Destinasi wisata terindah yang ada di Sijunjung, Sumatera Barat

Destinasi wisata terindah yang ada di Sijunjung, Sumatera Barat

Table of Contents

Destinasi wisata terindah yang ada di Sijunjung, Sumatera Barat – Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah Barat Provinsi Riau. Provinsi Sumatera Barat ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Padang. Provinsi Sumatera Barat memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Sijunjung. Sijunjung merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Ibu kota Kabupaten Sijunjung berada di Muaro Sijunjung. Kabupaten Sijunjung ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Destinasi wisata di Sijunjung.

 

Destinasi wisata terindah yang ada di Sijunjung, Sumatera Barat

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Sijunjung, Sumatera Barat. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Destinasi wisata terindah yang ada di Sijunjung, Sumatera Barat.

 

Simpang Tugu

 

Simpang Tugu adalah salah satu tempat yang sangat terkenal di Sijunjung. Tempat ini merupakan landmark yang menjadi ikon kabupaten ini. Di sekitar tugu, yang memiliki atap rumah gadang di puncaknya, terdapat kantor pemerintahan Kabupaten. Area sekitar kantor pemerintahan juga dipenuhi oleh pedagang yang menjual berbagai makanan khas daerah tersebut.

Selain itu, di malam hari sering diadakan acara-acara khusus di sekitar Simpang Tugu. Jika Anda mengunjungi Sijunjung, jangan lupa mampir ke Simpang Tugu untuk merasakan keramaian masyarakat Sijunjung yang sibuk, sambil menikmati makanan khas daerah yang dijual oleh para pedagang.

Baca  Tempat wisata yang ada di Subulussalam, Aceh

Lokasi: Lubuak Tarok, Kecamatan Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat.

 

Pasir Putih Silokek

 

Jika selama ini Anda melihat pasir putih yang terhampar di pantai, di Sijunjung Anda dapat merasakan keindahan pasir putih yang ada di pinggir sungai. Inilah yang membuat Pasir Putih Silokek begitu menarik. Tempat ini terletak di tepi sungai dan dikelilingi oleh hutan dan bukit.

Keberadaan hutan yang lebat menambah daya tarik dari destinasi Pasir Putih Silokek ini. Di sekitar sungai, Anda akan menemukan batu-batu besar yang menjadi latar yang sempurna untuk berfoto bersama keluarga dan membagikannya di media sosial.

Lokasi: Muaro Silokek, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat.

 

Air Terjun Batang Taye

 

Air terjun Batang Taye merupakan salah satu air terjun yang memiliki keunikan tersendiri. Yang menarik perhatian saat mengunjungi air terjun ini adalah adanya 8 tingkatan yang membentuknya. Keberadaan kedelapan tingkatan ini memberikan pemandangan yang indah saat melihat air terjun dari kejauhan. Selain itu, luasnya kolam sungai di bawah air terjun membuatnya semakin menarik.

Keindahan lain yang dapat dinikmati adalah hutan yang mengelilingi air terjun ini. Anda dapat menikmati suara gemuruh air terjun yang deras, sambil menikmati kedamaian hutan di sekitarnya. Jika Anda tidak ingin basah oleh percikan air, Anda masih bisa menikmati keindahan air terjun ini dengan duduk di batu-batu besar yang terletak di tepi sungai.

Lokasi: Nagari Silokek, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat.

 

Lokomotif Uap

 

Selain wisata alam, Anda juga dapat menikmati wisata sejarah ketika mengunjungi Sijunjung. Lokomotif uap ini merupakan lokomotif peninggalan Jepang dari masa kolonial dahulu. Meskipun terdapat karat di beberapa bagian lokomotif, bentuknya masih sangat terjaga.

Baca  Objek wisata paling populer di Mandailing Natal, Sumatera Utara

Selain dapat menikmati wisata sejarah, Anda juga dapat memperluas pengetahuan dengan mengunjungi lokomotif uap ini. Jangan lupa untuk mengabadikan foto bersama lokomotif uap tersebut. Kondisi fisik yang masih terjaga dengan baik membuatnya cocok untuk dibagikan di media sosial.

Lokasi: Jorong Silukah, Nagari Durian Gadang, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat.

 

Arung Jeram Sungai Batang Kuantan

 

Dengan aliran yang deras, Pemerintah Sijunjung mengambil inisiatif untuk menyediakan wisata arung jeram di Sungai Batang Kuantan. Tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Sijunjung. Aliran yang kuat menambah tantangan dalam aktivitas arung jeram, dan inilah yang menarik minat para wisatawan untuk datang dan mencobanya.

Jika Anda menyukai aktivitas yang memacu adrenalin, luangkan waktu untuk mencoba arung jeram di Sungai Batang Kuantan. Destinasi wisata ini terletak dekat dengan Geopark Sijunjung, sehingga Anda dapat mencapainya dengan berjalan kaki. Biaya untuk menikmati arung jeram tidak terlalu mahal. Disarankan untuk datang dalam kelompok.

Lokasi: Nagari Silokek, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat.

 

Danau Hijau Bukit Bual

 

Ternyata danau ini terbentuk dari bekas tambang yang telah digali, apakah Anda tahu? Lubang bekas tambang tersebut kemudian terisi dengan air seiring berjalannya waktu dan menjadi danau alami. Keistimewaan danau ini terletak pada warna airnya yang hijau ketika dilihat dari jauh.

Selain itu, lingkungan sekitar danau masih terjaga dengan baik, menciptakan pemandangan yang eksotis di sekitar danau. Mengunjungi danau ini sangat cocok jika Anda mencari Destinasi wisata yang menenangkan pikiran.

Lokasi: Nagari Bukit Bual, Kecamatan Koto Tujuh, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat.

 

Puncak Ngalau Posuak

 

Baca  Tempat wisata yang ada di Bone Bolango, Gorontalo

Untuk mencapai Puncak Ngalau Posuak, Anda harus melewati jalur yang menantang. Meskipun begitu, pemandangan alam sepanjang jalur tersebut sangat menakjubkan. Di tengah perjalanan, Anda akan menemukan sebuah goa alami.

Dari goa tersebut, Anda sudah bisa melihat Puncak Ngalau Posuak. Ketika mencapai puncak, Anda akan disuguhkan pemandangan gugusan bukit yang tampak seperti punggung naga. Jangan lupa mengabadikan momen tersebut dengan kamera. Cocok untuk diunggah di akun Instagram Anda.

Lokasi: Nagari Padang Laweh, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat.

 

Demikianlah Destinasi wisata terindah yang ada di Sijunjung, Sumatera Barat. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *