Destinasi wisata di Bangka

Destinasi wisata paling populer yang terdapat di Bangka, Kepulauan Bangka Belitung

Table of Contents

Kepulauan Bangka Belitung merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah timur Pulau Sumatera dan berdekatan dengan Sumatera Selatan. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Pangkal Pinang. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Bangka. Bangka merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ibu kota Kabupaten Bangka berada di Kecamatan Sungai Liat. Kabupaten Bangka ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Destinasi wisata di Bangka.

 

Destinasi wisata paling populer yang terdapat di Bangka, Kepulauan Bangka Belitung

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Bangka dan Belitung serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Destinasi wisata paling populer yang terdapat di Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

 

Pantai Matras

 

Pantai ini ialah pantai terpanjang di pulau Bangka. Lokasinya terdapat di Kecamatan Sungai Liat dengan jarak dari Pangkal Pinang sejauh 33 Km. Nikmati pengalaman memandang laut tidak terbatas dengan air yang amat baik. Pengalaman bertamu ke wilayah wisata ini akan semakin kokoh dengan terdapatnya batu- batu granit yang terhambur di sepanjang pantai. Pasirnya yang lembut amat mengunduh buat main terlebih lagi pantai ini masih bersih serta asli.

Baca  Rekomendasi tempat wisata menarik yang ada di Buton Tengah, Sulawesi Tenggara

Lokasi: Jalan Pantai Matras, Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Pantai Tikus

 

Pantai ini mempunyai julukan istimewa sebab di zona pantai ada jalan- jalan setapak yang tadinya disusuri oleh para penambang gelap yang bawa timah buat dipindahkan serta dijual. Pantai lain ada di kiri kanan pantai ini alhasil mendatangi tempat ini nyaris sama artinya dengan mendatangi 3 macam destinasi wisata sekaligus.

Fasilitas komplit disediakan di pantai buat para wisatawan. Di atas bukit di pantai itu ada pula vihara bernama Vihara Puri Agung. Letaknya di atas bukit membuat Vihara ini jadi spot terbaik buat memandang panorama alam Pantai Tikus dari atas.

Lokasi: Desa Parit Padang, Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Pulau Putri

 

Berikutnya Kamu dapat mendatangi Pulau Putri yang tidak kalah menarik buat didatangi. Di sekitar pulau Bangka memanglah terdapat banyak pulau pulau kecil salah satunya Pulau Putri ini.

Pulau tersusun akan batuan granit yang khas dengan tumbuhan khas pantai di belahan tengahnya. Tepatnya yakni pohon Mentigi yang kuat serta sanggup memberikan dampak asri dan teduh. Seperti mayoritas pantai pada umumnya, Pulau Putri pula mempunyai pasir putih halus. airnya pula amat bening serta seolah akan mirip kaca saking beningnya.

Bersantai sambil menikmati sepoi angin dipastikan akan membuat seluruh capek Kamu lenyap. Kamu pula dapat melaksanakan bermacam aktivitas yang menarik buat menjelajahi pulau ini.

Salah satu aktivitas kesukaan yang sangat banyak dilakukan ialah snorkeling. Kamu yang tidak bawa perlengkapan sendiri tidak perlu takut, sebab saat ini telah hadir penyewaan perlengkapan main air yang memadai.

Baca  Objek wisata paling populer di Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan

Lokasi: Laut Cina Selatan, Desa Bukit Ketok, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Benteng Kota Kapur

 

Tidak hanya mempesona traveller dengan wisata baharinya, Bangka pula menawarkan wisata sejarahnya. Serta Kamu dapat menemukannya di Kota Kapur yang jadi kota dikelilingi oleh benteng yang tingginya sampai 3 m. Benteng yang memanjang sepanjang 2. 500 m ini jadi wisata historical yang akan bawa Kamu pada waktu silam.

Situs ini sejatinya adalah situs yang dituliskan dengan huruf pallawa serta berbahasa melayu kuno. Di dalam situs ini bermuatan mengenai sumpah yang pula jadi ciri wilayah kerajaan Sriwijaya. Benteng Kota Kapur ini ditemui tahun 1892 oleh J. K Van Der Meulen. Di dalam benteng Kamu pula dapat menemukan reruntuhan candi lengkap dengan arcanya.

Lokasi: Jalan Nelayan, Kota Kapur, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Danau Ampar Red Hill

 

Bukit merah sesuai dengan namanya ialah suatu bukit dengan warna merah. Bukit ini pula masih berkaitan dengan tambang timah. Lokasi bukit lumayan sekitar dengan kota yang Hanya membutuhkan waktu 40 perjalanan antara bukit dengan Pangkal Pinang. Bukit ini mengitari sebuah danau kaolin yang disebut dengan Danau Ampar.

Dengan mendatangi tempat ini buat menemukan 2 destinasi wisata sekaligus pasti merupakan penawaran yang menarik. Bukit tercipta dari gundukan tanah yang keras. Buat memandang danau seseorang wajib melampaui jalur yang terdapat di bukit itu. Jalur bisa licin pada saat hujan alhasil wajib ditempuh dengan hati- hati.

Lokasi: Desa Riding Panjang, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Demikianlah Destinasi wisata paling populer yang terdapat di Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

Baca  Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sumatera Selatan

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *