objek wisata di paniai

Objek wisata yang ada di Paniai, Papua Tengah

Table of Contents

Papua Tengah merupakan salah satu Provinsi yang terletak di Indonesia. Provinsi Papua Tengah merupakan salah satu provinsi hasil pemekaran dari Provinsi Papua. Provinsi Papua Tengah ini dimekarkan bersamaan dengan dua provinsi lainnya, yakni Provinsi Papua Pegunungan dan Papua Selatan pada tanggal 30 Juni 2022.

Provinsi Papua Tengah terdiri dari beberapa wilayah yang memiliki pesona alam sangat indah dan keberagaman budaya yang sangat unik dan menarik, salah satunya adalah Paniai. Paniai merupakan salah satu Kabupaten yang terdapat di Provinsi Papua Tengah. Kabupaten Paniai ini berada di tengah-tengah pedalaman pada ketinggian sekitar 1.700 mdpl.

Pada zaman Belanda, Paniai disebut dengan Wisselmeren, sesuai nama tiga danau yang terdapat di sekitar pusat kota Enarotali. Seorang pilot berkebangsaan belanda adalah orang yang menemukan danau ini, ia bernama Frits Julius Wissel. Frits Julius Wissel menemukan danau ini pada tahun 1938. Dalam bahasa Belanda, danau disebut dengan Meer. Namun dalam bentuk majemuk, danau disebut dengan Meeren. Karena yang menemukan danau-danau tersebut adalah Frits Julius Wissel, maka danau-danau tersebut dikenal dengan nama Wisselmerren. Mulai saat itulah masyarakat Kabupaten Paniai mulai bisa berinteraksi dengan dunia luar.

Kabupaten Paniai memiliki objek wisata yang sangat beragam. Kabupaten Paniai memiliki sangat banyak sekali wisata alam yang indah. Selain itu, Kabupaten Paniai memiliki kekayaan tradisi, budaya, dan adat istiadat yang sangat beragam dan unik yang bisa menjadi daya tarik Kabupaten Paniai. Kabupaten Paniai ini memang masih belum terkenal dikalangan para wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kini berbagai objek wisata di Kabupaten Paniai, sudah memiliki akses yang cukup mudah. Mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi, bisa kamu temukan di Kabupaten Paniai.

Baca  Barisan Gunung paling tinggi di Pulau Papua

 

Objek wisata yang ada di Paniai, Papua Tengah

 

Kabupaten Paniai memiliki banyak keindahan alam yang masih sangat asri karena kebanyakan objek wisata disana masih jarang di jamah para wisatawan. Berikut adalah Objek wisata yang ada di Paniai, Papua Tengah.

 

Perkampungan suku pedalaman

Perkampungan suku pedalaman

Jika kamu seorang penyuka atau pengamat budaya, kamu bisa mencoba mengunjungi perkampungan ini. Perkampungan Suku Pedalaman ini berada di kawasan dataran tinggi Kabupaten Paniai. Perkampungan ini memiliki budaya yang masih sangat kental, mulai dari pakaian adat hingga tradisi yang diwariskan turun temurun oleh nenek moyang mereka.

Di Perkampungan suku pedalaman terdapat dua suku yang hingga kini hidup berdampingan dengan rukun dan saling berinteraksi. Kedua suku tersebut adalah Suku Mee dan Suku Moni, kedua Suku ini merupakan suku terbesar yang menempati daerah ini. Ketika mengunjungi perkampungan suku pedalaman ini, kamu akan menemukan rumah adat Papua, yakni Rumah Honai.

Kamu bisa berkunjung kesana, berinteraksi secara langsung dengan masyarakat Paniai dan menyaksikan secara langsung bagaimana mereka menjalani kehidupan. Yang terpenting kamu tahu apa peraturan di desa tersebut dan selalu menjaga sopan santun. Kamu juga bisa menikmati aktraksi yang disuguhkan oleh masyarakat setempat. Ini merupakan salah satu saya tarik untuk mengunjungi Perkampungan Suku Pedalaman di Kabupaten Paniai ini.

 

Bukit Bobaigo

Bukit Bobaigo

Bukit Bobaigo merupakan salah satu objek wisata yang wajib banget kamu kunjungi ketika berlibur di kawasan Papua Tengah, khususnya Kabupaten Paniai. Bukit Bobaigo merupakan salah satu objek wisata yang kerap dikunjungi oleh para wisatawan di Paniai. Bukit Bobaigo terletak di Desa Mogeya, Distrik Paniai Barat, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah. Bukit Bobaigo ini terletak di pinggiran danau Paniai.

Baca  Objek wisata yang bisa kamu kunjungi di Puncak, Papua Tengah

Dari atas Bukit Bobaigo, kamu bisa menikmati keindahan alam sekitar yang sangat mempesona dan panorama danau yang masih sangat terjaga keasriannya. Bukit Bobaigo ini diselimuti ilalang yang membuatnya terlihat sangat asri. Di objek wisata Bukit Bobaigo ini, terdapat sebuah landasan udara yang digunakan oleh para wisatawan untuk mengunjungi objek wisata yang ada di Bukit ini dan sekitarnya. Jarak landasan udara dengan puncak Bukit Bobaigo sekitar 45 menit perjalanan berjalan kaki.

Bukit Bobaigo sangat melekat dengan mitos yang berhubungan dengan Negara Indonesia. Yakni masyarakat sekitar sangat mempercayai bahwa burung Garuda berasal dari Bukit Bobaigo. Selain bisa menikmati keindahan Danau Paniai, kamu juga bisa menikmati pemandangan danau-danau lainnya yang berada di sekitar Bukit Bobaigo, seperti Danau Tigi yang terletak di Kabupaten Deiyai.

 

Danau Paniai

Danau Paniai

Danau Paniai merupakan salah satu objek wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur di Paniai. Danau ini diberikan nama yang sama dengan nama daerah tempat danau ini berada, yakni Kabupaten Paniai. Danau Paniai terletak di Desa Mogeya, Distrik Paniai Barat, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah. Danau Paniai merupakan salah satu danau terindah di dunia.

Danau ini pernah dinobatkan sebagai salah satu danau terindah di dunia pada tahun 2007 saat event di India. Danau Paniai ini berada di ketinggian sekitar 1700 mdpl. Sedangkan luas danau Paniai ini mencapai sekitar 14.500 hektar. Di sekitar danau ini banyak ditumbuhi pepohonan sehingga danau ini memiliki suasana yang sejuk dan masih sangat terjaga keasriannya.

Danau ini memiliki air yang berwarna biru dengan tepi danau yang berpasir berpadu dengan batu-batu kecil yang semakin menambah keindahannya. Tak heran jika danau ini menyandang gelar sebagai salah satu danau terindah di dunia. Kamu bisa menikmati keindahan tebing-tebing dan perbukitan yang ada disekitar danau Paniai. Selain menikmati pemandangannya yang indah, kamu juga bisa melakukan beberapa aktivitas seru di Danau Paniai ini, seperti memancing, kamu bisa menemukan berbagai jenis ikan yang hidup di Danau ini, kamu juga bisa memancing udang jenis langka yang kerap dijadikan kuliner khas masyarakat sekitar.

Baca  Rekomendasi Objek Wisata di Biak Numfor yang Populer dan Wajib Untuk Dikunjungi

Kamu juga bisa dengan mudah menemukan berbagai fasilitas umum di sekitar danau ini, mengingat danau ini merupakan sebuah objek wisata unggulan. Kamu bisa dengan mudah menemukan penginapan atau akomodasi lainnya yang telah disiapkan pemerintah untuk menjadi sarana pelengkap liburan. Tak heran jika Danau Paniai menjadi objek wisata tujuan utama bagi para wisatawan.

 

Demikianlah Objek wisata yang ada di Paniai, Papua Tengah. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu. Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satu objek wisata di atas?

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *