Objek wisata di Pangkal Pinang

Objek wisata paling populer yang terdapat di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung

Table of Contents

Kepulauan Bangka Belitung merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah timur Pulau Sumatera dan berdekatan dengan Sumatera Selatan. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Pangkal Pinang. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Pangkal Pinang. Pangkal Pinang merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kota Pangkal Pinang ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Objek wisata di Pangkal Pinang.

 

Objek wisata paling populer yang terdapat di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Bangka dan Belitung serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Objek wisata paling populer yang terdapat di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung.

 

Pantai Pasir Padi

 

Pantai Pasir Padi mempunyai lebar garis pantai sekitar 300 m serta beberan pasir putih yang bagus sepanjang 2 kilometer dengan koral serta bebatuan. Pantai ini mempunyai jenis ombak yang lumayan hening, alhasil nyaman buat berenang.

Pasirnya pula padat alhasil wisatawan merasa nyaman kala berjalan kaki. Pantai Pasir Padi kerap jadi tempat buat bermacam aktivitas semacam kegiatan motorcross, pameran, seni serta hiburan( konser musik).

Tidak hanya itu, ada 2 pulau yang tidak jauh dari pantai ini, ialah Pulau Semajun serta Pulau Panjang. Kamu dapat carter perahu buat mendatangi kedua pulau yang pula tidak kalah indahnya.

Baca  Destinasi wisata paling populer di Tolitoli, Sulawesi Tengah

 

Museum Timah

 

Tahukah Kamu kalau ini merupakan satu- satunya Museum Timah di Asia? Sah dibuka pada 2 Agustus 1997, museum ini spesial menggambarkan asal usul penambangan timah di Pulau Bangka.

Di dalam museum, Kamu bisa menemukan bermacam koleksi hal- hal yang berhubungan dengan industri pertambangan. Tidak hanya itu, wisatawan pula dapat melihat pembuatan kerajinan tangan dari timah.

Bangunan ini tadinya pula sempat dijadikan tempat perundingan pra Roem- Royen oleh beberapa figur berarti, seperti Ir. Soekarno, Haji Agus Salim, serta pemimpin- pemimpin Indonesia yang diasingkan di Bangka.

 

Kelenteng Dewi Laut

 

Selaku tempat ibadah umat beragama Kong Hu Cu serta tujuan wisata, Bangka pula mempunyai ikon wisata yang luar biasa. Salah satu ikon itu yakni Kelenteng Dewi Laut yang merupakan objek wisata serta tempat ibadah untuk wisatawan.

Kelenteng ini pula mempunyai panorama alam yang bagus sebab menghadap ke laut. Dengan begitu, Kamu yang melancong di Kelenteng Dewi Laut pula dapat merasakan eksotisme laut Bangka yang tiada duanya.

Wisatawan yang memasuki zona klenteng akan memandang berbagai arca. Di pintu masuk klenteng, wisatawan dapat langsung melihat patung dari semua zodiak penanggalan Tionghoa, seperti babi, tikus, anjing, monyet, kuda, serta banyak lagi.

Untuk yang datang ke klenteng ini, berfoto boleh- boleh saja. Tetapi, wisatawan pula wajib sopan sebab hingga saat ini Kelenteng Dewi Laut masih aktif dipakai selaku tempat ibadah oleh warga Kong Hu Cu di Bangka.

 

Jembatan Emas

 

Jembatan Emas Bangka diketahui selaku salah satu objek wisata ikonik di Pangkal Pinang. Jembatan ini berperan selaku penghubung Kota Bangka serta ibu kota provinsi Bangka Belitung.

Baca  Tempat wisata paling populer yang terdapat di Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung

Berdiri sangat megah, membuat Jembatan Emas Bangka kerap dijadikan selaku spot foto. Untuk yang penasaran, keistimewaan jembatan ini dapat diamati dalam perpaduan struktur gantungan kabel serta lampu LCD. Di malam hari, lampu itu akan menyala dengan amat bagus serta mempesona.

Jembatan ini mempunyai panjang 785 m serta lebar 23 m. Terdapat struktur di tengah jembatan yang bisa dibuka serta ditutup buat membagikan akses ke kapal besar yang melewati Sungai Pangkal Balam.

 

Pantai Parai Tenggiri

 

Dikala memasuki Pantai Parai Tenggiri, Kamu akan bisa melihat panorama alam yang dahsyat yang ditawarkan tempat ini.

Di sekelilingnya, Kamu akan menemukan barisan tumbuhan kelapa serta granit yang mempesona. Barisan tumbuhan kelapa serta batu granit jadi karakteristik khas wisata pantai di area Bangka, termasuk Pantai Parai Tenggiri.

Tidak hanya pemandangan alam yang bagus serta eksklusif, Pantai Parai Tenggiri pula amat nyaman serta hening.

Tadinya bernama Hakok, pantai ini saat ini diberikan julukan Pantai Parai Tenggiri sebab para nelayan yang mendatangkan ikan tenggiri ke pesisirnya. Sayangnya, saat ini sudah tidak terdapat lagi nelayan yang nampak di situ.

 

Alun- Alun Taman Merdeka

 

Alun- Alun Taman Merdeka merupakan objek wisata Pangkal Pinang yang pas buat jalan- jalan santai bersama sahabat serta keluarga.

Saat sebelum jadi Taman Merdeka, area alun- alun terbuka ini mempunyai sejarah yang lumayan panjang. Sesuai dengan namanya, tempat ini jadi saksi bisu peperangan kemerdekaan Indonesia di tanah Bangka Belitung.

Berdasarkan peraturan daerah tahun 1989, pemerintah daerah akhirnya revitalisasi alun- alun seluas 4, 5 hektar jadi lokasi wisata. Fasilitas pelengkap yang ditawarkan antara lain bermacam sarana, taman hijau yang rindang, serta zona pedagang yang menjual bermacam santapan enak. Saat ini, alun- alun ini banyak didatangi wisatawan pada malam hari.

Baca  Objek wisata yang ada di Belitung, Kepulauan Bangka Belitung

 

Demikianlah Objek wisata paling populer yang terdapat di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *