Kuliner di Kalimantan Utara

Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Kalimantan Utara

Table of Contents

Bila Kamu akan melaksanakan ekspedisi liburan sehingga pulau Kalimantan ini sesuai untuk dijadikan opsi. Tidak hanya ialah pulau terbanyak di Indonesia dengan panorama alam yang bagus dan menarik. Kalimantan ini pula mempunyai santapan khas yang banyak serta enak khususnya wilayah Kalimantan Utara.

 

Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Kalimantan Utara

 

Kuliner dari Kalimantan Utara ini amat berbagai berbagai mulai dari bermacam olahan olahan sampai santapan yang menarik. Sehingga dari itu bila Kamu bertamu ke Kalimantan Utara janganlah hingga terlewatkan buat mencicipi santapan khasnya yang menggugah selera. Rasanya kurang komplit apabila telah liburan jauh namun tidak menjajalnya.

 

Kepiting Soka

 

Santapan khas yang awal terdapat kepiting soka. Bila Kamu amat menggemari santapan yang berbahan dasar kepiting sehingga kuliner ini harus jadi opsi Kamu. Sebab memiliki cita rasa yang pedas. Tidak cuma itu santapan ini amat gampang buat ditemui ialah dengan mendatangi kota Tanggerang.

Menu kuliner kepiting soka ini amat populer serta jadi kesukaan untuk para turis yang menggemari kepiting. Tidak hanya itu kepiting soka ini pula mempunyai rasa yang enak dan nikmat. Alhasil membuat Kamu tidak akan merasa kecewa dengan membelinya.

Tidak cuma itu saja kepiting ini pula memiliki banyak protein dan vit, sekalian kecil lemak serta memiliki basis mineral yang banyak alhasil bagus untuk kesehatan badan.

Olahan ini akan lebih menarik lagi bila penyajiannya ditumis dengan saus. Alhasil membuat bumbu- bumbu lebih kilat menyerap kedalam badan kepiting serta rasa bumbunya akan terus menjadi muncul. Oleh karena itu cicipilah olahan ini saat sebelum tertinggal dengan wisatawan yang lain.

Baca  Rekomendasi tempat wisata yang wajib kamu kunjungi di Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan

 

Sate Ikan Pari

 

Catatan santapan istimewa berikutnya terdapat sate ikan pari. Di Kalimantan Utara persisnya sungai Sesayap jadi tempat banyak ditemuinya ikan pari itu. Alhasil ikan pari ini dijadikan menu aksesoris selaku lauk buat memakan nasi subut oleh masyarakat setempat.

Buat menaikkan cita rasa supaya terus menjadi nikmat sehingga basahi dengan kecap manis serta madu dikala terbakar. Sehabis itu sate ikan pari ini sedia buat dimakan. Menu ini tidak sering sekali ditemui di wilayah lain.

 

Nasi Udang

 

Kalimantan Utara ini lagi- lagi tidak bebas dari menu santapan lautnya tercantum udang. Kuliner khas Kalimantan Utara yang dibuat dari udang salah satunya terdapat nasi udang. Kabupaten Malinau ialah wilayah asal dari nasi udang ini.

Wilayah kabupaten Malinau ini banyak sekali sungai yang terpelihara alhasil banyak ditemui udang. Penghidangan dari kuliner ini umumnya bersama sambal pedas serta pula nasi pulen. Kamu harus menjajalnya sebab rasanya amat lezat.

 

Nasi Subut

 

Santapan khas berikutnya terdapat nasi subut. Nasi subut ini bercorak ungu, serta tidak bercorak putih semacam nasi dalam biasanya. Olahan ini banyak ditemukan dalam kabupaten Tana Tidung, sebab tercantum kuliner khas dari wilayah itu.

Materi bawah dari santapan ini ialah ketela jalar ungu, jagung serta nasi yang dicampur. Buat rasa makanannya tidak harus diragukan lagi dan kuliner ini amat segar serta bagus untuk kesehatan.

 

Temburung

 

Pada mangulas santapan khas dari Kalimantan Utara belum komplit bila tidak mangulas Temburung. Kuliner ini dapat kita temui dalam dikala kegiatan tahun terkini serta ialah santapan khas konvensional. Temburung ini nyaris serupa dengan kijing berkempul- kempul dan bersama tipe binatang laut. Akan tetapi yang melainkan ialah tempurungnya berupa melingkar semacam terompet.

Baca  Tempat wisata terpopuler di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

Temburung ini umumnya diolah semacam sate serta pula mempunyai bahan rempah yang istimewa. Santapan ini rasanya amat nikmat serta enak terlebih ditambah atmosfer tahun terkini yang hidup.

 

Ikan asin Richa

 

Masih mangulas mengenai santapan yang dibuat dari ikan. Santapan ini memiliki rasa yang pedas serta pula enak. Alhasil membuat kuliner dari Tarakan ini dapat profitabel buat di ekspor pergi negara. Kuliner dari kaum Tidung ini pembuatannya amat mudah sekali, serta umumnya kerap diucap pula ikan asin pedas ataupun gami.

Olahan ikan asin ini dapat dijadikan selaku aksesoris lauk yang disajikan bersama nasi putih supaya rasanya jadi lebih nikmat.

 

Ayam Cincane

 

Santapan khas ini nampak semacam ayam bakar dalam umumnya. Namun mempunyai rasa yang berlainan. Yang jadi perbandingan dari olahan ini ialah dalam bahan merahnya. Dengan terdapatnya aksesoris dari bahan merah ini sehingga akan menaikkan cita rasa ayam cincane terus menjadi enak.

Dahulunya hidangan ini dipakai buat kegiatan semacam acara perkawinan, seremoni adat, serta syukuran lahiran. Tetapi, buat saat ini telah dapat ditemukan di restoran yang ada di Kalimantan Utara.

 

Gence Ruan

 

Santapan ini berbahan dasar dari ikan haruan yang dibumbui dengan rempah yang spesial. Julukan gence ini berawal dari julukan bumbunya serta ruan berawal dari julukan tipe ikan yang dipakai.

Bahan yang dipakai buat gence ini mempunyai rasa manis, asam serta pedas yang dapat membuat Kamu merasa ketagihan. Santapan ini amat lezat serta terkenal di wilayah setempat jadi untuk Kamu yang belum sempat berupaya, mangsa mencicipinya saat sebelum tertinggal.

 

Demikianlah Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Kalimantan Utara. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

Baca  Rekomendasi tempat wisata terpopuler di Kutai Barat, Kalimantan Timur

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *