objek wisata di halmahera barat

Objek wisata yang ada di Halmahera Barat, Maluku Utara

Table of Contents

Maluku Utara merupakan salah satu provinsi yang terletak di daerah bagian timur Negara Indonesia. Maluku Utara resmi berdiri pada 4 Oktober 1999. Dulunya Provinsi Maluku Utara menjadi bagian dari Provinsi Maluku. Pada saat awal pendirian Provinsi Maluku Utara, ibukota Maluku Utara berada di Kota Ternate, tepatnya berlokasi di Kaki Gunung Gamalama. Seiring berjalannya waktu, sekitar 11 tahun lamanya, kini ibukota Provinsi Maluku Utara pindah ke Sofifi. Provinsi Maluku Utara memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Halmahera Barat. Halmahera Barat merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Maluku Utara. Ibukota Kabupaten Halmahera Barat berada di Kecamatan Jailolo. Kabupaten Halmahera Barat ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Objek wisata di Halmahera Barat.

 

Objek wisata yang ada di Halmahera Barat, Maluku Utara

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di daerah timur Indonesia, khususnya Pulau Maluku dan sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Halmahera Barat. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di Halmahera Barat, Maluku Utara.

 

Pantai Bobanehena

Pantai Bobanehena

Penyuka kegiatan selam harus mendatangi tempat di Halmahera Barat yang satu ini ialah Pantai Bobanehena. Pantai ini merupakan surganya para penyelam. Kamu dapat berenang, snorkeling, ataupun main pasir pantainya yang lembut.

Apalagi Pantai Bobanehena pula melayankan pesona sore yang begitu elok. Kamu tentu bakal amat terpesona dengan panorama alam yang terdapat di sini. Pantai Halmahera Barat ini dikelilingi oleh barisan bukit yang bagus. Di mana pepohonan hijau berkembang dengan subur.

Baca  Destinasi wisata yang ada di Pesisir Selatan, Sumatera Barat

Air lautnya yang bening, tumbuhan karang yang masih natural, pula riasan awan di langit seolah jadi paket komplit. Tuhan memanglah senantiasa sempurna dalam menciptakan suatu.

Lokasi: Desa Bobanehena, Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara.

 

Pulau Damar

Pulau Damar

Wisata yang dapat Kamu datangi kala ada di Halmahera Barat berikutnya yakni Pulau Damar. Pulau yang satu ini ada di Idamdehe Maluku Utara. Serta rasanya sudah jadi ikon pariwisata di wilayah itu.

Di situ Kamu bakal menemukan banyak fakta istimewa mengenai tempat itu. Salah satunya yakni hikayat Pulau Damar yang kabarnya merupakan suatu kapal perang yang berganti jadi karang berdimensi besar. Bila diamati dari kejauhan wujud Pulau Damar memanglah istimewa. Terlebih posisinya yang ada di tengah- tengah lautan.

Alhasil buat menjangkau pulau damar Kamu wajib menaiki kapal terlebih dulu. Di sini Kamu bisa mendapatkan kenampakan alam yang begitu bagus. Diawali dari lautnya yang biru, batu besar natural yang bagus, dan bermacam tipe biota laut yang hidup saling ketergantungan.

Lokasi: Desa Idamdehe, Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara.

 

Bukit Senyum

Bukit Senyum

Halmahera Barat merupakan salah satu kabupaten Provinsi di Maluku Utara yang melayankan banyak panorama alam alam menawan, salah satunya merupakan Bukit Senyum. Serupa namanya bukit yang satu ini bakal membuat tiap wisatawan kagum. Gimana tidak, pemandangan alam yang begitu menarik, ditambah dengan lanskap alam sekitar yang menawan.

Tidak hanya itu, di Bukit Senyum inilah Kamu bakal menemukan panorama alam berbentuk barisan bukit. Apalagi dari puncaknya Kamu akan tampak jelas lebatnya hutan, birunya laut, dan teluk yang mengelilinginya. Belum lagi angin sepoi yang seakan menyambut kehadiran Kamu. Dipastikan tidak akan kecewa mendatangi tempat yang satu ini.

Baca  10 Wisata Kuliner Khas Sumbawa yang wajib kamu coba

Lokasi: Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara.

 

Gunung Gamkonora

Gunung Gamkonora

Jenuh dengan wisata laut serta mau menikmati alam dengan cara yang berlainan. Saat ini Kamu dapat menemukan wisata alam populer di Halmahera Barat Gunung Gamkonora. Buat Kamu yang hobi berkelana, gunung yang satu ini melayankan panorama alam yang elok.

Terlebih bila Kamu mau istirahat sejenak dari bermacam kegiatan. Bertamu ke Gunung Gamkonora bakal melenyapkan seluruh letih serta suntuk yang Kamu alami. Angin sepoi yang menerpa badan bakal membuat Kamu tenang.

Butuh Kamu ketahui kalau di Gunung Gamkonora ini terdapat tempat tersembunyi yang bagus. Posisinya ada di antara pegunungan. Tempat itu umum disebut kawah gunung Gamkonora. Kawah ini mempunyai air yang begitu biru nan bening.

Lokasi: Desa Adu, Kecamatan Ibu Selatan, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara.

 

Air Terjun Kahatola

Air Terjun Kahatola

Tidak hanya wisata pantai serta pegunungan, Halmahera pula mempunyai Objek wisata alam istimewa berbentuk Air Terjun Kahatola. Air terjun yang satu ini terdapat di suatu pulau yang ada di tengah laut. Ada di Loloda, Halmahera Barat air terjun itu tidak mengalir dari pegunungan.

Yang sangat buatnya istimewa yakni gerakan air ada di suatu pulau, alhasil air yang mengalir turun langsung ke laut. Melewati tebing itu debit air lumayan kencang. Terlebih dikelilingi oleh pepohonan rindang yang terus menjadi menambah keasriannya. Buat sampai di Objek wisata alam Air terjun Kahatola, wisatawan wajib menempuh perjalanan sampai 3 jam lamanya dari Jailolo.

Lokasi: Desa Kahatola, Kecamatan Loloda, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara.

 

Demikianlah Objek wisata yang ada di Halmahera Barat, Maluku Utara. Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satu objek wisata di atas?

Baca  Rekomendasi Tempat Wisata yang ada di Kepulauan Tanimbar, Maluku

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *