Destinasi wisata yang ada di Tanggamus, Lampung

Destinasi wisata yang ada di Tanggamus, Lampung

Table of Contents

Destinasi wisata yang ada di Tanggamus, Lampung – Lampung merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah selatan Provinsi Sumatera Selatan, atau tepatnya berada di ujung selatan Pulau Sumatera. Provinsi Lampung ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Bandar Lampung. Provinsi Lampung memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Tanggamus. Tanggamus merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Lampung. Ibu kota Kabupaten Tanggamus berada di Kota Agung.  Kabupaten Tanggamus ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Destinasi wisata di Tanggamus.

 

Destinasi wisata yang ada di Tanggamus, Lampung

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Tanggamus, Lampung. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Destinasi wisata yang ada di Tanggamus, Lampung.

 

Teluk Kiluan

 

Destinasi wisata pertama yang dapat Anda kunjungi adalah Teluk Kiluan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, di Tanggamus Anda dapat menyaksikan lumba-lumba di habitat alami mereka. Jika Anda pernah mengunjungi Pantai Lovina di Bali, Teluk Kiluan di Lampung adalah tempat yang sama untuk melihat kawanan lumba-lumba di laut lepas.

Destinasi ini yang terletak di desa Negeri juga merupakan tempat yang cocok untuk berenang di laguna biru yang mempesona dan jernih. Jika Anda berada di Bandar Lampung, Teluk Kiluan dapat dicapai dalam waktu 3 hingga 4 jam perjalanan atau sejauh 80 km.

Baca  Rekomendasi tempat wisata yang ada di Kota Ambon, Maluku

Alamat: Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

 

Pantai Gigi Hiu

 

Pantai Gigi Hiu, juga dikenal sebagai Pantai Batu Layar atau Pantai Pegadungan, sering dijuluki sebagai pantai yang memiliki pemandangan yang sangat fotogenik. Pemandangannya sangat spektakuler, bahkan keindahan bawah airnya dapat dilihat secara visual tanpa perlu snorkeling. Airnya yang jernih memungkinkan kita melihat dengan jelas ke dasar laut.

Alamat: Pekon Susuk, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

 

Air Terjun Lamuran

 

Destinasi menarik lainnya di Tanggamus adalah Air Terjun Lamuran. Air terjun ini masih tergolong alami karena lokasinya yang tersembunyi dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Terletak di lereng Gunung Tanggamus, perjalanan yang tidak mudah menuju ke sana akan terbayar dengan pemandangan yang memukau.

Akses ke Air Terjun Lamuran memang masih terbatas, meskipun secara administratif berada di wilayah ibu kota kabupaten, yaitu di Dusun Lamuran Pekon atau Desa Teratas. Keunikan dari Destinasi wisata ini adalah adanya batu yang berada tepat di bawah air terjun.

Alamat: Pekon Bentengan, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

 

Gunung Tanggamus

 

Destinasi selanjutnya adalah Gunung Tanggamus. Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, mengambil namanya dari salah satu gunung di daerah tersebut, yaitu Gunung Tanggamus. Gunung ini sering menjadi tujuan pendakian dan perkemahan, terletak di Kecamatan Kota Agung, di timur laut ibu kota kabupaten.

Puncak gunung ini sering disebut sebagai “negeri atas awan” dan memiliki ketinggian 2.102 meter di atas permukaan laut. Dengan demikian, Gunung Tanggamus merupakan gunung tertinggi kedua di Provinsi Lampung.

Alamat: Gunung Tanggamus, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

Baca  Tempat wisata yang ada di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan

 

Pantai Sawmill

 

Salah satu pantai menarik di Tanggamus adalah Pantai Sawmill. Ketika Anda mengunjungi Pantai Sawmill, Anda akan disuguhi pemandangan spektakuler, tidak hanya pantai, tetapi juga gugusan Pegunungan Bukit Barisan Selatan yang terlihat di sebelah barat pantai.

Pegunungan Bukit Barisan Selatan telah ditetapkan sebagai Taman Nasional oleh pemerintah. Di sisi timur, Anda juga akan menikmati keindahan Gunung Tanggamus yang memukau.

Alamat: Jl. Raya Pekon Karang Anyar, Karang Anyar, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

 

Air Terjun Way Lalaan

 

Wisata alam berikutnya adalah Air Terjun Way Lalaan. Air terjun ini menarik banyak wisatawan dari berbagai daerah. Tinggi Air Terjun Way Lalaan mencapai 11 meter, dengan air yang mengalir langsung ke Sungai Lalaan. Sungai Lalaan bermuara di Teluk Semangka.

Lokasi tepatnya berada di Pekon atau Desa Kampung Baru, Kecamatan Kota Agung Timur. Saat mengunjungi Destinasi wisata ini, Anda akan melewati tangga beton yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda pada tahun 1937.

Alamat: Kampung Baru, Kecamatan Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

 

Demikianlah Destinasi wisata yang ada di Tanggamus, Lampung. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *