Objek wisata yang ada di Kerinci, Jambi

Objek wisata yang ada di Kerinci, Jambi

Table of Contents

Objek wisata yang ada di Kerinci, Jambi – Jambi merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah selatan Provinsi Riau. Provinsi Jambi ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Jambi. Provinsi Jambi memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Kerinci. Kerinci merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Jambi. Ibu kota Kabupaten Kerinci berada di Siulak. Kabupaten Kerinci ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Objek wisata di Kerinci.

 

Objek wisata yang ada di Kerinci, Jambi

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Kerinci, Jambi. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Objek wisata yang ada di Kerinci, Jambi.

 

Danau Gunung Tujuh

 

Danau Gunung Tujuh adalah salah satu tujuan wisata yang sangat populer di daerah Kerinci. Air danau yang jernih dan udara pegunungan yang sejuk menjadikan tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan. Nama “Gunung Tujuh” diberikan karena pemandangan danau ini sesuai dengan namanya, dengan tujuh bukit gunung yang mengelilingi danau.

Sarankan untuk mengunjungi Danau Gunung Tujuh saat matahari baru terbit di pagi hari. Anda akan menemukan momen magis ketika tujuh bukit tersebut terlihat berwarna merah keemasan karena pantulan sinar matahari pagi dari permukaan air danau.

Lokasinya berada di Pesisir Bukit, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci.

Baca  5 Destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi di Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara

 

Danau Kaco

 

Danau Kaco memiliki perbedaan dengan Danau Tujuh Gunung yang memiliki luas yang cukup besar, sementara Danau Kaco hanya memiliki ukuran sekitar 30 m x 30 m. Meskipun ukurannya tidak besar, Danau Kaco memiliki daya tarik sendiri. Nama “Kaco” berasal dari bahasa setempat yang berarti “kaca”, mengacu pada kejernihan airnya yang menakjubkan.

Yang menarik, air danau ini memiliki warna kebiruan yang menawan. Selain itu, Anda juga dapat melihat ribuan Ikan Semah berenang bebas di dalamnya. Terletak di ketinggian 1.289 m, Danau Kaco menjadi salah satu Objek wisata yang wajib dikunjungi di Kerinci.

Lokasinya berada di Dusun Baru Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

 

Danau Kerinci

 

Danau Kerinci merupakan salah satu tujuan wisata yang tidak boleh terlewatkan saat berlibur di Kerinci. Danau ini menjadi favorit bagi keluarga yang berkunjung dan berlibur di Kerinci. Terletak di kaki Gunung Raja, tepatnya di Kecamatan Danau Kerinci, danau ini memiliki luas yang sangat luas, mencapai sekitar 4200 hektar, dengan kedalaman rata-rata sekitar 110 meter.

Selain sebagai objek wisata, danau ini juga menjadi pusat mata pencaharian bagi penduduk lokal. Sebagian besar penduduk yang tinggal di sekitar danau bekerja sebagai nelayan yang mencari ikan di danau sebagai sumber penghidupan mereka. Anda akan melihat berbagai jenis perahu berjejer di permukaan danau.

Lokasinya berada di Danau Kerinci, Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

 

Air Terjun Talang Kemulun

 

Air Terjun Talang Kemulun terletak di dalam hutan yang lebat, di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Karena berada di tengah hutan yang rapat, air terjun ini kurang dikenal oleh wisatawan yang mengunjungi Kerinci. Namun, Anda masih dapat menikmati keindahan alam yang ditawarkan oleh Air Terjun Talang Kemulun. Bahkan, karena jarangnya pengunjung, Anda bisa menikmati ketenangan dan keindahan air terjun ini. Keunikan dari air terjun ini adalah terdiri dari 12 tingkat batu yang membentuk struktur yang indah ketika dilihat dari jauh.

Baca  Objek wisata yang ada di Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Lokasinya berada di Desa Kemulun, Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

 

Pendakian Kerinci

 

Pendakian Kerinci merupakan Objek wisata yang ideal bagi para petualang dan pecinta alam. Tidak hanya menarik minat wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan dari mancanegara. Keadaan alam yang masih terjaga dengan baik menjadikan pendakian ini sebagai tujuan favorit di Kerinci, terutama bagi mereka yang mencari petualangan.

Jika Anda berencana untuk mendaki Gunung Kerinci, pastikan untuk mempersiapkan peralatan dan stamina yang memadai, karena medannya yang cukup ekstrem dapat menguras stamina dengan cepat.

Lokasinya berada di Bengkolan Dua, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

 

Danau Lingkat

 

Danau Lingkat terletak di tepi Taman Nasional Kerinci Seblat. Meskipun memiliki luas sekitar 12 hektar, danau ini menjadi salah satu Objek wisata favorit yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal. Keunikan dari danau ini adalah warna airnya yang berwarna hijau.

Ketika Anda mengunjungi danau ini pada sore hari, Anda dapat mendengar suara binatang liar seperti Siamang. Anda juga dapat naik rakit sambil menjelajahi hutan di sekitar danau. Keadaan alam yang masih terjaga dengan baik menjadikan danau ini sebagai lokasi liburan yang populer.

Lokasinya berada di Lempur Hilir, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

 

Air terjun Telun Berasap

 

Air terjun Telun Berasap terletak tidak jauh dari Gunung Kerinci. Setelah menaklukkan Gunung Kerinci, mengunjungi Air Terjun Telun Berasap adalah pilihan yang tepat. Biasanya, para pendaki mengunjungi air terjun ini untuk menikmati kesegaran airnya setelah selesai mendaki. Air terjun ini berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan sumber dari sungai yang mengalir ke Danau Gunung Tujuh.

Baca  Objek wisata paling populer yang terdapat di Pidie, Aceh

Mitos yang terkenal adalah adanya sebuah goa di belakang air terjun. Konon, hingga saat ini belum ada yang berhasil memasuki goa tersebut karena arus air yang deras. Dari jauh, derasnya air membentuk kabut yang menggabungkan dengan pepohonan yang lebat, menciptakan keindahan yang menakjubkan.

Lokasinya berada di Telun Berasap, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

 

Air Terjun Pancuran Rayo

 

Tahukah Anda bahwa Air Terjun Pancuran Rayo terletak di tengah hutan yang lebat sehingga namanya tidak terdaftar di Dinas Perhubungan? Air terjun ini tersembunyi di lokasi yang sangat terpencil, sehingga hanya sedikit orang yang mengetahuinya. Air terjun ini memiliki ketinggian yang cukup tinggi. Tingginya air terjun tersebut, ditambah dengan tebing batu di sekelilingnya, menjadikannya indah dan menakjubkan.

Untuk mengagumi keindahannya secara sempurna, disarankan untuk mengunjungi air terjun ini pada pagi atau sore hari ketika sinar matahari menyinari air terjun yang mengalir deras dan menerpa tebingnya.

Lokasinya berada di Jalan Pulau Tengah, Dusun Baru Pulau Tengah, Kecamatan Keliling Danau, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

 

Demikianlah Objek wisata yang ada di Kerinci, Jambi. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *