Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sumatera Barat

Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sumatera Barat

Table of Contents

Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sumatera Barat – Makanan khas Sumatera Barat memang telah menjadi sangat terkenal di seluruh Indonesia. Bahkan, rumah makan Padang dapat ditemui di berbagai provinsi di Indonesia.

 

Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sumatera Barat

 

Jika Anda dan keluarga berencana untuk berlibur ke Sumatera Barat, selain Sate Padang, ada beberapa makanan lain yang wajib dicoba. Berikut adalah Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sumatera Barat.

 

Gulai Gajeboh

 

Gulai Gajeboh merupakan salah satu makanan khas Sumatera Barat yang tidak boleh dilewatkan. Padang tidak hanya terkenal dengan rendangnya, tetapi juga dengan gulai gajeboh atau yang dikenal juga sebagai sandung lamur. Makanan ini terbuat dari daging sapi bagian punuk yang kaya akan gajih (lemak).

Seperti namanya, gulai gajeboh ini disajikan dengan kuah gulai yang khas. Perpaduan antara rasa asam pareh dan santan menciptakan cita rasa yang lezat. Selain kelezatan dari lemak daging, kuah gulai ini juga memiliki sedikit rasa pedas yang menambah kenikmatannya. Namun, disarankan untuk tidak mengonsumsi masakan ini jika Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

 

Rendang Paru

 

Rendang Paru merupakan makanan khas Sumatera Barat yang tidak boleh dilewatkan. Sumatera Barat memang terkenal dengan berbagai olahan rendang yang lezat. Setelah rendang daging sapi, kini ada rendang paru. Makanan ini menggunakan paru-paru sapi yang memiliki tekstur lebih lembut dan lembab dibandingkan dengan daging sapi.

Berbeda dengan rendang sapi, rendang paru memiliki bumbu yang terdiri dari bawang putih, jahe, lengkuas, cabai merah, dan rempah-rempah lainnya. Untuk memasak rendang paru, diperlukan takaran santan yang lebih banyak daripada rendang daging sapi biasa.

Baca  Rekomendasi Wisata Kuliner yang wajib kamu coba di Pulau Lombok

 

Kacimuih

 

Kacimuih adalah makanan khas Sumatera Barat yang tidak boleh terlewatkan. Meskipun namanya terdengar asing, makanan ini sebenarnya adalah makanan manis yang cocok sebagai camilan sore ketika berkumpul bersama keluarga.

 

Lompong Sagu

 

Lompong sagu merupakan makanan khas Sumatera Barat yang tidak boleh dilewatkan. Terbuat dari tepung sagu, parutan kelapa, gula merah, santan, dan pisang kepok atau pisang raja, makanan ini memiliki rasa manis yang dominan dan aroma khas dari pemanggangan.

Selain itu, bentuknya juga unik. Setelah matang, lompong sagu disajikan dalam bentuk kotak-kotak hasil potongan di atas piring, dengan kelapa parut ditaburkan di atasnya.

 

Ayam Pop

 

Ayam pop, makanan khas Sumatera Barat, sudah pasti tidak asing bagi para pecinta masakan Padang. Ayam pop yang gurih ini terbuat dari ayam kampung yang dimasak dengan menggunakan bumbu seperti lengkuas, bawang merah, bawang putih, daun salam, garam, jeruk nipis, dan santan. Salah satu ciri khasnya adalah ditambahkan dengan sambal cabai merah.

Biasanya, bagian ayam yang disajikan dalam restoran Padang adalah bagian paha dan dada. Makanan khas Sumatera Barat ini sangat lezat disantap dengan nasi hangat, disertai dengan kuah gulai dan rendang, serta dilengkapi dengan lalapan daun singkong.

 

Nasi Kapau

 

Nasi Kapau, makanan khas Sumatera Barat berikutnya, memiliki kemiripan dengan Nasi Padang yang sudah sangat terkenal dan mudah ditemui.

Perbedaannya terletak pada cara penyajiannya. Pada Nasi Kapau, hidangan-hidangan lauk disajikan langsung di atas meja. Salah satu hidangan yang membedakan dari Nasi Padang adalah gulai kapau, yang terbuat dari nangka, kol, dan kacang panjang. Gulai kapau ini memiliki rasa sedikit asam dengan kuah berwarna kuning. Sedangkan lauk lainnya tidak terlalu berbeda dengan yang terdapat pada Nasi Padang.

Baca  Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sulawesi Utara

 

Soto Padang

 

Soto Padang, makanan khas Sumatera Barat selain sate Padang, juga merupakan hidangan yang harus dicicipi. Soto Padang cukup populer di Indonesia dan dapat ditemukan di luar Sumatera Barat. Soto Padang ini adalah soto kaldu sapi yang disajikan dengan irisan daging sapi yang telah digoreng kering, perkedel kentang, dan bihun.

Kuah kaldu sapi pada soto ini memiliki cita rasa yang kuat karena menggunakan berbagai rempah-rempah seperti cengkeh, daun jeruk, bunga lawang, dan kapulaga. Sebagai pelengkapnya, soto khas Sumatera Barat ini juga dilengkapi dengan kerupuk merah muda yang terbuat dari tepung tapioka, sehingga menambahkan variasi rasa dan tekstur pada soto Padang ini.

 

Demikianlah Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sumatera Barat.

 

 

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *