kuliner di Nusa Tenggara Timur

Rekomendasi Kuliner yang wajib kamu cobain ketika liburan di Nusa Tenggara Timur

Table of Contents

Tak hanya memiliki kekayaan alam yang sangat indah dan mempesona, Nusa Tenggara Timur juga memiliki kekayaan kuliner yang sangat lezat dan juga nikmat. Kamu bisa mencicipi secara langsung kuliner disana sembari menjalani liburan.

 

Rekomendasi Kuliner yang wajib kamu cobain ketika liburan di Nusa Tenggara Timur

 

Berikut adalah rekomendasi kuliner yang wajib kamu cobain ketika liburan di Nusa Tenggara Timur

 

  1. Roti Kompiang

roti kompiang

Makanan ini berasal dari Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Biasanya Roti Kompiang ini disebut dengan Kompiang Longa, Longa dalam bahasa Manggarai Flores berarti Wijen, sesuai dengan namanya Roti Kompiang Longa ini terdapat banyak taburi wijen di atasnya. Roti ini banyak dijual di toko oleh-oleh Labuan Bajo, bentul roti ini adalah bulat atau oval dan bertekstur agak keras.

 

  1. Bolu Pisang

bolu pisang

Jajanan satu ini memiliki tekstur yang empuk, rasanya manis dan beraroma nikmat, terbuat dari campuran kayu manis, kenari dan gula merah. Bolu ini tentu berbeda dengan bolu lainnya karena bahan baku lokal yang dimiliki Manggarai Flores.

 

  1. Kue Jintan

kue jintan

Kue Jintan ini biasanya dijadikan camilan bersantai oleh masyarakat Labuan Bajo, kue ini banyak dijual di toko oleh-oleh Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Bahan baku pembuatan kue ini adalah tepung terigu, gula pasir, mentega, dan telur. Kue Jintan ini memiliki rasa yang manis dan bertekstur renyah.

 

  1. Rebok

rebok

Rebok merupakan jajanan tradisional Manggarai, bahan pembuatan Rebok adalah tepung beras dan parutan kelapa. Jika kamu ingin mencoba makanan khas Manggarai ini, kamu bisa membelinya di toko oleh-oleh yang sudah dikemas dengan menarik. Biasanya saat ada upacara adat Rebok disajikan sebagai suguhan untuk tamu.

Baca  Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Kepulauan Riau

 

  1. Daging Se’i

daging sei

Daging Se’i awalnya yang digunakan adalah daging rusa, namun saat ini sudah digantikan oleh daging babi atau sapi, daging ini dimasak dengan cara pengasapan. Jika kamu berlibur ke Nusa Tenggara Timur, kamu harus mencoba kuliner ini, Daging Se’i diiris tipis lalu disajikan dengan nasi hangat dan di temani sambal serta sayuran menambah kenikmatan kuliner ini.

 

  1. Uwi Ai Ndota

Uwi Ai Ndota

Kuliner khas Nusa Tenggara Timur yang satu ini cocok untuk kamu pecinta ubi, karena bahan utama pembuatan Uwi Ai Ndota adalah ubi kayu atau uni nuabosi, pengolahan daro Uwi Ai Ndota ini adalah dengan cara dikukus lalu disajikan.

 

  1. Rumpu Rampe

rumpu rampe

Selanjutnya adalah kuliner Rumpu Rampe, kuliner ini diolah dari daun atau bunga pepaya, tapi bisa juga menggunakan daun kelor dan gedebok pisang. Pengolahannya adalah dengan di tumis dan di tambahkan rempah-rempah sederhana.

 

  1. Kue Alu Ende

kue alu ende

Kue ini cocok disantap dengan segelas kopi atau teh, memiliki cita rasa yang gurih tambah dengan manisnya gula merah.

 

  1. Nasi Kacang Merah

nasi kacang merah

Jika kamu datang ke Nusa Tenggara Timur khususnya Ende, kamu harus coba makanan khas Ende yang satu ini. Nasi Kacang Merah ini memiliki warna nasi yang merah dan kaya akan karbohidrat, biasanya disajikan dengan lauk khas Ende.

 

  1. Keripik Ubi Nuabosi

Keripik Ubi Nuabosi

Keripik ini hampir mirip dengan keripik singkong, hanya saja Keripik Ubi Nuabosi ini memiliki banyak varia rasa, mulai dari original, keju, jagung manis, dan masih banyak lagi. Jajanan ini cocok untuk di jadikan oleh-oleh, jika kamu berlibur ke Nusa Tenggara Timur.

 

  1. Jagung Bose

Jagung Bose

Jagung Bose adalah bubur yang berbahan dasar jagung, sangat cocok disajikan dengan Daging Se’i.

Baca  Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Kalimantan Timur

 

  1. Jagung Titi

Jagung Titi

Jagung Titi merupakan makanan khas Ende, berbentuk hampir mirip dengan emping mini. Kamu bisa menyantapnya dengan minum kopi ataupun teh.

 

  1. Kolo

kolo

Kuliner yang satu ini adalah kuliner khas dari Nusa Tenggara Timur, Kolo merupakan sebutan nasi bakar di Nusa Tenggara Timur. Bahan pembuatan Kolo ini adalah beras, dan bumbu-bumbu yang susah diracik sedemikian rupa. Kolo ini dimasak di dalam bambu lalu di bakar di atas bara api, Kolo cocok disantap dengan sayuran dan lauk pauk apa saja, biasanya Kolo disantap saat ada upacara adat.

 

  1. Catemak Jagung

catemak jagung

Catemak Jagung merupakan makanan yang berbahan dasar jagung, kacang tanah, kacang hijau, dan juga labu atau sayuran. Dimasak dengan cara direbus bersama air uang sudah di tambahkan bumbu. Catemak Jagung ini merupakan hidangan penutup masyarakat Nusa Tenggara Timur.

 

  1. Lawar Ikan

lawar ikan

Lawar Ikan merupakan hidangan yang berbahan dasar ikan mentah yang direndam dengan air cuka dan perasan jeruk nipis, jika sudah berwarna putih susu Lawar Ikan sudah siap untuk disajikan bersama sayur sayuran.

 

  1. Ikan Kuah Belimbing

ikan kuah belimbing

Ikan yang biasanya digunakan untuk membuat hidangan ini adalah ikan tongkol yang dimasak seperti sop. Kamu akan merasakan sensasi rasa segar gurih asin di dalam hidangan, Ikan Kuah Belimbing ini menjadi salah satu hidangan yang perlu kamu coba saat berkunjung ke Nusa Tenggara Timur.

 

  1. Pelepah Manuk

pelepah manuk

Awalnya hidangan ini dibuat dengan daging burung, tetapi sudah diganti dengan daging ayam namun bumbunya tetap sama. Biasnya Pelepah Manuk ini dimasak dengan cara di bakar, setelah itu dimasukkan lagi ke dalam panci yang sudah berisi rempah dan ditambahkan santan lalu dimasak hingga mengental dan bumbu meresap ke dalam daging, Pelepah Manuk sudah siap untuk disajikan.

Baca  Rekomendasi tempat wisata yang ada di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur

 

Demikianlah rekomendasi kuliner yang wajib kamu cobain ketika liburan di Nusa Tenggara Timur. Apakah kamu tertarik untuk mencicipi salah satu kuliner di atas?

Rate this post

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

pantai water blow nusa duapantai waterblow nusa dua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *