Objek wisata yang ada di Solok Selatan, Sumatera Barat

Objek wisata yang ada di Solok Selatan, Sumatera Barat

Table of Contents

Objek wisata yang ada di Solok Selatan, Sumatera Barat – Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah Barat Provinsi Riau. Provinsi Sumatera Barat ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Padang. Provinsi Sumatera Barat memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Solok Selatan. Solok Selatan merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Ibu kota Kabupaten Solok Selatan berada di Padang Aro. Kabupaten Solok Selatan ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Objek wisata di Solok Selatan.

 

Objek wisata yang ada di Solok Selatan, Sumatera Barat

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Solok Selatan, Sumatera Barat. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Objek wisata yang ada di Solok Selatan, Sumatera Barat.

 

Gunung Kerinci

 

Gunung Kerinci adalah salah satu destinasi favorit wisata di Sumatera Barat, terutama bagi para pecinta alam dan pendaki gunung. Anda dapat mencapai gunung ini melalui jalur Desa Bangun Rejo dan Kersik Tuo di Solok Selatan.

Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di pulau Sumatera dan sering disebut sebagai “atap Sumatera”. Banyak pendaki yang bermimpi untuk mencapai puncak gunung ini. Apakah Anda juga tertarik untuk mencobanya?

Lokasi: Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Selatan.

Baca  Tempat wisata yang ada di Merangin, Jambi

 

Air Terjun Kembar

 

Wisata Air Terjun Kembar merupakan salah satu destinasi tersembunyi yang berharga di Solok Selatan. Terletak di Bangun Rejo, sekitar lima kilometer dari Kantor Bupati Solok Selatan. Dari area parkir, Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 5 menit dengan akses yang mudah.

Anda akan menemukan air terjun alami yang mengalir segar, bahkan airnya bisa diminum langsung. Air Terjun Kembar memiliki ketinggian sekitar 20-25 meter dengan dua kolam renang. Anda dapat menikmati segarnya air terjun ini dengan berendam, menikmati keindahan alam sekitar, atau bahkan berkemah di sini.

Lokasi: Bangun Rejo, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Goa Batu Kapal

 

Goa Batu Kapal adalah salah satu destinasi yang menawarkan panorama eksotis yang indah di Sumatera Barat yang dapat Anda kunjungi. Lokasi ini seolah menampilkan lukisan alam yang megah dengan dinding gua yang terukir dengan motif cantik.

Terdiri dari empat batu kapur, dua di antaranya membentuk gua yang disebut Batu Kapal. Nama ini muncul karena lorongnya menyerupai kabin kapal. Saat memasuki mulut gua, Anda akan disambut oleh kelelawar dan burung walet di langit-langit gua, dengan suara gemercik air yang jatuh di sungai, menciptakan suasana yang menenangkan.

Pemandangan indah juga terlihat melalui celah-celah di langit-langit gua yang memancarkan sinar matahari yang indah. Dengan dinding berwarna putih kehijauan dan sinar matahari yang memancar, gua ini menjadi sangat indah seperti lukisan.

Lokasi: Nagari Sungai Kunyit Barat, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Air Terjun Tansi Ampek

 

Terletak di kota Padang Aro, Air Terjun Tansi Ampek menjadi salah satu Objek wisata pilihan untuk Anda menghilangkan kepenatan. Dikelilingi oleh keindahan alam yang masih alami, air terjun Tansi Ampek menawarkan pemandangan indah yang memikat.

Baca  Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Riau

Untuk mencapai lokasi ini, Anda perlu menempuh jarak sekitar 8 km dari pusat kota. Selama perjalanan, Anda akan melewati perkebunan teh dengan latar belakang gunung Kerinci yang tentunya menakjubkan.

Lokasi: Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Air Terjun Malanca

 

Air terjun Malanca, yang juga dikenal sebagai Simalanca, merupakan sebuah tempat pemandian alami yang menawarkan beragam kegiatan. Di sini, Anda dapat mandi di air yang jernih dan segar, bermain seluncur, serta menikmati panorama indah air terjun dengan latar belakang kebun teh dan perkampungan Sungai Lambai.

Lokasi air terjun ini sangat mudah ditemukan, terletak di Padang Aro. Setibanya di lokasi, Anda perlu mendaki tangga setinggi 50 meter untuk mencapai tempat tersebut.

Lokasi: Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Kebun Teh Liki

 

Apabila Anda tidak terlalu tertarik mendaki Gunung Kerinci, namun ingin menikmati keindahan pemandangannya, kunjungan ke Kebun Teh Liki dapat menjadi alternatif yang menyenangkan. Sebagai kebun teh yang diklaim sebagai yang terluas di dunia, Kebun Teh Liki memiliki luas sekitar 2.025 hektar dengan ketinggian antara 600 hingga 1300 meter di atas permukaan laut. Anda akan menikmati panorama yang memukau dari hamparan perkebunan teh dengan Gunung Kerinci sebagai latar belakangnya. Suasana di sana tentu saja sejuk dan alami.

Kebun Teh Liki telah ada sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda dan saat ini dikelola oleh PT. Mitra Kerinci sejak tahun 1990. Lokasinya berada di Nagari Lubuak Gadang, Jalan Padang Aro-Muaro, Kecamatan Sangir.

Lokasi: Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Selatan.

Baca  Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Jambi

 

Demikianlah Objek wisata yang ada di Solok Selatan, Sumatera Barat. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

 

 

 

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *