objek wisata di Seruyan

Objek wisata paling populer di Seruyan, Kalimantan Tengah

Table of Contents

Kalimantan Tengah merupakan salah satu provinsi yang terletak di daerah bagian tengah membujur ke bagian selatan Pulau Kalimantan. Provinsi Kalimantan Tengah ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Palangkaraya. Provinsi Kalimantan Tengah memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Seruyan. Seruyan merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah. Ibu kota Kabupaten Seruyan berada di Kuala Pembuang. Kabupaten Seruyan ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Objek wisata di Seruyan.

 

Objek wisata paling populer di Seruyan, Kalimantan Tengah

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Kalimantan dan sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Seruyan, Kalimantan Tengah. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Objek wisata paling populer di Seruyan, Kalimantan Tengah.

 

Air terjun Sahai Gantung

 

Objek wisata pertama yang pantas buat didatangi adalah air terjun sahai gantung. Objek wisata ini ialah salah satu objek wisata yang mempunyai banyak penggemarnya. Alasannya adalah objek wisata ini mempunyai panorama alam yang masih amat asri kala di pandang. Di sekitar air terjun ada banyak sekali pepohonan yang masih amat hijau serta membuat suasana semakin adem.

Karakteristik dari air terjun sahai gantung adalah mempunyai debut air yang lumayan kencang. Kencangnya debit air pada objek wisata ini membuat objek wisata ini pula mempunyai fungsi selaku pembangkit listrik tenaga mikro hidro. Pembangkit listrik mikro hidro ini sanggup menghasilkan listrik yang lumayan buat menerangi sebagian desa yang ada di sekelilingnya.

Baca  Deretan rekomendasi wisata danau yang ada di Kalimantan Selatan

Lokasi: Desa Pangke, Kecamatan Seruyan Tengah, Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Air terjun Suling Tambun

 

Objek wisata Seruyan selanjutnya yang pantas dijadikan andalan buat berwisata adalah air terjun suling tambun. Air terjun ini mempunyai pemandangan yang amat bagus. Keelokan panoramanya membuat air terjun ini mempunyai jumlah wisatawan yang lumayan banyak setiap kali memasuki masa liburan. Pola bebatuan yang amat indah jadi salah satu alasan serta yang memperkuat keelokan dari air terjun suling tambun.

Air yang turun dalam beberapa baris sekaligus membuat keelokan air terjun suling tambun semakin mempesona. Bukan cuma itu saja, bebatuan curam serta pula pepohonan yang masih amat rindang jadi salah satu alasan kenapa objek wisata ini wajib masuk ke dalam daftar objek wisata yang wajib didatangi kala memasuki masa liburan.

Lokasi: Kecamatan Suling Tambun, Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Meriam Pengantin

 

Objek wisata selanjutnya yang disarankan adalah meriam pengantin. Dikatakan selaku meriam pengantin sebab meriam yang terdapat di objek wisata ini tengah berdampingan. Kedua meriam yang dipajang di objek wisata ini berkedudukan berdampingan seperti sepasang pengantin. Bagi masyarakat lokal, meriam ini ialah meriam aset zaman kolonialisme belanda.

Objek wisata meriam pengantin sesungguhnya ialah wisata sejarah yang memberikan bukti sejarah kalau kabupaten Seruyan sempat jadi area pendudukan pemerintah hindia belanda. Objek wisata ini jadi bukti kalau belanda sempat berdaulat serta membuat peradaban yakni suatu pertahanan diri yang lumayan kokoh melalui meriam yang dipasang berdampingan.

Lokasi: Desa Sembuluh I, Kecamatan Danau Sembuluh, Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Pantai Bakau

 

Objek wisata selanjutnya yang harus jadi salah satu daftar kunjungan kala liburan adalah pantai bakau. Mendatangi pantai jadi salah satu agenda yang cukup sering dijadikan agenda rutin liburan. Termasuk kala mendatangi kabupaten Seruyan. Kabupaten ini mempunyai pantai bakau yang memiliki pemandangan yang amat bagus sekaligus mempesona.

Baca  Deretan rekomendasi wisata air terjun yang ada di Kalimantan Selatan

Keelokan dari pantai bakau terpancar dari sederetan pohon pinus yang ada di sekitar pantai. Bukan cuma karena keberadaan sekitar 1000 pohon cemaranya saja, akan tetapi pula sebab tumbuhan bakau yang membelah tengah pantai. Tentu saja perihal ini memberikan kilau eksotisme tertentu buat para wisatawan yang tiba berkunjung ke sekitar pantai bakau ini.

Lokasi: Desa Muara Dua, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Danau Sembuluh

 

Destinasi selanjutnya yang harus dituju adalah danau sembuluh. Objek wisata ini mempunyai pemandangan yang amat bagus. Danau ini dinamai selaku danau yang terbesar di kalimantan. Danau ini jadi salah satu muara buat sungai- sungai yang terdapat di kalimantan. Jadi wajar saja bila danau ini mempunyai ukuran yang lumayan besar.

Walaupun wujudnya adalah suatu danau, akan tetapi danau sembuluh mempunyai pasir putih yang amat bersih. Potensi inilah yang digunakan oleh masyarakat sekitar untuk menjadikan alasan kenapa danau sembuluh jadi objek wisata yang lumayan disukai. Selain itu menikmati mentari terbenam dari danau ini merupakan panorama alam yang amat bagus.

Lokasi: Kecamatan Danau Sembuluh, Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Pantai Siamuk

 

Destinasi selanjutnya yang wajib buat jadi salah satu opsi Objek wisata ialah pantai siamuk. Pantai ini ialah salah satu pantai yang mempunyai pemandangan yang amat bagus. Pantai ini mempunyai pasir putih yang amat bersih terhampar di pinggir pantainya. Kebersihan pasir putihnya jadi suatu daya tarik tertentu untuk para turis yang tiba.

Pengembangan area wisata pantai siamuk diharapkan bisa jadi salah satu alat buat menaikkan derajat perekonomian dari masyarakat sekelilingnya. Walaupun terkategori objek wisata baru, tetapi pesona pantai ini tidak tergantikan. Wisatawan dapat menikmati panorama alam matahari terbit serta terbenam pada satu tempat sekaligus. Walaupun tempat ini belum berkembang sama sekali.

Baca  Objek wisata paling populer di Muaro Jambi, Jambi

Lokasi: Desa Sungai Undang, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Demikianlah objek wisata paling populer di Seruyan, Kalimantan Tengah. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *