tempat wisata di sumba barat

8 Objek wisata yang ada di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur

Table of Contents

Sumba Barat merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sumba Barat terletak di sebelah barat daya pulau Flores. Sumba Barat menyimpan banyak sekali keindahan alam yang beragam di dalamnya. Mulai dari pantai, hingga rumah adat kuno bisa kamu temukan di kabupaten ini. Maka tak heran jika banyak wisatawan mengunjungi tempat ini.

 

8 Objek wisata yang ada di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur

 

Pastinya kamu penasaran, apa sajakah yang bisa kamu temukan di Kabupaten Sumba Barat? Berikut adalah ulasan 8 objek wisata yang ada di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.

 

  1. Wisata Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Hobawawi, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Pantai Nihiwatu ini memiliki suasana seperti di Hawai. Di pantai ini kamu akan disuguhkan sebuah pemandangan laut biru yang memiliki air jernih, berkombinasi dengan hamparan pasir putih bersih yang membentang memanjang dan dikelilingi oleh perbukitan yang menghijau, sehingga seolah ada surga tersembunyi di balik bukit tersebut.

Banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di pantai ini, seperti berjemur di pinggir pantai, menikmati suasana pantai yang indah dan sejuk, bermain voli, menerbangkan layang-layang, hingga berfoto—foto di spot keren yang berlatarkan batuan besar di tepi pantai.

 

  1. Wisata Pantai Kerewei

pantai kerewei

Pantai Kerewei merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Patiala, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Di tepi pantai ini banyak tumbuh nyiur kelapa yang senantiasa melambai tertiup angin. Pantai ini memiliki suasana yang sangat menawan, dengan pantai yang berbentuk seperti teluk yang indah, sangat sayang jika terlewatkan oleh kamera. Pantai ini memiliki banyak spot berfoto yang sangat menarik dan sayang sekali jika di lewati.

Baca  Beberapa Tempat Wisata di Malaka, Nusa Tenggara Timur yang wajib kamu kunjungi

 

  1. Wisata Desa Adat Parijing

desa adat parijing

Desa Adat Parijing terletak di Desa Tebara, Kecamatan Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Desa ini terletak di sebuah ketinggian yang menyebabkan suasananya sangat sejuk dan dingin. Penduduk desa ini hidup damai dengan selalu menjaga tradisi yang di wariskan oleh nenek moyang mereka. Hal ini lah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi desa adat ini. Kamu bisa menemukan banyak peninggalan sejarah di Desa Adat Parijing ini, seperti bebatuan zaman megalitikum, makam-makam pada zaman megalitikum, dan masih banyak lagi peninggalan sejarah lainnya.

 

  1. Wisata Pantai Lailiang

pantai lailiang

Pantai Lailiang merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Baliloku, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini masih cenderung sepi karena letaknya tersembunyi, sehingga membuat suasananya tenang dan nyaman. Namun sering berjalannya waktu, pantai ini kian ramai dikunjungi wisatawan karena suasananya yang sangat indah. Pantai ini memiliki panorama laut biru kehijauan dengan dua buah tebing besar yang berada di bagian kiri dan kanan pantai sehingga menciptakan kesan yang eksotis dan keindahan yang sangat mempesona.

 

  1. Wisata Pantai Pahiwi

pantai pahiwi

Pantai Pahiwi merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Wai Hura, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini memiliki sebuah tradisi untuk yang kerap dilaksanakan di pantai ini, yakni Festival Nyale. Festival Nyale merupakan festival berupa berburu cacing laut. Tradisi seperti ini juga bisa kamu temukan di Lombok dan Sumbawa. Pantai ini memiliki panorama yang sangat indah dan mempesona. Pantai ini memiliki laut biru yang berubah menjadi keemasan ketika senja tiba. Kamu bisa menikmati keindahan yang luar biasa di pantai ini sembari menikmati suasana matahari terbenam.

Baca  10 Destinasi wisata andalan yang ada di Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur

 

  1. Wisata Pantai Bina Natu

pantai bina natu

Pantai Bina Natu merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Loko Ry, Kecamatan Tana Righu, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini memiliki suasana yang sangat asri dan tenang. Pantai ini sangat cocok dikunjungi oleh kamu yang ingin mencari sebuah ketenangan. Pantai ini masih cenderung sepi dan jauh dari hiruk pikuk kota sehingga bisa menyegarkan pikiran. Kamu bisa menemukan beberapa spot foto yang keren dan melakukan hunting foto. Pantai ini juga sangat cocok untuk para peselancar karena memiliki ombah yang cukup besar.

 

  1. Wisata Kampung Adat Praigoli

kampung adat praigoli

Kampung Adat Praigoli terletak di Desa Wai Hura, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Barat. Di kampung adat ini kamu bisa menemukan kuburan zaman megalitikum. Hal ini merupakan salah satu daya tarik wisatawan untuk mengunjungi desa ini. Oleh warga sekitar makam tersebut disebut dengan Lakara Kajiwa. Awalnya Lakara Kajiwa ini memiliki fungsi untuk tempat penyimpanan benda pusaka kampung adat ini. Namun seiring berjalannya waktu, Lakara Kajiwa ini di alih fungsikan menjadi makam warga yang sudah meninggal.

 

  1. Wisata Kampung Tarung

kampung tarung

Kampung Tarung merupakan salah satu desa adat yang terletak di Desa Sobabwawi, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Kampung Tarung ini terletak di puncak bukit menghadap ke kota Waikabubak, sehingga menyuguhkan sebuah pemandangan lembah bukit dan kota Waikabubak yang sangat mempesona. Kampung ini masih belum tersentuh kemajuan teknologi. Kamu bisa menemukan banyak rumah adat desa ini yang disebut dengan Uma. Kamu juga akan menemukan banyak peninggalan bersejarah yang yang masih tetap terawat hingga sekarang, seperti makam megalitikum dan juga tiang yang digunakan oleh masyarakat sekitar untuk menggantung kepala musuh.

Baca  Tempat wisata paling populer yang terdapat di Kotamobagu, Sulawesi Utara

 

Demikian lah ke 8 objek wisata yang ada di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, selain menawarkan sebuah keindahan alam, kamu juga bisa mengetahui sebuah sejarah dan tradisi. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *