Objek wisata paling populer di Muaro Jambi, Jambi

Objek wisata paling populer di Muaro Jambi, Jambi

Table of Contents

Objek wisata paling populer di Muaro Jambi, Jambi – Jambi merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah selatan Provinsi Riau. Provinsi Jambi ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Jambi. Provinsi Jambi memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Muaro Jambi. Muaro Jambi merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Jambi. Ibu kota Kabupaten Muaro Jambi berada di Sengeti. Kabupaten Muaro Jambi ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Objek wisata di Muaro Jambi.

 

Objek wisata paling populer di Muaro Jambi, Jambi

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Muaro Jambi, Jambi. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Objek wisata paling populer di Muaro Jambi, Jambi.

 

Wisata Candi Muaro Jambi

 

Kabupaten Muaro Jambi memang terkenal dengan kompleks percandian yang menjadi tujuan wisata sejarah favorit. Salah satu yang terkenal adalah Wisata Candi Muaro Jambi yang terletak di Desa Muaro Jambi Maro Sebo.

Di sini, Anda dapat menemukan kompleks candi purbakala agama Buddha-Hindu yang dianggap sebagai kompleks candi terluas di Asia Tenggara. Area kompleks Candi Muaro Jambi memiliki luas 3981 hektar dengan candi-candi yang diduga merupakan peninggalan dari Kerajaan Melayu dan Kerajaan Sriwijaya.

Anda tidak hanya akan menemukan candi-candi, tetapi juga jejak-jejak kehidupan zaman dahulu mulai dari kanal-kanal yang digunakan untuk memindahkan batu candi yang terhubung dengan Sungai Batang Hari. Konon, candi ini ditinggalkan karena banjir bandang pada abad ke-12 dan wabah kolera, sehingga terkubur selama ratusan tahun.

Baca  Objek wisata yang ada di Barito Selatan, Kalimantan Tengah

Lokasi: Muaro Jambi, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

 

Wisata Tugu Keris Siginjai

 

Tugu Keris Siginjai merupakan salah satu Objek wisata yang terletak di bundaran kompleks Pemerintah Kota Jambi. Tugu ini menjadi salah satu ikon kota dengan bentuk Keris Siginjai, senjata tradisional daerah yang digunakan pada masa perjuangan kemerdekaan.

Pada pagi hari, Anda dapat bersantai menikmati pemandangan dan berolahraga di sekitar kawasan Tugu. Malam hari juga tidak kalah menarik, banyak kegiatan keramaian yang diadakan dengan tugu yang indah dan lampu-lampu yang berkelap-kelip. Setiap Sabtu malam, kawasan Tugu mengadakan Car Free Night dengan berbagai atraksi budaya, musik, dan pedagang.

Anda juga dapat mempelajari tentang keris siginjai dengan informasi yang tertera di dinding bagian bawah tugu, termasuk sejarah berdirinya kota, perjuangan tokoh-tokoh, dan sejarah Kesultanan Jambi. Objek wisata yang menyenangkan sekaligus edukatif.

Lokasi: Paal Lima, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi, Provinsi Jambi.

 

Wisata Sungai Simpur

 

Sungai Simpur merupakan salah satu Objek wisata yang menarik yang terletak di Desa Baru, Kecamatan Muaro Sebo. Di sini, Anda dapat menikmati keindahan alam dengan pemandangan yang menakjubkan, spot-spot foto yang instagramable, berfoto dengan gorila dari ijuk, serta menikmati perjalanan menggunakan perahu kecil di rawa.

Lokasi: Desa Baru, Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

 

Wisata Candi Gumpung

 

Candi Gumpung merupakan salah satu candi yang terletak di kawasan cagar budaya Muara Jambi. Berdasarkan penelitian, Candi Gumpung diperkirakan dibangun antara abad ke-9 hingga abad ke-10. Hal ini didukung oleh temuan keramik China dari Dinasti Sung.

Lokasi: Desa Muaro Jambi, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

Baca  Objek wisata yang ada di Toba, Sumatera Utara

 

Danau Tangkas

 

Danau Tangkas adalah Objek wisata air yang terletak di Desa Tanjung Lanjut, Muaro Jambi. Selain menawarkan pemandangan danau yang indah, Objek wisata ini juga menyediakan berbagai permainan air seperti perahu-perahunan. Salah satu daya tariknya adalah keberadaan Bunga Liontin Merah.

Bunga Liontin Merah merupakan jenis bunga langka yang tumbuh secara alami di sekitar danau Tangkas. Biasanya, bunga ini mekar pada saat pergantian musim hujan dan kemarau. Anda dapat mengunjungi lokasi ini untuk menyaksikan keindahan bunga yang mekar dan terhampar di danau.

Lokasi: Desa Tanjung Lanjut, Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

 

Wisata Lubuk Penyengat

 

Lubuk Penyengat terletak sekitar 15 km dari pusat kota, dekat dengan Kompleks Candi Muaro Jambi. Objek wisata ini merupakan tempat yang relatif baru, awalnya hanya berupa sungai dan semak belukar yang kemudian dikembangkan menjadi Objek wisata yang unik yang dapat dikunjungi saat liburan.

Lubuk Penyengat menawarkan pemandangan alam yang indah dengan spot-spot foto menarik. Tersedia pula area bermain yang terbuat dari bahan sabut kelapa yang membentuk patung-patung dinosaurus dan SpongeBob, tokoh kartun populer saat ini.

Anda dapat menikmati suasana alam yang asri, melihat pemukiman dan rumah adat Melayu yang masih khas dan terjaga, serta menyaksikan langsung budaya masyarakat setempat. Jika Anda mengunjungi tempat ini saat musim durian, Anda juga dapat menikmati durian Muaro Jambi yang lezat langsung di lokasi ini.

Lokasi: Baru, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

 

Demikianlah Objek wisata paling populer di Muaro Jambi, Jambi. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

Baca  Objek wisata yang ada di Gayo Lues, Aceh

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *