objek wisata di Balangan

Objek wisata yang ada di Balangan, Kalimantan Selatan

Table of Contents

Kalimantan Selatan merupakan salah satu provinsi yang terletak di daerah bagian Selatan Pulau Kalimantan. Provinsi Kalimantan Selatan ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Banjarbaru. Provinsi Kalimantan Selatan memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Balangan. Balangan merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan. Ibu kota Kabupaten Balangan berada di Paringin. Kabupaten Balangan ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Objek wisata di Balangan.

 

Objek wisata yang ada di Balangan, Kalimantan Selatan

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Kalimantan dan sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Balangan, Kalimantan Selatan. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Objek wisata yang ada di Balangan, Kalimantan Selatan.

 

Gunung Hantanung

 

Bila Kamu penggemar alam serta hobi naik gunung, sehingga bertamu ke Balangan ialah opsi yang amat pas. Sepanjang Kamu menjelajahi gunung hantanung, Kamu akan menikmati keelokan alam yang tidak akan Kamu temui di perkotaan tempat Kamu bermukim.

Gunung ini mempunyai pesonanya sendiri, Kamu tidak cuma akan memandang bermacam tumbuhan serta tumbuhan khas hutan serta gunung namun Kamu akan menemukan suatu sungai yang airnya begitu fresh. Kamu bisa melepas sepatu kamu, kemudian merendamkan kaki serta melepas letih Kamu sepanjang di ekspedisi.

Kamu pula akan menemukan goa dengan stalagmit yang begitu bagus serta menawan. Sepanjang ada di goa itu, Kamu dapat istirahat sambil menikmati kesegaran alam dengan keelokan stalakmit yang terdapat di sekitar dinding- dinding goa.

Baca  Destinasi wisata yang ada di Melawi, Kalimantan Barat

Buat menikmati seluruh keelokan itu pasti tidaklah upaya yang gampang, apalagi buat memandang goa menawan serta menggapai puncak gunung, Kamu wajib berjalan lumayan jauh dari titik dini pendakian. Kamu wajib menapaki hutan, melampaui belukar apalagi menaiki bukit untuk bukit buat dapat hingga ke tempat sangat mempesona di gunung hantanung. Walaupun lumayan meletihkan, Kamu dapat menikmati seluruh panorama alam bagus sepanjang cara pendakian.

Lokasi: Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Air terjun Manyandar

 

Air terjun yang satu ini mempunyai seluruh pesona walaupun membutuhkan upaya serta daya tetapi seluruh terbayar kala Kamu menemukan keelokan untuk keelokan alam yang tersembunyi di balik pepohonan hutan.

Upaya yang dikeluarkan buat menapaki hutan cocok dengan apa yang akan Kamu miliki kala memandang sungai yang bersih, hawa yang fresh, bagus dan pasti saja air terjun yang mempesona. Lokasi dari air terjun ini berjarak 27 kilometer dari kabupaten Balangan.

Lokasi: Desa Mamantang, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Danau Baruh Bahinu

 

Tidak cuma gunung, ada pula danau bernama danau biru yang pula amat bagus ditatap mata di Balangan sebab ialah wisata terkenal Balangan. Lokasi danau ini tidak sangat jauh dari kabupaten Balangan, cuma berjarak sekitar 10 kilometer.

Di danau baruh bahinu, Kamu dapat melepaskan capek serta rasa stress Kamu dampak profesi ataupun permasalahan yang lain. Danau baruh bahinu menawarkan keelokan yang tidak terdapat habisnya. di sekitar danau baruh bahinu, Kamu dapat memandang hamparan hutan yang hijau serta menyejukkan. Bila Kamu mau mencoba buat menapaki danau itu, Kamu dapat naik rakit yang diadakan. Pengalaman menapaki danau ini akan jadi pengalaman terkini yang menarik serta tidak akan Kamu lupakan sepanjang ada di kabupaten Balangan.

Baca  Objek wisata yang terdapat di Mempawah, Kalimantan Barat

Lokasi: Desa Pudak, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Benteng Tundakan

 

Bila Kamu suka dengan wisata asal usul, sehingga bertamu ke Balangan merupakan opsi yang amat pas. Di kabupaten Balangan, Kamu dapat memandang benteng tundakan ialah salah satu benteng memiliki yang jadi fakta perlawanan para pejuang melawan kolonialis. Benteng tundakan tidaklah suatu benteng besar, melainkan benteng dengan skala lagi. Walaupun benteng ini tidak mewah tetapi benteng tundakan menaruh asal usul dari peperangan pangeran Antasari dikala melawan para kolonialis dari Belanda.

catatan yang terdapat dalam benteng tundakan jadi saksi bisu dari para pejuang kebebasan indonesia. Pasti aset ini cuma bisa Kamu temui di kabupaten, Balangan.

Siapa duga bukan, suatu kabupaten yang namanya tidak sering Kamu dengar, nyatanya mempunyai aset asal usul yang amat bernilai.

Lokasi: Desa Tundi, Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Sungai Maranting

 

Bila Kamu mau menemukan perairan yang bening serta fresh, Kamu dapat mendatangi sungai bernama maranting. Tidak hanya bisa memandang bening serta bersihnya air sungai itu, Kamu dapat memandang banyaknya tumbuhan yang bagus dikala tertiup angin. Bila Kamu mau melepas capek kamu, sungai ini bisa jadi pemecahan. Kamu dapat istirahat sejenak buat menikmati indahnya panorama alam di depan kamu, suara alam yang meredakan pula bisa menolong Kamu buat melepas capek.

Mendatangi objek wisata bukan wajib bertamu ke tempat dengan banyak game Tetapi, bertamu ke tempat yang meredakan semacam sungai pula bisa berikan Kamu kebahagiaan tertentu, paling utama kenyamanan yang susah Kamu miliki sepanjang Kamu hidup di perkotaan.

Lokasi: Desa Gunung Batu, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan.

Baca  Tempat wisata paling populer yang terdapat di Ketapang, Kalimantan Barat

 

Gunung Hauk

 

Balangan memanglah jadi kabupaten yang amat sesuai untuk Kamu yang mau melaksanakan pendakian. Di Balangan, Kamu bisa mendapati bermacam gunung yang dapat Kamu kerak salah satunya merupakan gunung hauk. Gunung dengan ketinggian 1325 MDPL ini amatlah sesuai buat Kamu yang mau menapaki gunung buat kesimpulannya menikmati keindahannya dari puncak. Dianjurkan untuk tiap orang yang melaksanakan pendakian buat lalu berlagak santun, janganlah hingga Kamu melaksanakan keadaan yang tidak adil sebab gunung hauk bukan cuma hanya gunung biasa Tetapi ialah gunung yang dikira keramat Untuk para warga sekitar.

Sepanjang cara pendakian pasti Kamu akan mendapati seluruh keelokan alam, mulai dari hutan serta hawa fresh dapat Kamu nikmati sepanjang di ekspedisi. Walaupun sepanjang cara pendakiannya lumayan meletihkan tetapi seluruh itu terbayar dikala Kamu menggapai puncak gunung.

Lokasi: Desa Dayak Pitap, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Demikianlah objek wisata yang ada di Balangan, Kalimantan Selatan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *