Destinasi wisata di Aceh Barat Daya

Destinasi wisata yang ada di Aceh Barat Daya, Aceh

Table of Contents

Aceh merupakan salah satu provinsi yang terletak di Ujung Utara Pulau Sumatera. Provinsi Aceh ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Banda Aceh. Provinsi Aceh memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Aceh Barat Daya. Aceh Barat Daya merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Aceh. Ibu kota Kabupaten Aceh Barat Daya berada di Blangpidie. Kabupaten Aceh Barat Daya ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Destinasi wisata di Aceh Barat Daya.

 

Destinasi wisata yang ada di Aceh Barat Daya, Aceh

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Aceh Barat Daya, Aceh. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Destinasi wisata yang ada di Aceh Barat Daya, Aceh.

 

Pantai Kasih

 

Suasana di pantai ini begitu syahdu dan romantis. Tidak heran jika diberi nama Pantai Kasih, karena banyak pasangan yang datang untuk berbagi kasih di tempat ini. Selain keindahan panoramanya, pantai ini juga memiliki ombak yang cukup besar terutama di siang hari. Bagi penggemar selancar, Anda dapat menguji keterampilan Anda dengan membawa papan selancar sendiri.

Walaupun pantai ini sudah cukup populer dikalangan wisatawan dan sudah dikelola secara modern, namun pantai ini masih belum menyediakan papan selancar untuk disewakan. Hal ini bisa dimaklumi karena papan selancar memiliki harga yang cukup mahal sehingga belum banyak orang yang menyewakannya.

Baca  Objek wisata yang ada di Pasaman Barat, Sumatera Barat

Lokasi: Kedai Susoh, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh.

 

Pulau Gosong Sangkalan

 

Sebuah pulau yang indah yang pernah terkena dampak tsunami dan kini muncul kembali. Meskipun ukurannya tidak sebesar dulu, tetapi keeksotisannya tetap terasa. Pulau ini menyuguhkan pemandangan yang indah yang bisa Anda nikmati. Sayangnya, pulau yang tidak berpenghuni ini hanya dapat dikunjungi saat air laut surut.

Ketika air pasang, lokasi pantai ini akan terlihat sangat kecil bahkan hampir tidak terlihat. Meskipun hanya memiliki luas 1 hektar, pesona pulau ini bisa membuat Anda terpesona karena keindahannya. Hal yang unik, di sekitar pulau terdapat gradasi warna yang menambah kesan eksotis pulau ini.

Lokasi: Desa Sangkalan, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh.

 

Pemandian Putroe Ijo

 

Selanjutnya, terdapat sebuah pemandian umum berupa sungai indah yang terhampar dengan batu-batu sungai yang berwarna putih. Batu-batu tersebut memiliki penampilan yang mirip dengan batu kapur, namun dengan pola dan corak yang sedikit berbeda. Tempat ini dijaga dengan baik sehingga pengunjung akan merasa nyaman dan betah berada di Destinasi wisata ini.

Fasilitas yang ada sudah tersedia dengan baik, termasuk toilet, ruang ganti, dan berbagai pilihan kuliner. Pengunjung juga dapat menyewa ban atau bebek karet untuk berenang. Tempat ini cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga karena debit airnya aman dan tidak terlalu deras.

Lokasi: Gampong Alue Seulaseh, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh.

 

Gua Seumancang Kuta Tinggi

 

Gua ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, namun mampu menyuguhkan pesona yang luar biasa. Seperti kebanyakan gua lainnya, baik siang maupun malam hari, gua ini tetap gelap. Namun, berbeda dengan gua-gua lainnya, gua ini tidak banyak dihuni oleh kelelawar yang sering kali menjadi penghuni gua-gua lainnya.

Baca  Objek wisata yang terdapat di Prabumulih, Sumatera Selatan

Lokasi: Desa Babahlung, Kemukiman Kuta Tinggi, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh.

 

Taman Laut Ujung Manggeng

 

Sebuah destinasi wisata yang memiliki nuansa mewah dan membutuhkan biaya yang cukup mahal. Taman laut ini menawarkan pesona dan pemandangan yang tidak kalah menarik dengan pulau-pulau terpencil lainnya. Untuk bisa mengunjungi taman laut ini, Anda perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp. 60.000,- hingga Rp. 100.000,- dan perjalanan ditempuh lebih dari 3 jam jika melalui jalur darat.

Di taman laut ini, Anda akan menemukan paduan indah antara taman hijau dan pantai berpasir putih, sebuah pemandangan yang jarang dijumpai di kota-kota besar seperti Jakarta atau Bogor.

Lokasi: Desa Sejahtera, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh.

 

Pemandian Krueng Baru

 

Destinasi wisata pemandian Krueng Baru ini masih menjadi perdebatan, apakah itu sebuah sungai atau genangan air yang mirip seperti danau. Namun yang pasti, destinasi wisata ini menawarkan pesona alam yang sangat indah. Tidak hanya keberadaan airnya yang mengundang untuk berenang, tetapi juga kesegaran dan keindahan alam di sekitarnya yang akan memukau mata Anda.

Lokasi pemandian ini juga cukup dekat dengan pusat kota, hanya sekitar 27 kilometer saja. Jika Anda menggunakan jalur darat, perjalanan menuju pemandian ini hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit.

Lokasi: Jalan Pemuda, Desa Meunasah Sukon, Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh.

 

Pantai Jilbab

 

Pantai Jilbab adalah salah satu spot terbaik untuk melihat Pulau Gosong dari jarak tertentu. Pantai ini juga merupakan jalur utama yang menghubungkan kita ke pulau tersebut. Tidak heran kalau pantai yang satu ini selalu ramai oleh pengunjung. Terutama pada hari libur atau akhir pekan, pantai ini akan dipadati orang.

Baca  Tempat wisata yang terdapat di Bungo, Jambi

Di setiap sudut pantai terdapat payung teduh dan tempat duduk yang terawat dengan baik. Tidak salah jika Anda memilih pantai ini sebagai tujuan wisata saat liburan tiba. Lokasinya hanya sekitar 4 kilometer dari pusat kota, sehingga mudah diakses dengan kendaraan umum. Bahkan hingga sore hari, pantai ini masih tetap ramai dikunjungi.

Lokasi: Kedai Susoh, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh.

 

Pantai Wisata Ujong Ketapang

 

Pantai Wisata Ujong Ketapang adalah sebuah pantai yang indah dengan pesona alam yang eksotis. Meskipun telah dikembangkan secara modern, pantai ini masih mempertahankan keaslian alamnya dan terlihat seakan belum tersentuh oleh manusia. Pantai ini selalu terjaga kebersihannya dan bebas dari sampah. Sebagai pengunjung, sangat penting bagi kita untuk menjaga kebersihan pantai ini dan tidak membuang sampah sembarangan. Kita harus berusaha agar keindahan alam ini tidak rusak karena keberadaan sampah.

Lokasi: Sejahtera, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh.

 

Demikianlah Destinasi wisata yang ada di Aceh Barat Daya, Aceh. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *