Objek wisata yang terdapat di Padang Panjang, Sumatera Barat

Objek wisata yang terdapat di Padang Panjang, Sumatera Barat

Table of Contents

Objek wisata yang terdapat di Padang Panjang, Sumatera Barat – Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah Barat Provinsi Riau. Provinsi Sumatera Barat ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Padang. Provinsi Sumatera Barat memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Padang Panjang. Padang Panjang merupakan salah satu Kota yang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Kota Padang Panjang ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Objek wisata di Padang Panjang.

 

Objek wisata yang terdapat di Padang Panjang, Sumatera Barat

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Padang Panjang, Sumatera Barat. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Objek wisata yang terdapat di Padang Panjang, Sumatera Barat.

 

Goa Batu Batirai

 

Goa Batu Batirai merupakan Objek wisata yang terletak di Kelurahan Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat. Nama “Batirai” diberikan karena goa ini memiliki banyak stalagmit dan stalaktit yang membentuk pola menyerupai tirai. Oleh karena itu, mengunjungi Goa Batu Batirai menjadi hal yang wajib bagi para pelancong ketika berada di kota Padang Panjang.

Goa Batu Batirai adalah sebuah keajaiban alam yang mengagumkan, yang menciptakan kesan yang mendalam pada banyak orang. Pengunjung dapat mencapai Goa Batu Batirai melalui jalur darat. Harga tiket masuk ke Objek wisata ini hanya Rp 4.000 per orang.

Baca  Rekomendasi objek wisata di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur yang wajib kamu datangi

Lokasi: Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang, Provinsi Sumatera Barat.

 

Air Terjun Tujuh Tingkat

 

Air Terjun Tujuh Tingkat, Objek wisata keempat ini terletak di Silaing Bawah, kecamatan Padang Panjang Barat. Air Terjun Tujuh Tingkat menawarkan pemandangan yang tidak kalah indah dengan air terjun di Lembah Anai, dengan air yang sangat jernih dan suasana alam yang asri di sekitarnya. Objek wisata ini sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang menyukai keindahan alam bebas.

Biasanya, tempat ini banyak dikunjungi oleh komunitas pecinta alam yang ingin merasakan pengalaman ekstrem di kawasan air terjun yang curam. Pengunjung dapat mencapai Objek wisata ini melalui jalur darat. Untuk masuk ke kawasan wisata ini, diperlukan biaya sebesar Rp 2.000 per orang.

Lokasi: Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang, Provinsi Sumatera Barat.

 

Museum Kebudayaan Minangkabau

 

Museum Kebudayaan Minangkabau, Objek wisata ketujuh ini terletak di Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat. Museum ini menyajikan pengalaman wisata budaya dan edukasi tentang Padang Panjang. Pengunjung dapat mempelajari sejarah Suku Minang dan menikmati pemandangan bangunan yang mirip dengan rumah gadang, tempat tinggal tradisional Suku Minang.

Di museum ini, pengunjung juga dapat melihat berbagai referensi mengenai sejarah kebudayaan Minangkabau. Harga tiket masuk untuk pengunjung adalah Rp 3.000 per orang. Pengunjung dapat mencapai Objek wisata ini melalui jalur darat.

Lokasi: Komplek PDIKM, Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang, Provinsi Sumatera Barat.

 

Masjid Asasi Sigando

 

Masjid Asasi Sigando, Objek wisata kedelapan ini terletak di Silaing Atas, Kecamatan Padang Panjang Barat. Masjid Asasi Sigando tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga menjadi Objek wisata yang dijadikan sebagai cagar budaya. Di dalam masjid ini, pengunjung akan menemukan berbagai ukiran khas Minangkabau yang terletak di bagian eksterior bangunan.

Baca  Objek wisata yang ada di Kerinci, Jambi

Objek wisata ini merupakan salah satu Objek wisata religi yang terdapat di kota Padang Panjang. Pengunjung yang ingin mengunjungi Masjid Asasi Sigando dapat menggunakan akses jalur darat. Untuk masuk ke lokasi Objek wisata ini, pengunjung tidak perlu membayar biaya masuk karena tidak ada biaya yang dikenakan.

Lokasi: Jalan Syech Ibrahim Musa No.40, Sigando, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Provinsi Sumatera Barat.

 

Stasiun Kereta Api Padang Panjang

 

Stasiun Kereta Api Padang Panjang, Objek wisata kesembilan ini terletak di Silaing Atas, Kecamatan Padang Panjang Barat. Objek wisata ini menawarkan pengalaman sejarah dengan bangunan yang didirikan oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1989. Bagi pengunjung yang tertarik dengan wisata sejarah, stasiun ini menjadi tujuan utama yang menarik untuk dikunjungi.

Untuk merasakan pengalaman naik kereta di stasiun ini, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 100.000 per orang. Pengunjung yang ingin mengunjungi stasiun ini dapat menggunakan jalur darat.

Lokasi: Pasar Usang, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang, Provinsi Sumatera Barat.

 

Kampung Budaya Religi

 

Kampung Budaya Religi, Objek wisata terakhir ini terletak di Sigando, Kecamatan Padang Panjang Timur. Objek wisata ini menggabungkan wisata budaya dan religi dalam satu tempat. Kampung ini memiliki sejarah yang bermula dari peradaban Suku Minang.

Pengunjung tidak akan dikenakan biaya tiket untuk memasuki lokasi Objek wisata ini. Untuk mengunjungi tempat ini, pengunjung dapat menggunakan akses jalur darat dengan menggunakan sepeda motor atau kendaraan pribadi.

Lokasi: Sigando, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Provinsi Sumatera Barat.

 

Demikianlah Objek wisata yang terdapat di Padang Panjang, Sumatera Barat. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

Baca  Deretan rekomendasi wisata pantai yang ada di Aceh

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *