceh ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Banda Aceh. Provinsi Aceh memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Aceh Tenggara. Aceh Tenggara merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Aceh. Ibu kota Kabupaten Aceh Tenggara berada di Babussalam. Kabupaten Aceh Tenggara ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Objek wisata di Aceh Tenggara.

 

Rekomendasi objek wisata yang ada di Aceh Tenggara, Aceh

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Aceh Tenggara, Aceh. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Rekomendasi objek wisata yang ada di Aceh Tenggara, Aceh.

 

Bukit Ketambe

 

Ketambe merupakan salah satu tujuan wisata internasional yang ada di Aceh Tenggara. Disana para wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan alam liar yang sangat menakjubkan. Di bukit ini, Anda bisa melakukan petualangan di tengah hutan yang masih asri serta alami dengan flora dan fauna liar. Dengan luas sekitar 450 hektar, Anda dapat menjumpai orangutan Sumatera di daerah Ketambe. Selain itu, di objek wisata ini kamu juga bisa menemui primata lain seperti kukang (Nycticebus coucang), beruk, siamang, kedih, dan juga monyet ekor panjang.

Baca  Tempat wisata yang ada di Bolaang Mongondow Utara, Sulawesi Utara

Selain menikmati kegiatan menjelajah hutan Ketambe, Anda dapat menikmati arus sungai Alas yang liar untuk bermain arung jeram. Lokasi Bukit Ketambe berjarak sekitar 25 km dari pusat kota.

Lokasi: Desa Ketambe, Kecamatan Ketambe, Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh.

 

Air Terjun Gulo

 

Air Terjun Gulo adalah objek wisata alam yang dapat Anda kunjungi saat berada di Aceh Tenggara. Lokasi ini menawarkan pemandangan indah dan kecantikan air terjun yang mempesona. Namun, perjalanan menuju lokasi tidaklah mudah.

Ada dua pos yang harus dilewati untuk mencapai objek wisata ini. Pertama, Anda dapat mencapainya melalui jalur yang terjal namun pendek, dengan waktu sekitar 10 menit. Atau Anda dapat memilih jalur yang lebih datar namun memutar dan memakan waktu sekitar 30 menit.

Perjalanan menuju pos kedua juga cukup menantang dengan jalan berbatu yang curam. Disarankan untuk mencapai pos kedua dengan berjalan kaki selama sekitar 1 jam atau menggunakan motor tracker untuk mencapai tujuan lebih cepat. Meskipun sulit, semua usaha tersebut akan terbayar dengan keindahan alam yang memikat dari Air Terjun Gulo. Bagi pecinta alam, tempat ini dapat menjadi surga yang indah dan tak terlupakan!

Lokasi: Desa Gulo, Kecamatan Darul Hasanah, Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh.

 

Arung Jeram Sungai Alas

 

Bagi Anda yang menyukai wisata air, mengarungi jeram di Sungai Alas bisa menjadi pilihan yang seru. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di Provinsi Aceh yang mengalir melalui Gunung Leuser dan menuju Samudra Hindia.

Dengan arus yang kuat, Sungai Alas menjadi lokasi yang menarik bagi penggemar arung jeram, baik dari dalam maupun luar negeri. Selain itu, Anda juga dapat menginap di tepi Sungai Alas sambil menikmati keindahan alam yang cantik dan menenangkan.

Baca  Destinasi wisata terindah yang ada di Lampung Timur, Lampung

Lokasi: Jalan Blangkejeren – Kutacane No.Km, 32, Desa Ketambe, Kecamatan Ketambe, Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh.

 

Tugu Benteng Kuta Reh

 

Selain menawarkan keindahan alam yang memukau, Anda juga dapat menikmati wisata sejarah di Aceh Tenggara. Salah satu lokasi bersejarah tersebut terletak di Kecamatan Bambel, yaitu Tugu Benteng Kuta Reh. Benteng ini menjadi pengingat tragedi Benteng Kuta Reh yang terjadi selama Perang Aceh-Belanda berabad-abad yang lalu. Di tempat ini, 2.922 penduduk Alas gugur sebagai syuhada dalam pembantaian oleh Belanda.

Lokasi: Desa Kutarih, Kecamatan Babussalam, Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh.

 

Lawe Gurah

 

Lawe Gurah merupakan sebuah objek wisata alam yang indah di Aceh Tenggara yang menawarkan pesona hutan rimba yang sangat indah dan juga masih asri serta alami, belum terjamah oleh tangan manusia. Lokasi ini memiliki panorama alam yang indah, lengkap dengan danau, air terjun, air panas, dan tempat pengamatan flora dan fauna.

Anda dapat menempuh jalur trekking yang khusus bagi pecinta hiking dan melihat pemandangan dan kehidupan di menara pandang. Jalur trekking dimulai dari Gurah hingga ke sumber mata air panas dekat Sungai Alas. Jarak tempuh jalur trekking sekitar 5 km yang biasanya ditempuh selama 2 jam.

Objek wisata ini cocok untuk para petualang yang pemberani. Anda dapat menemukan flora dan fauna yang masih bebas dan menikmati malam yang hening dan asri dengan berkemah di lokasi Lawe Gurah.

Lokasi: Desa Ketambe, Kecamatan Ketambe, Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh.

 

Gua Lawe Sikap

 

Gua Lawe Sikap merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak tidak jauh dari air terjun Sikap. Gua ini memiliki formasi stalaktit dan stalakmit yang alami dan belum tersentuh oleh tangan manusia. Untuk bisa sampai ke gua yang satu ini, kamu hanya akan menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 5 kilometer dari Kota Kutacane.

Baca  Objek wisata yang terdapat di Lampung Barat, Lampung

Lokasi: Jalan Bukit Cinta, Desa Babussalam, Kecamatan Babussalam, Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh.

 

Pantai Goyang

 

Tidak hanya menawarkan keindahan alam seperti hutan, gua, taman, dan air terjun, Aceh Tenggara juga memiliki objek wisata pantai. Meskipun Aceh Tenggara merupakan wilayah daratan, Pantai Goyang hadir sebagai taman wisata buatan yang cocok untuk rekreasi keluarga. Pantai ini dinamakan “Goyang” karena sering terdengar suara riuh pohon di sekitarnya.

Lokasi: Desa Mamas, Kecamatan Darul Hasanah, Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh.

 

Lawe Gerger

 

Lawe Gerger merupakan satu-satunya pemandian belerang di Aceh Tenggara. Terletak di Gampong Jongar, kecamatan Ketambe, lokasi ini memiliki sumber air panas yang berasal dari pegunungan Lawe Gerger.

Selain sebagai tempat pemandian air panas, Lawe Gerger juga menyediakan fasilitas pendukung lainnya, seperti area permainan anak, lahan parkir, petugas kebersihan, dan kolam renang.

Lokasi: Desa Jongar, Kecamatan Ketambe, Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh.

 

Demikianlah Rekomendasi objek wisata yang ada di Aceh Tenggara, Aceh. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *