Destinasi wisata yang ada di Sungai Penuh, Jambi

Destinasi wisata yang ada di Sungai Penuh, Jambi

Table of Contents

Destinasi wisata yang ada di Sungai Penuh, Jambi – Jambi merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah selatan Provinsi Riau. Provinsi Jambi ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Jambi. Provinsi Jambi memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Sungai Penuh. Sungai Penuh merupakan salah satu Kota yang terletak di Provinsi Jambi. Kota Sungai Penuh ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Destinasi wisata di Sungai Penuh.

 

Destinasi wisata yang ada di Sungai Penuh, Jambi

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Sungai Penuh, Jambi. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Destinasi wisata yang ada di Sungai Penuh, Jambi.

 

Bukit Khayangan

 

Destinasi wisata pertama yang harus Anda kunjungi di Sungai Penuh adalah Bukit Khayangan. Bukit Khayangan menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari rangkaian bukit barisan. Meskipun Bukit Khayangan berlokasi jauh dari pusat kota Jambi, keindahan alamnya pasti akan memotivasi Anda untuk mengunjungi tempat ini.

Bukit Khayangan memiliki ketinggian sekitar 2000 meter di atas permukaan laut dengan suhu sekitar 20 derajat Celsius. Bukit ini berbatasan langsung dengan Taman Nasional Kerinci Seblat dan terletak di Desa Binakarya, Sungai Penuh. Tempat ini dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti saung, gazebo, toilet, area parkir yang luas, dan masih banyak lagi.

Baca  Objek wisata yang ada di Morowali Utara, Sulawesi Tengah

Lokasinya berada di Renah Kayu Embun, Kabupaten Kumun Debai, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi.

 

Bukit Sentiong

 

Selain Bukit Khayangan, ada satu lagi bukit yang menawarkan panorama alam yang indah, yaitu Bukit Sentiong. Bukit Sentiong menjadi tempat favorit untuk menikmati matahari terbenam di sore hari, terutama karena hampir seluruh wilayah kota Sungai Penuh terlihat jelas dari puncak bukit. Bukit ini menjadi lebih ramai ketika menjelang sore atau malam hari.

Bukit Sentiong terletak di pinggir kota Sungai Penuh dan sangat dekat dengan pusat kota. Hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit perjalanan untuk mencapai lokasi Bukit Sentiong.

Lokasinya berada di Sungai Akar, Desa Pelayang Raya, Kecamatan Sungai Bungkal, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi.

 

Wisata Bukit Tapan

 

Kota Sungai Penuh, dikelilingi oleh bukit dan lembah yang indah, menawarkan banyak destinasi wisata bukit yang menarik. Salah satunya adalah Bukit Tapan. Dari puncak bukit ini, Anda dapat menikmati pemandangan yang memukau, dengan pemandangan yang jelas terlihat wilayah kota Sungai Penuh, keindahan perbukitan, dan pepohonan yang rindang. Akses menuju lokasi ini juga mudah, sehingga kendaraan dari berbagai jenis dapat masuk ke kawasan ini.

Bukit Tapan terletak di Koto Renah, Kecamatan Pesisir Bukit, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi.

 

Bukit Simancik

 

Masih berbicara tentang wisata alam perbukitan di Sungai Penuh, ada satu lagi bukit yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Bukit Simancik. Bukit ini terletak di Dusun Sungai Jeruang, Desa Sungai Jernih, Sungai Penuh. Meskipun merupakan Destinasi wisata yang relatif baru, Bukit Simancik memiliki daya tarik yang memukau dan menarik banyak pengunjung pada akhir pekan.

Baca  Objek wisata yang terdapat di Lampung Barat, Lampung

Saat ini, Bukit Simancik dikelola dengan baik oleh organisasi kepemudaan Dusun Sungai Jeruang. Pengelolaan yang baik ini membuat Bukit Simancik menjadi Destinasi wisata yang ideal untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Meskipun fasilitas di lokasi masih terbatas, dan akses menuju bukit ini sedikit sulit, pengunjung dapat mencapai Bukit Simancik dengan berjalan kaki.

Bukit Simancik berlokasi di Desa Sungai Jernih, Kecamatan Sungai Penuh, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi.

 

Wisata Sejarah Ala Sungai Penuh

 

Sungai Penuh merupakan kota yang kaya akan sejarah, dengan banyak peninggalan bersejarah yang terdapat di dalamnya. Kota ini dikenal sebagai pusat peradaban pada era prasejarah dan menjadi sentra kebudayaan Melayu kuno. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak dokumen dan naskah kuno yang dapat ditemui di kota ini.

Selain itu, terdapat beberapa rekomendasi Destinasi wisata bersejarah yang patut dikunjungi di Sungai Penuh. Antara lain adalah Batu Gong Nenek Betung, Batu Sorban, Tabuh, Tulisan Incong, Tabuh Larangan, Masjid Agung Pondok Tinggi, serta banyak tempat bersejarah lainnya yang dapat ditemukan di kota ini.

Lokasi: Desa Koto Beringin, Kecamatan Kumun Debai, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi.

 

WTC Koto Beringin

 

Anda dapat menemukan suasana pedesaan yang nyaman di kota Sungai Penuh. Salah satu Destinasi wisata keluarga dengan nuansa pedesaan yang menarik adalah WTC Koto Beringin. Terletak di Desa Koto Beringin, Kecamatan Hamparan Rawang, Destinasi wisata ini cocok untuk Anda yang mencari kedamaian. Anda akan menikmati pemandangan alam yang indah dengan persawahan yang luas dan hijau.

Lokasi: Koto Beringin, Kecamatan Hamparan Rawang, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi.

 

Demikianlah Destinasi wisata yang ada di Sungai Penuh, Jambi. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

Baca  Destinasi wisata terindah yang ada di Langsa, Aceh

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *